Halo mas bro dan mbak sis, kali ini admin akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan widget fanpage Facebook ke dalam blog WordPress kamu dan nantinya widget ini dapat kamu letakkan di sidebar ataupun di footer blog kamu.

Adapun manfaat menambahkan widget ke dalam blog kamu selain untuk memperindah tampilan halaman blog, fanpage facebook juga bisa menjadi salah satu media untuk membantu blog kamu memperoleh visitor yang banyak setiap harinya.

Langsung saja tanpa basa basi simak penjelasan-penjelasan berikut ini:

Step 1: Pastikan Kamu Memiliki Fanpage Facebook

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mempunyai Fanpage Facebook. Jika kamu belum mempunyai Fanpage Facebook silahkan buat terlebih dahulu (silahkan search tutorialnya di google), kalau kamu sudah punya Fanspage Facebook silahkan lanjut ke Step 2.

Step 2: Pasang Responsive Facebook Page Plugin

Untuk memasang Fanpage Facebook ini kita akan menggunakan plugin “Responsive Fanpage Plugin”. Kelebihan plugin ini yakni sangat mudah digunakan dan juga akan secara otomatis mengikuti tampilan layout blog kita.
silahkan mas bro dan mbak sis semua masuk ke dalam layout Plugin => Tambahkan Plugin => Kemdian cari Facebook Page Plugin => Instal => Aktifkan

Step 3: Buat Shortcode Fanspage Facebook

Setelah plugin Facebook Page Plugin sudah terinstal buka Dasbor mas bro dan mbak sis sekalian kemudian cari “Facebook Page Plugin ShortCode Generator” kemudian isi semua kolom yang tertera pada Facebook Page Plugin Shortcode Generator tersebut kemudian salin kode yang tertera pada bagian paling bawah (perhatikan gambar)

Step 4: Pasang plugin Fanpage Facebook

setelah Shortcode telah dibuat dan telah di salin, silahkan mas bro dan mbak sis masuk ke dalam menu  Tampilan => Sesuaikan di Dasbro kamu.

kemudian pilih Widget => Slidebar Right (penempatan di sebelah kanan blog tetapi ini bisa kamu sesuaikan sendiri tergantung kemauan kamu. bisa di tempatkan di Footer, Header, dll) => Tambahkan Widget => Facebook Page Plugin

isi semua kolom yang tersedia di Facebook Page Plugin tadi termasuk Shortcode yang telah di copy tadi yah gaes kemudian klik selesai    kemudian terbitkan

setelah semuanya telah selesai silahkan kamu cek blog kamu, dan tadaa Fanpage Facebook kamu telah terbit di blog kamu seperti pada gambar di bawah ini

demikianlah tutorial admin mengenai cara menambahkan widget Fanpage Facebook ke dalam blog WordPress kamu. semoga artikel ini dapat membantu mas bro dan mbak sis semua untuk semakin menambah dan memperindah blog kamu. 
jika adayang kurang dipahami silahkan tanyakan pada kolom komentar 🙂


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).