Bagi kamu yang suka menulis di blog, tentu saja kamu merasa sangat resah apabila kamu sudah capek-capek mengetik panjang lebar namun postingan kamu tidak terindeks di mesin pencarian google.

Keadaan tersebut pun pernah admin alami ketika baru pertama kali terjun ke dunia blogger dan mulai menulis artikel, ketika di seacrch di mesin pencari google ternyata artikel yang telah ditulis tidak terindeks di mesin pencari google. 

Keadaan tersebut memang sangat meresahkan, namun admin tidak putus asa, admin kemudian belajar dari beberapa blogger yang sudah sukses dan juga membaca beberapa artikel yang di buat para mastah akhirnya adminpun menemukan jawabannya. nah kali ini admin akan membagikan kepada kamu sekalian bagaimana cara agar postingan di blog kamu cepat terindeks di mesin pencari google. yuk simak penjelasannya.

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menulis di blog kamu. ketika kamu menulis sebuah artikel ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti penggunaan kata kunci pada judul (usahakan rekomendasi dari google)

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan bantuan KW Finder (rekomendasi) untuk research keywords  dan analisis tool https://kwfinder.com/

Usahakan juga isi artikelmu harus sesuai dengan judul postingan yang kamu buat karena dengan begitu pembaca akan merasa tidak tertipu dengan postingan yang anda buat dan pembaca akan merasa betah untuk mengunjungi blog kamu.

Nah setelah semuanya telah siap submit URL postingan kamu ke Web Master Tool.  Selain membuat postingan blog kamu mudah terindeks di google juga Ada banyak kegunaan ketika menggunakan Web Master Tool (silahkan baca di google)

Langsung saja begini cara submit URL postingan kamu ke Web Master Tool

  • Setelah itu masukkan URL blog kamu. 
  • kemudian verifikasi URL blog kamu di Console. Pilih Pengaturan (roda gigi sebelah kanan) => Verification Details
  • Secara otomatis kamu akan diarahkan ke menu ferivikasi search console. pilih metode verifikasi kamu, disini admin akan menggunakan metode HTML Tag karena cara ini terbilang cukup mudah dilakukan kemudian copy kode verifikasi yang akan kita letakkan di head template blog
  • Setelah kode verifikasi selesai di salin, masuk ke blog kamu kemudian pilih Tema/Template kemudian pilih Edit HTML
  • kemudian cari tag <head> pada template blog kamu kemudian paste kode verifikasi yang telah disalin tadi di bawah tag <head> kemudian simpan tema
  • buka search console kemudian pilih verifikasi. jika verifikasi sukses maka tampilannya akan seperti ini (perhatikan gambar di bawah). kemudian klik continue.
  • masuk kembali ke dasbor search console situs kamu untuk merayapkan blog kamu kemudian pilih crawl => fetch as google
  • pertama-tama rayapkan home page blog kamu dengan memasukkan simbol “/” (hilangkan tanda kutip) kemudian pilih fetch
  • akan muncul tanda centang warna hijau bukan tanda seru pada perayapan home page jikaberhasil. kamudian pilih request indexing untuk menambahkan home page blog kamu ke antrian perayapan google
  • jika muncul CAPTA silahkan centang “i’m not a robot” dan juga ada dua pilihan perayapan yakni rayapi url itu saja atau rayapi url dengan homepage silahkan kamu pilih mana suka kemudian klik OK

URL home page kamu secara otomatis akan masuk kedalam antrian perayapan google. untuk merayapkan URL postingan silahkan ikuti langkah-langkah berikut

  • pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyalin URL postingan kamu mulai dari tahun terbit postingan kamu (URL tidak disalin semua). perhatikan gambar berikut
  • tempelkan kemudian pada fetch as google search console kemudian pilih fetch (seperti langkah fetch pada home page tadi, lakukan proses tersebut sampai selesai)

Jika proses tersebut berjalan lancar maka akan tampil tanda centang berwarna hijau dan juga tulisan complete. kalau kamu menemukan kendala tanda seru pada proses ini baik itu perayapan home page ataupun perayapan postingan blog bisa saja pada saat memasukkan properti pada dasbor search console tadi kamu masih menggunakan http bukan https. gantilah terlebih dahulu hal tersebut pada pengaturan blog kamu meudian daftarkan kembali di dasbor search console.

tutorial ini untuk pengguna blogspot. bagi kamu pengguna wordpress, cara diatas hampir mirip hanya saja ketika kamu memverifikasi dengan metode HTML Tag silahkan kamu masuk ke menu tampilan => editor kemudian cari tema header (header.php). cari tag <head> kemudian tempelkan kode verifikasi yang telah disalin tadi dan simpan tema.


nah bagaimana cukup mudah bukan? silahkan praktekkan langsung ke blog kamu ya gaes.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).