Salah satu cara agar blog atau website kamu cepat terindeks di google adalah menggunakan webmaster tools. webmaster tools dapat membuat blog yang baru kamu buat terindeks di google dalam hitungan menit saja. Selain itu, webmaster juga dapat membantu kamu untuk memantau segala hal yang terjadi dan dialami oleh blog kamu di mesin pencari google.

Salah satu perangkat yang takkala penting ketika mendaftarkan blog ke webmaster adalah submit peta situs atau sitemap di google search console. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ilmu bagaimana cara submit sitemap atau peta situs di google search console.

Sitemap / Peta Situs Blog

berikut ini beberapa sitemap atau peta situs yang wajib kamu submit.

  1. atom.xml
  2. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  3. atom.xml?redirect=false
  4. feeds/posts/default?%20max-%20results=9999&%20alt=json-in-%20script&callback=%20loadtoc
  5. feeds/posts/default?orderby=updated
  6. carano1google.blogspot.com/rss.xml
  7. sitemap.xml

Cara Memasukkan Peta Situs/Sitemap di Webmaster

Langsung saja, beginilah cara submit sitemap atau peta situs di google search console:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs webmaster tools atau bisa langsung kamu klik link berikut ini Search Console dan secara otomatis kamu akan di bawa ke dasbor google search console.
  • Di dasbor search console, silahkan pilih Peta Situs
  • Selanjutnya di kolom tambahkan Peta Situs Baru, silahkan masukkan Sitemap yang telah saya berikan diatas satu persatu, kemudian tekan Kirim
  • Jika sitemapnya telah dimasukkan, tunggulah beberapa saat maka google search console akan melakukan perayapan dan jika sitemapnya telah berhasil dimasukkan maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini
  • Setelah melakukan submit silahkan cek blog anda di mesin penelusuran google, apakah sudah terindeks atau belum

Demikianlah tulisan saya mengenai cara submit sitemap/peta situs di webmaster tools semoga tulisan saya ini dapat membuat blog kamu semakin berkembang dan bisa naik di top 1 mesin pencari google.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).