Daging Babi Masak Pamarrasan

Bagi sebagian orang termasuk kaum Muslim, daging babi merupakan makanan yang di haramkan tetapi bagi sebagian kaum non muslin daging babi merupakan makanan yang enak dan lezat. terlepas dari halal atau haramnya daging babi, ternyata daging babi banyak memiliki kandungan yang baik bagi tubuh manusia sama seperti daging sapi pada umumnya. Disamping memiliki manfaat, daging babi juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan apabila tidak di masak dengan baik atau salah memilih daging yang berkualitas untuk dimakan. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berusaha memaparkan dampak yang ditimbulkan daging babi dan juga khasiat daging babi untuk kesehatan.

Resiko Mengonsumsi Daging Babi

Baru-baru ini, Consumer reports menerbitkan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa daging babi mempunyai resiko yang sangat besar terkontaminasi bakteri berbahaya, yaitu Yersinia enterocolitica  yang ternyata sangat berbahaya bagi pencernaan manusia karena dapat menimbulkan penyakit seperti diare, muntah dan sakit perut.

Selain itu, penyakit lain yang dapat ditimbulkan oleh daging babi adalah penyakit hati karena senyawa N-nitroso yang terkandung pada daging babi yang dimasak pada suhu yang sangat tinggi, Hepatitis E biasanya disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi hati babi yang bisa berujung pada kematian oleh karena itu ketika mengolah daging babi haruslah bersih karena memasak daging babi yang kurang bersih anda akan lebih rentan terkena virus hepatitis E, penyakit kanker kolorektar (jenis kanker yang tumbuh pada usus besar), dan juga cacingan.

Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Yang Ditimbulkan Oleh Daging Babi

Untuk menghindari akan resiko-resiko penyakit yang ditimbulkan oleh daging babi, tidak ada salahnya selektif ketika memilih dan hendak mengolah daging babi berhubung karena memang daging babi merupakan daging yang enak. Beginilah Cara agar terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh daging babi:

  • Pilihlah daging babi yang masih segar, jangan membeli daging babi hasil olahan dari pabrik ataupun daging babi yang sudah dalam kemasan untuk menghindari berbagai macam bakteri dan virus yang mungkin saja terkandung dalam daging babi.
  • Cuci bersih daging babi sebelum anda memasaknya, jangan sampai masih ada kotoran yang menempel pada daging babi
  • Masak daging babi dalam suhu yang tepat, minimal suhu 70 derajad celcius

Olahan-Olahan Daging Babi

Jika kamu sudah sering mengonsumsi daging babi terutama kamu yang tinggal di daerah seperti Toraja, Manado ataupun Papua tentu saja kamu sudah tidak asing lagi mengenai apa saja yang bisa di buat dari daging babi ini. berikut ini beberapa olahan dari daging babi:

  • dapat dijadikan sate
  • babi panggang
  • bisa di jadikan sup
  • Piong Babi (makanan khas suku Toraja)
  • babi goreng
  • dendeng babi (masih makanan khas suku Toraja)
  • dan masih banyak lagi olahan dari daging babi

Kandungan Gizi Daging Babi

Barikut ini kandungan gizi yang terkandung dalam daging babi:

  • kaya akan protein
  • sumber kalium, fosfor dan zinc yang baik
  • niacin (vitamin B3)
  • thiamine (vitamin B1)
  • folat
  • vitamin B2
  • Vitamin B6

Manfaat Daging Babi Bagi Tubuh

Sebenarnya ada banyak manfaat mengonsumsi daging babi bagi tubuh manusia, seperti: sumber energi, membentuk masa otot, mengikat lemak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang, mencegah anemia, mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan kulit dan menghambat penuaan dini (mungkin ini alasan orang yang suka mengonsumsi daging babi kebanyakan awet muda), membantu produksi sel darah merah, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lagi manfaat daging babi untuk kesehatan.

Demikianlah uraian saya mengenai daging babi mulai dari penyakit yang ditimbulkan mengonsumsi daging babi, cara memilih daging babi yang berkualitas, olahan-olahan daging babi, kandungan gizi yang terdapat dalam daging babi dan juga beberapa manfaat daging babi untuk tubuh. Perlu di ingat bahwa usahakan mengonsumsi daging babi yang bebas dari obat-obatan seperti formalin karena memang daging babi merupakan sarangnya penyakit karena mengandung banyak bakteri dan virus yang berbahaya jadi mesti hati-hati yah guys.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).