Mie instan merupakan makanan sejuta umat, dikatakan makanan sejuta umat karena penggemar mie instan mulai dari anak kecil sampai orang tua, mulai dari yang kaya sampai yang miskin. Tapi yang paling sering mengkonsumsi mie instan kebanyakan adalah mereka yang terpisah jauh dari orang tua karena tuntutan pendidikan ataupun pekerjaan dan lebih memilih ngekos. Sisi praktis dari mie instan dan juga rasanya yang gurih plus murah meriah kemudian menjadi pilihan dan banyak digemari. 

Namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi mie instan secara berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan loh. apalagi jika menjadikannya makanan pokok. Sarapan makan mie instan, makan siang makan mie instan, makan malam makan mie instan lagi. bisa dibayangkan bagaimana efek yang ditimbulkan apalagi kalau tidak pernah dengan makan buah ataupun sayur dan hanya makan mie instan.

Berikut ini beberapa dampak yang bisa ditimbulkan karena kebanyakan mengkonsumsi mie instan.

Tidak Akan Mencukupi Nutrisi Harian Anda

Terlalu sering mengkonsumsi mie instan tidak akan mencukupi nutrisi harian anda. Mie instan kerap disebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, mie instan yang disajikan dengan kaldu instan biasanya memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi. Satu kemasan mie instan dapat mengandung 2.600 mg sodium padahal asupan sodium harian yang disarankan tidak lebih dari 2000 mg atau setara dengan 5-6 gram. Jadi bisa dibayangkan kalau mengkonsumsi 3 mie instan dalam sehari?

MSG dalam mie instan akan meningkatkan cita rasa dari mie instan itu sendiri seperti rasa manis, asin, gurih dan lain sebagainya. Kandungan sodium dan MSG yang tinggi dalam mie instan harus dihindari bagi pengidap penyakit hipertensi, pengguna obat diuretik, pengguna obat anti depresan, serta penderita penyakit gagal jantung.

Berat Badan Takterkontrol

Seperti yang sudah dipaparkan diatas bahwa mie instan tinggi akan karbohodrat dan lemak. kandungan karbohidrat dan lemak pada mie instan akan membuat berat badan anda tidak terkontrol karena tidak menyediakan cukup kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menimbulkan Berbagai Macam Penyakit

Terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti batu ginjal karena banyaknya garam yang terkandung dalam bumbu mie instan yang membuatnya mudah membentuk batu ginjal dalam tubuh, Menimbulkan penyakit kanker karena mie instan dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin jika dicerna terlalu cepat. Karena makanan disimpan di dalam tubuh selama akibat pencernaan yang lambat, bahan kimia beracun dan pengawet dipertahankan di dalam tubuh, sering mengarah pada paparan berlebihan dari Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t butylhydroquinone (TBHQ), Kerusakan organ karena kandungan propylene glycol yang merupakan bahan anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan, Gangguan metabolisme tubuh karena zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie, dan masih banuak lagi resiko-resiko penyakit yang dapat ditimbulkan keseringan mengonsumsi mie instan.

Bagi Ibu Hamil Beresiko Keguguran

Bagi seorang ibu yang rutin mengonsumsi mie instan selama mengandung dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan karena komposisi bahan pengawet dan bumbu pada mie instan.

Namun bila anda sangat gemar mengonsumsi mie instan, anda tidak perlu kawatir karena ada tips memilih dan membuat mie yang baik untuk kesehatan

Ganti Bumbu Mie Instan Dengan Bumbu Dapur

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa banyak kandungan bahan berbahaya yang tedapat dalam mie instan yang tidak baik untuk kesehatan,  maka anda dapat membuang dan mengganti bumbu mie instan dengan berbagai macam rempah-rempah yang ada di dapur seperti cabe segar, kecap, garam secukupnya, dan berbagai macam rempah-rempah lainnya sesuai dengan selera anda. Dijamin nikmat dan sehat.

Tambahkan Sayur

Menambahkan sayuran segar pada mie cepat saji anda akan membuat mie instan anda semakin nikmat. Sayuran seperti wortel, daun kemangi, daun bawang, sawi, jagung ataupun sayur-sayuran lainnya akan membuatnya semakin nikmat dan tentu saja menyehatkan bagi tubuh anda.

Nah demikianlah ulasan saya mengenai dampak buruk kebanyakan mengonsumsi mie instan dan juga tips memilih dan membuat mie instan yang menyehatkan tubuh. 


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).