Fenomena game sangat luar biasa. Saking 
asyiknya, kita kadang tak sadar telah duduk berjam-jam memegang konsol atau mouse di komputer. Tapi hati-hati, keseringan main game juga tak baik buat kesehatan. Apalagi jika dilakukan terus-menerus dan tak kenal waktu.

Apa saja bahayanya bagi kesehatan? Berikut ini bahaya bermain game buat kesehatan yang perlu kamu tahu:
1. Kerusakan mata
Seperti yang kita tahu, lahan bermain sudah semakin sedikit terutama di kota-kota besar. Dari kecil anak-anak sudah dikenalkan dengan ponsel, konsol game, pc tablet, laptop, yang membuat mata mereka menjadi pasif ketika berada di depan layar. Ketika bermain game, mata akan terus-menerus ‘dipaksa’ untuk menatap obyek di layar monitor. Ini membuat mata menjadi lelah dan dampak terbesarnya berujung pada kebutaan.
Hal tersebut diungkapkan oleh psikolog Novita Tandry pada acara seminar Game Online yang digelar di Hotel Millenium, Rabu (14/11/2012).
2. Metabolisme tubuh menurun
Minimnya aktifitas fisik ketika bermain video game membuat metabolisme menjadi turun. Efek jangka panjang dari hal ini antara lain menyusutnya otot, obesitas, sakit pinggang hingga menurunnya sistem imunitas yang membuat jadi mudah terkena penyakit.
3. Kecanduan
Sudah banyak orang yang memiliki tingkat kecanduan yang tinggi. Misal anda sedang bermain game, ternyata misi pada level pertama hanyalah tantangan mudah, maka dari itu kalian akan meneruskannya sampai dengan level terakhir agar mendapatkan rekor banyak.
4. Memicu autisme
Bahaya game online bagi otak yang mengerikan adalah dapat memicu autisme. Terutama pada anak-anak hal ini akan membentuk mereka menjadi pribadi yang berhasrat tinggi dan akan melakukan segala cara untuk mewujudkannya. Jika ini terjadi pada anak-anak sangat mengerikan. Maka disarankan segera hindari game online dengan mengimbangi kegiatan positif lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anda atau anak anda.
Selain gangguan secara fisik, game online juga sangat berpengaruh besar terhadap psikis seseorang. Berikut beberapa masalah yang biasa di timbulkan game online bagi psikis manusia:
1. Kelainan perilaku atau perubahan sikap diri
2. Mudah cemas, dan frustasi 
3. Sulit diatur
4. Kesulitan mengontrol emosi
4. Insomnia
5. Anak cenderung agresif dan bahkan agitatif
6. Sering berbohong dan pintar memanipulasi keadaan
7. Kesulitan dalam bersosialisasi
8. Tidak mampu menjalankan  kewajibanya dengan baik seperti sekolah, kuliah atau bekerja.
9. Kesulitan menilai realitas atau berpikir sehat
Categories: Artikel