7 Hal Yang Sulit Dilupakan Ketika Berkunjung Ke Toraja

Spread the love

Siapa sih yang tidak kenal Toraja, wilayah yang terletak di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan ini menyimpan banyak sekali kearifan lokal yang susah untuk dilupakan orang luar ketika berkunjung ke daerah ini. Nah berikut ini beberapa hal yang susah untuk dilupakan ketika berkunjung ke Toraja.

Situs-situs Bersejarah

Situs Megalitikum Kalimbuang Bori’

Sejak dahulu, Toraja memang sangat dikenal dengan kearifan lokalnya. Kearifan lokal inilah yang masih kuat membuat suku toraja masih memiliki ciri khas yang unik. nuansa mistik yang tidak bisa dipungkiri sudah menjadi salah satu daya tarik pariwisata Toraja. Selain itu, situs-situs bersejarah seperti pekuburan di tebing batu, rumah adat berusia ratusan tahun, peninggalan megalitik seperti batu simbuang yang sampai hari ini semua itu masih terjaga dan dipertahankan dalam tradisi masyarakat Toraja. Sebuah penghargaan anak cucu terhadap karya keagungan peradaban leluhur. 

Tradisi Yang Unik

Selain situs-situs bersejarah yang masih terjaga kelestariannya, Toraja juga memiliki tradisi-tradusi yang unik yang masih dijaga dan dilestarikan sampai saat ini, seperti pada upacara pemakaman (Rambu Solo’) maupun upacara syukuran (Rambu tuka’), ma’ tinggoro’ tedong, sisemba’, ma’nene’ ma’pasilaga tedong dan masih banyak lagi tradisi-tradisi unik yang bisa kamu jumpai di Toraja. Namun perlu kamu garis bawahi bahwa tradisi-tradisi diatas tidak dilakukan setiap hari yah namun ada beberapa tradisi yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja.

Panorama Alam Yang Menakjubkan

Panorama Alam Toraja di Ollon

Toraja juga dikenal karena panorama alamnya yang sangat menakjubkan. Hamparan gunung, sawah, air terjun, sungai menjadi daya tarik tersendiri yang ikut mendobrak popularitas destinasi wisata di Toraja. Beberapa parawisata alam Toraja yang lagi populer saat ini diantaranya negeri diatas awan (Lolai), Ollon, Pango-pango, Buntu bebo’, Buntu Kalando dan masih banyak lagi destinasi wisata dengan panorama alam Toraja yang menakjubkan yang siap memanjakan pengunjung ketika berwisata di Toraja.

Baca Juga  Contoh Penelitian Kuantitatif di Bidang Pendidikan dan Teologi Terbaru

Menjunjung Tinggi Toleransi

Ketika kamu berkunjung ke Toraja kamu akan mendapati bangunan-bangunan mesjid dan gereja yang berdiri kokoh berdampingan di sepanjang jalan. Toraja sejak dulu memang sudah dikenal karena penduduknya yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi terutama toleransi antar umat beragama. Ada istilah yang biasa diucapkan untuk menggambarkan tingginya toleransi di Toraja “Mau belajar toleransi? berkunjunglah ke Toraja, Toraja merupakan miniatur terkecil dari Indonesia” dan masih banyak lagi istilah untuk menggambarkan toleransi yang terjalin di Toraja.

Ikatan Kekeluargaan Yang Kuat

Bukan hanya bemukim di Toraja, sebagian masyarakat Toraja juga gemar merantau ke daerah-daerah luar seperti Papua, Kalimantan, Jawa dan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Walaupun jauh di tana rantau karena berbagai macam tuntutan pekerjaan, namun masyarakat Toraja sangat menjunjung tinggi ikatan kekeluargaan di tana rantau dan saling membantu ketika sedang dalam kesulitan. Karena hal itulah kemudian banyak masyarakat Toraja yang akhirnya sukses di perantauan entah itu di perusahaan, berwirausaha ataupun sebagai abdi negara.

Terkenal Ramah dan Sopan

Toraja juga terkenal karena penduduknya yang ramah dan sopan kepada para pendatang terutama wisatawan yang menginjakkan kaki di tana leluhur mereka. Mereka tidak akan sungkan menawari makan ataupun minum kepada setiap pengunjung. Namun jika kamu diberi makan dan minum jangan ditolak yah, karena menolak pemberian berupa makanan dan minuman sama saja menolak berkat.

Penghasil Gadis-Gadis Cantik

Sejak dahulu, Toraja dikenal sebagai penghasil wanita-wanita cantik dan rupawan. Banyak lelaki diluar sana yang tertarik mendekati Wanita Toraja karena Parasnya yang begitu Cantik Biasa dikira blasteran padahal kedua orang tuanya asli keturunan Toraja. Tapi ternyata ada juga yang takut mendekati karena salah satu Wanita yang sulit untuk dipinang adalah Wanita Toraja. Ini sering disangkutpautkan dengan Budayanya yang Mahal. Sehingga Lelaki yang mau mendekati Wanita Toraja, harus betul-betul berjuang hingga akhir. Tapi namanya cinta, tembok pun bisa dihantam. Singkatnya begitu bukan? Jadi tidak heran walaupun tampil apa adanya, Wanita Toraja sering jadi Pusat Perhatian apalagi ketika memakai pakaian adatnya sampai mata para lelaki terbelalak.

Baca Juga  Suka Minum Tuak? Inilah Beberapa Manfaat Tuak Bagi Kesehatan

Nah demikianlah hal-hal yang tidak akan kamu lupakan ketika kamu berkunjung ke daerah Toraja. menarik bukan? makanya ayo ajak teman, kerabat, saudara untuk berwisata dan belajar di Toraja. Pasti kamu akan betah deh sama derah yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *