Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Terinstal di Android

Spread the love

Tidak jarang, ketika kamu mendownload suatu aplikasi android dari playstore ataupun dari browser di google, aplikasi yang kamu download tersebut tidak dapat terinstal di android kamu. Apalagi ketika aplikasi yang kamu download tersebut berukuran sangat besar dan sudah menghabiskan kuota yang cukup besar bahkan sampai bergiga-giga byte (kecuali downloadnya pake wifi ya gak masalah mau habis kuota). tentu saja kamu merasa jengkel (saya juga sih) ketika mengalami masalah tersebut, sudah boros kuota, waktu juga terbuang percuma hanya untuk menunggu aplikasi tersebut bisa terdownload.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang membuat aplikasi tersebut tidak mau terinstal di perangkat kamu. berikut ini beberapa hal yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak mau terintal di perangkat ponsel kamu:

  1. Memori Penuh. Alasan pertama aplikasi tersebut tidak mau terinstal dikarnakan memori pada perangkat kamu sudah penuh, baik itu karena aplikasi yang kamu instal sudah sangat banyak ataupun karena banyaknya file seperti video, foto, musik yang ada di perangkat ponsel maupun memori kamu. Jadi sebelum menginstal sebuah aplikasi usahakan memori kamu cukup mewadai untuk menginstal aplikasi tersebut.
  2. Aplikasi Rusak atau Kadaluarsa. Aplikasi yang rusak atau kadaluarsa biasanya dijumpai ketika mendownload aplikasi dari situs-situs yang tidak resmi melalui penelusuran web. Biasanya si pemilik situs tersebut tidak rutin mengupdate situsnya sehingga menyebabkan aplikasi tersebut sudah tidak compatible dengan perangkat. jadi solusinya adalah downloadlah aplikasi dari situs-situs resmi seperti di playstore (walaupun 100% tidak menjamin)
  3.  Aplikasi tidak compatible dengan perangkat kamu. Sekarang ini, banyak versi android yang sudah dirilis di pasaran mulai dari 
    versi Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair(2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0+), Marshmallow (6.0+), hingga yang terbaru adalah Nougat (7.0+) dan selanjutnya versi android terbaru yang ditunggu-tunggu adalah Android O (8.0+). Bisa saja aplikasi yang kamu download tadi tidak compatible dengan perangkat kamu dikarnakan versi android kamu berbeda atau tidak support dengan aplikasi tersebut.
  4. Penyimpanan Aplikasi. Ketika kamu sedang mendownload aplikasi berulang kali dari playstore namun gagal untuk menginstalnya, ada kemungkinan aplikasi tersebut harus kamu simpan di SD card kamu karena adanya file-file pendukung dari aplikasi tersebut yang harus memang diinstal ke SD card kamu.
Baca Juga  Cara Mengatasi Perkiraan Pendapatan Yang di Batasi di Facebook Creator

setelah kamu mengetahui penyebab aplikasi tidak bisa diinstal di perangkat android kamu, kamu berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Jika semua aplikasi andoid tidak bisa terintal di perangkat kamu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah flash ulang Hp kamu. flash ulang berarti menginstal baru seluruh perangkat yang terdapat di andoid kamu. ada beberapa hal yang wajib kamu miliki untuk melakukan proses flashing seperti frimware yang compatible dengan andoid kamu, driver andoid, dan jika kamu pengguna HP samsung maka gunakan odin untuk melakukan flashing. Namun sebelum melakukan flashing terhadap android, tidak ada salahnya kamu mereset smartphone kamu melalui factory reset sehingga aplikasi di perangkat kamu terhapus semua termasuk isi aplikasi tersebut, siapa tau perangkat kamu bisa normal kembali untuk menginstal aplikasi.
  2. Gunakan aplikasi XAPK Instaler untuk menginstal aplikasi. Jika aplikasi yang ingin diinstal tidak mau terinstal ke perangkat kamu, gunakanlah XAPK Instaler. pertama-tama download terlebih dahulu XAPK Instaler dari browser kamu, kemudian masuk ke aplikasinya dan download aplikasi yang ingin kamu isntal di aplikasi XAPK tersebut. cara ini sering saya gunakan ketika gagal mendownload dan menginstal aplikasi dari playstore dan web browser.

Demikianlah sedikit tips dari saya tentang cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa terinstal di android dan semoga tips yang sudah saya paparkan diatas dapat membantu kamu. sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *