Meme (baca: Mim) adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Meme merupakan neologisme yang diciptakan oleh Richard Dawkins. Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati. Meme dapat replikasi dengan sendirinya (dalam bentuk peniruan) dan membentuk suatu budaya, cara seperti ini mirip dengan penyebaran virus (tetapi dalam hal ini terjadi di ranah budaya). Sebagai unit terkecil dari evolusi budaya, dalam beberapa sudut pandang meme serupa dengan gen. Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, ia menceritakan bagaimana ia menggunakan istilah meme untuk menceritakan bagaimana prinsip Darwinisme untuk menjelaskan penyebaran ide ataupun fenomena budaya. Dawkins juga memberi contoh meme, yaitu nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.

Teori meme menjelaskan bahwa meme berkembang dengan cara seleksi alam (mirip dengan prinsip evolusi biologi yang dijelaskan oleh penganut Darwinisme) melalui proses variasi, mutasi, kompetisi, dan warisan budaya yang mana memengaruhi kesuksesan reproduksi di setiap individu. Dengan demikian, meme menyebar berupa ide dan bila tidak berhasil maka ia akan mati, sedangkan yang lain akan bertahan, menyebar, dan (untuk tujuan yang lebih baik bahkan lebih buruk) akan bermutasi. “Ilmuwan memetika mempunyai pendapat bahwa meme yang mempunyai ketahanan terbaik akan menyebar dengan efektif dan memengaruhi si objek (seorang individu).”

Meme berasal dari bentuk pendek mimeme  (dari bahasa Yunani Kuno μίμημα Pengucapan Yunani: [míːmɛːma] mīmēma, “imitasi/tiruan”; dari μιμεῖσθαι mimeisthai, “mengimitasi”; dari μῖμος mimos, “mime”).[4] Dawkins mengatakan bahwa dia menginginkan “sebuah kata yang terdiri dari satu suku kata karena terdengar seperti kata gene (gen)”

Sejarah dari unit evolusi sosial, dan istilah serupa (bahasa yunani mneme, berarti “memory”) pertama diungkapkan pada tahun 1904 oleh ilmuwan evolusi biologi Jerman yang bernama Richard Semon berjudul Die Mnemischen Empfindungen in ihren Beziehungen zu den Originalempfindungen. Menurut OED (Oxford English Dictionary), kata mneme muncul di Inggris pada tahun 1921 yang terdapat pada terjemahan buku Semon, The Mneme.

Kata meme pertama kali dikenalkan oleh Dawkins melalui bukunya The Selfish Gene  pada tahun 1976. Dawkins memakai istilah ini untuk mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentukan dari banyak replikator. Hipotesisnya adalah manusia seharusnya melihat kelahiran budaya berasal dari banyaknya bentukan replikator, yang umumnya mereplikasi melalui hubungan dengan manusian, yang telah berevolusi sebagai peniru (walaupun tidak sempurna) (copy) informasi maupun prilaku yang efisien. Meme tidak selalu terkopi secara sempurna, bahkan dapat hilang, tercampur atau bahkan berubah dikarenakan pengaruh dari ide lainnya, sehingga menjadikan suatu meme yang baru. Meme tersebut (meme yang baru) dapat menjadi lebih baik (atau buruk) sebagai replikator dibandingkan dengan meme sebelumnya, hal inilah yang menjadi kerangka hipotesis dari evolusi budaya, analogi tersebut membimbing kita menuju evolusi biologi yang berbasiskan gu
Meme tidak hanya digunakan sebagai bahan guyonan, namun juga bisa menjadi strategi pemasaran oleh pengiklan, seorang profesional marketing bahkan public relations. Mereka bisa memanfaatkan meme untuk membuat pemasaran yang bergerilya atau “viral marketing” bagi produk atau layanan mereka.

Meme yang banyak beredar sekarang umumnya menampilkan tokoh atau karakter wajah 2D. Diambil dari berbagai sumber, seorang ilustrator bernama Matt Oswald mengunggah “rage comic” dengan wajah Me Gusta ke website 4chan dan reddit pada 18 maret 2010.

Pada akhir tahun 2010, topik blog Me Gusta Face muncul dan berisikan komik pendek. Pada Mei 2012, komik wajah Me Gusta populer dan terciptalah ribuan komik rage Me Gusta yang bisa ditemukan oleh netizen di website Tumblr, Memebase dan Reddit.

Tidak hanya Me Gusta yang terkenal di dunia meme, ada juga Troll Face yang merupakan meme berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini ialah Whynne (pengguna DevianART). Selain itu ada juga meme Bitch Please yang menampilkan gambar tertawa pemain basket Yao Ming. Pemain basket NBA asal China itu sedang tertawa pada sebuah jumpa pers pada bulan Mei 2009.

bitch please

Derp

Troll

Di Indonesia meme pun meme mengalami lonjakan volume pada saat pemilu presiden tahun 2014 lalu, begitu banyak meme tentang Jokowi dan Prabowo yang beredar di Internet pada saat itu, dan belakangan juga banyak beredar meme tentang seorang polisi wanita yang disertai tulisan “Disitu saya merasa sedih”

Categories: Artikel