Saat ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi sudah termasuk dalam kebutuhan pokok kehidupan manusia. Mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan manula sekalipun bergantung kepada teknologi, khususnya yang bagi mereka yang berada di daerah perkotaan.

Bagi seorang mahasiswa, teknologi sangatlah diperlukan dalam menunjang proses perkuliahan karena memberikan kemudahan-kemudahan seperti laptop untuk mengerjakan tugas, aplikasi-aplikasi penunjang perkuliahan seperti kamus dan lain sebagainya.

Berikut ini admin akan memberikan tips dan cara bagi mahasiswa yang malas mengetik dengan menggunakan aplikasi NoteBloc OCR

OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.

Fungsi aplikasi OCR berfungsi untuk merubah data yang telah selasai discan oleh scanner yang akan menjadi file berupa image dan image tersebut akan diconvert atau dijadikan file berupa taxt.

Cara menggunakan aplikasi Notebloc OCR

  1. Download aplikasi Notebloc OCR di PlayStore kemudian Instal
  2. sesudah terinstal, buka aplikasi tersebut 
Menu utama aplikasi Notebloc 

3. Tekan icon camera seperti pada gambar diatas

4. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke pengambilan gambar camera

5. Ambil gambar yang akan di scan dan akan diubah menjadi text

6. Sesuaikan batas gambar yang akan kita ubah menjadi text kemudian tekan tanda centang seperti pada gambar di bawah

7. Kemudian pilih opsi dokumen kemudian tekan tanda centang seperti pada gambar di bawah

8. Pada menu utama, buka gambar yang telah di sesuaikan untuk diubah menjadi text

9. Kemudian klik OCR

10. Block semua text yang telah diubah kemudian copy dan paste ke dalam Microsoft Word

Salin gambar yang telah diubah menjadi teks
Paste ke Microsoft Word

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk mengoreksi kembali teks yang telah disalin karena mungkin saja terdapat banyak kesalahan pada kata hasil scan tadi.

Categories: Tips dan Trik

Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).