Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer, TOS, About di Blog Terbaru

Spread the love

Ketika anda terjun ke dunia blogging terutama jika ingin secara serius mengelola blog anda untuk urusan komersil, membuat pirvacy policy, disclaimer, TOS, dan Contac Us sangatlah penting apalagi untuk menjadi publisher google adsense ini merupakan salah satu perangkat dari blog yang harus di buat. Namun jika anda membuat blog hanya untuk curhat-curhatan semata, anda tidak perlu membuat perangkat-perangkat tersebut.

Namun banyak orang yang terjun ke dunia blogging tidak terlalu mempedulikan hal tersebut, padahal membuat privacy policy, disclaimer, TOS dan juga contac us selain membuat blog yang anda kelola terlihat profesional, hal tersebut juga menjadi suatu pernyataan atas tulisan yang anda buat di blog.

Sebelum membuat perangkat-perangkat tersebut, kamu perlu mengetahui apa itu privacy policy, disclaimer, TOS dan juga contac us.

  1. privacy policy merupakan sebuah dokumen hukum yang mengungkapkan beberapa informasi tentang pengelolaan situs atau blog anda. privacy policy bisa anda buat sendiri ataupun membuatnya secara otomatis menggunakan aplikasi pembuat privacy policy online.
  2. disclaimer merupakan segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog tersebut semata-mata hanya sebagai informasi belaka dan pemilik atau pengelola tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut. Secara singkatnya bahwa discalimer merupakan sebuah pembelaan terhadap segala sesuatu yang anda posting dan secara otomatis pembaca harus menerima segala kebijakan-kebijakan yang telah anda buat di blog anda.
  3. TOS atau Terms Of Service adalah halaman yang menjelaskan beberapa aturan yang dibuat oleh pemilik blog terkait beberapa larangan. Meskinpun anda sudah membuat kebijakan privasi dan disclaimer, tapi tidak ada salahnya juga kan membuat TOS ini di situs blog anda.
  4. About berisi informasi-informasi mengenai penulis dan juga blog itu sendiri.
Baca Juga  Cara Mengetahui Prosesor 32 bit atau 64 bit di Windows 7, 8 dan 10

setelah mengetahui akan perangkat-perangkat tersebut, langsung saja begini cara membuat privacy policy, Disclaimer, TOS dan About:

Privacy Policy

Membuat Privacy policy bisa secara manual maupun otomatis di situs pembuat privacy policy online. kali ini saya akan membagikan tutorial membuatnya secara otomatis.

pertama-tama klik situs berikut Privacy Policy Online dan anda akan dibawa ke menu utama privacy policy online. silahkan isi bagian-bagian yang telah disiapkan di privacy policy online tersebut.

  1. Your Site Title isi dengan nama blog anda
  2. Your Site Title URL isi dengan URL situs anda. perhatikan blog anda menggunakan Http atau Https.
  3. Contact Link isi dengan alamat Email anda
  4. Email Addres isi dengan alamat email anda
  5. pada bagian Adverstisers On Your Site silahkan centang semuanya.
  6. klik Generate HTML (untuk privacy policy dalam bentuk HTML) atau Generate Policy (untuk privacy policy dalam bentuk teks)
  7. Salin privacy policy yang telah anda buat kemudian pastekan di postingan Laman/Halaman blog anda dan simpan.

Disclaimer

membuat dislaimer juga bisa secara manual maupun otomatis. Sekarang saya akan memberikan tutorial membuat disclaimer secara otomatis.

pertama-tama kunjungi privacy policy onlie kemudian pilih menu Disclaimer Generator

Setelah kamu di Halaman disclaimer Generator, silahkan isi bagian-bagian yang telah disiapkan:

  1. Your Site Title isi dengan nama website anda
  2. Your Site URL isi dengan URL situs kamu
  3. Contact Link isi dengan Email anda
  4. Email Address isi dengan Email anda
  5. Kemudian Klik Generate Disclaimer
  6. Salin Discalimer yang telah anda buat kemudian pastekan di postingan Laman/Halaman blog anda dan simpan.

Terms Of Service

Membuat Terms Of Service bisa dilakukan secara manual dan juga otomatis. kali ini saya akan membuat TOS secara otomatis.

Baca Juga  Cara Mengatasi Perkiraan Pendapatan Yang di Batasi di Facebook Creator

Pertama-tama kunjungi situs privacy policy online kemudian pilih menu TOS Generator

setelah kamu dibawa ke halaman utama TOS Generator, silahkan isi semua bagian yang telah disiapkan. jika blog anda terkait dengan perusahaan anda dapat mengisi nama perusahaan dan alamat perusaahaan. Jika tidak, biarkan kosong.

Sesudah itu klik Generate HTML (untuk TOS dalam bentuk HTML) atau Generate Documen (untuk TOS dalam bentuk dokumen). sesudah itu Salin TOS yang telah anda buat kemudian pastekan di postingan Laman/Halaman blog anda dan simpan.

Setelah membuat privacy policy, discalimer, TOS dan juga About, silahkan kamu atur di pengaturan Menu blog kamu agar privacy policy, disclaimer, TOS dan About yang telah anda buat bisa muncul di Menu blog anda

About

Jika anda berniat untuk membuat menu About, maka anda dapat membuatnya secara manual di halaman/Laman anda. biasanya about berisi tentang profil si penulis dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sipenulis itu sendiri.

Demikianlah cara membuat Privacy Policy, Discalimer, TOS, About di wordpress dan blogspot. semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *