Siapa sih yang gak kenal dengan Toraja? Toraja merupakan destinasi wisata terbaik kedua setelah Bali yang menjadi pilihan wisatawan asing maupun lokal untuk menikmati liburannya.

Bukan hanya tentang budayanya yang unik ataupun panorama alamnya yang menakjubkan, salah satu daya tarik ketika berkunjung ke Toraja adalah makanannya yang unik dan khas dan cara pengolahannya yang tergolong cukup unik.

Berikut ini beberapa makanan khas Toraja yang wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke daerah Toraja, dijamin lezat dan bikin ketagihan.

  1. Deppa Tori’

ketika kamu berkunjung ke daerah Toraja, makanan khas pertama yang wajib kamu cicipi adalah deppa tori’. Deppa tori’ sendiri merupakan makanan sejenis cemilan yang terbuat dari gula merah dan tepung yang kemudian ditaburi biji wijen. Deppa Tori’ merupakan makanan yang selalu dan wajib dihidangkan ketika upacara-upcara adat untuk menyambut tamu yang datang dan biasanya deppa tori’ paling pas ketika dinikmati bersama dengan kopi Toraja. 

Deppa tori’ juga dikenal dengan deppa te’tekan dan merupakan ole-ole yang wajib kamu bawapulang ketika berkunjung ke daerah Toraja. kue khas inipun selalu diminati oleh orang Toraja sendiri ketika merantau ke luar daerah Toraja.

2. Pa’piong

Makanan khas yang kedua yang takkala enaknya adalah pa’ piong. Pa’piong merupakan makanan kebanggaan masyarakat Toraja karena cita rasanya yang lezat. Cara membuat pa’piongpun tergolong cukup unik karena bahan makanan kemudian di masak di dalam bambu sampai masak dan biasanya pa’piong ini dihidangkan juga di uacara-upacara adat seperti rambu tuka’  (upacara syukuran) maupun rambu solo’ (upacara kematian).

Ada beberapa macam pa’piong tergantung dari bahan dasar pembuatan pa’piong itu sendiri. ada pa’piong daging babi, pa’piong daging ayam, dan juga pa’piong beras. untuk pa’piong daging babi dan daging ayam sendiri, sayur yang digunakan adalah sayur Mayana (Bulunangko) ataupun batang pisang muda (burak). Pa’piong biasanya dimakan bersama dengan nasi ataupun menjadi teman ketika minum ballo’ (tuak).

3. Tollo’ Lendong

Makanan khas selanjutnya yang takkala enak dari pa’piong adalah tollo’ lendong. bahan utama yang digunakan untuk membuat tollo’ lendong adalah belut (lendong) dengan menggunakan bumbu bernama pamarrasan (berasal dari buah pangi yang merupakan tumbuhan khas suku Toraja) dan juga menggunakan sayur pangi dan lombo’ katokkon (lombo’ khas Toraja) sebagai pelengkapnya.

bukan hanya lendong (belut) yang bisa dimasak dengan pamarrasan ini, daging babi, dan ikanpun biasa dimasak dengan pamarrasan ini dan biasanya dihidangkan bersama-sama dengan nasi. Soal rasa, mantap bener bahkan ini merupakan salah satu makanan favorit orang toraja termasuk admin.

4. Dangkot

Dangkot merupakan singkatan dari daging kotte (bebek) dan bebek merupakan bahan dasar membuat makanan ini. bebek kemudian dimasak dan juga dibumbui sedemikian rupa ala orang toraja dan biasanya dangkot ini memiliki rasa yang pedas (sesuai dengan selera orang Toraja) dan gurih.

Adapun bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak dangkot ini adalah bawang merah, bawang putih, srei, lengkuas, merica, lombo’ katokkon dan berbagai macam bumbu dapur lainnya. seluruh bahan tersebut kemudian dimasak kering dan dihidangkan bersama dengan nasi. dangkot juga sangat cocok dihidangkan bersama dengan ballo’ (tuak) Toraja.

Demikianlah makanan khas suku Toraja yang wajib kamu nikmati ketika berkunjung ke Toraja. jikalau kamu tidak sempat untuk berkunjung ke daerah Toraja, di luar daerah Torajapun sudah banyak warung-warung makan/ restoran yang menghidangkan makanan khas suku Toraja ini jadi kamu bisa langsung menikmatinya tanpa harus berkunjung ke Toraja.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).