Miana merupakan tumbuhan seribu manfaat, selain bisa untuk dikonsumsi atau dijadikan sebagai sayur (bagi orang Toraja tumbuhan ini sering dijadikan untuk sayur untuk pa’piong, piong merupakan makanan khas suku Toraja), dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki daun yang bermacam-macam dan cantik,  tumbuhan dengan nama latin
 Coleus scutellarioides ini ternyata juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Menurut penelitian, daun miana menyimpan kandungan yang berguna untuk meningkatkan pertahanan tubuh, seperti tanin, eugenol, flavonoid. Flavonoid adalah senyawa fenolik alam yang potensial sebagai antioksidan dan mempuyai bioaktifitas sebagai obat. Senyawa-senyawa ini merupakan zat warna merah, ungu, dan biru, dan sebagian zat warna kuning yang ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan dan terdapat pada batang, daun, bunga, dan buah. Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, meningkatkan efektifitas vitamin C, anti-inflamasi, mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

berikut ini beberapa penyakit yang dapat diobati dengan tumbuhan miana:

  • Mengobati Wasir

Tumbuhan miana ternyata sangat ampuh untuk mengatasi penyakit wasir. wasir atau ambeyen merupakan penyakit yang timbul karena kurangnya perhatian pada bagian tubuh seperti pencernaan. Cara menggunakan daun miana untuk mengobati wasir cukup mudah, anda tinggal menyiapkan kurang lebih 20 lembar daun miana dan satu ruas kunyit kemudian rebus bahan-bahan tersebut dengan 5 gelas air, tunggu hingga mendidih kemudian angkat dan dinginkan. minum rebusan air daun miana tersebut minimal satu gelas sehari Dijamin wasir yang anda alami perlahan-lahan akan pulih.

  • Meringankan Batuk Berdahak

Selain dapat mengobati penyakit wasir, miana ternyata sangat ampuh meringankan gejala batuk. Meminum perasan daun miana dapat mengeluarkan dahak yang menempel dalam tenggorokan sehingga membuat tenggorokan menjadi lega. Ini merupakan resep tradisional Indonesia yang sudah turun temurun digunakan untuk mengobati batuk dan cara penggunaannyapun tergolong cukup mudah, Cukup siapkan 10 lembar daun miana berwarna ungu kemudian remas-remas hingga halus kemudian peras dan minum perasan air daun miana tersebut. Memang air perasan daun miana agak pahit, untuk mengatasi hal tersebut bisa diminum dengan madu.

  • Mengobati Luka

Khasiat daun miana ternyata juga dapat mengobati luka. Biasanya orang menggunakan betadine untuk menyembuhkan luka akibat sayatan benda tajam, namun ternyata daun miana sangat efektif untuk menyembuhkan luka. Caranya adalah ambil daun miana kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian kulit yang terluka. Zat-zat yang terkandung dalam daun miana dapat meringankan dan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit.

  • Mengobati Sakit Perut

Banyak hal yang membuat seseorang terkena sakit perut dan umunya disebabkan oleh mikroba atau bakteri yang masuk kedalam perut karena makanan yang dikonsumsi kurang bersih. Untuk mengatasi masalah tersebut ternyata daun miana sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit perut tersebut, caranya adalah rebus daun miana dan minum air rebusan daun miana tersebut. apabila rutin dikonsumsi satu gelas perhari, otomatis sakit perut yang anda alami perlahan-lahan akan membaik.

  • Mengatasi Gangguan Saat Menstruasi

Khasiat Daun miana ternyata dapat mengatasi gangguan saat menstruasi atau haid. salah satu gangguan saat menstruasi adalah keram atau sakit perut yang sangat berlebihan ataupun siklus menstruasi yang tidak teratur. untuk mengatasi masalah tersebut cukup minum rebusan air miana secara teratur satu gelas perhari dan dapat dipastikan gangguan-gangguan saat menstruasi perlahan akan menghilang.

Demikianlah khasiat-khasiat daun miana untuk kesehatan. Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan, tumbuhan miaya ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman rumah karena miana memiliki daun yang berwarna-warni dan juga cantik, bentuknyapun berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya memelihara tumbuhan miana di pekarangan rumah yah guys.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).