Perkembangan zaman memang mengubah banyak hal dalam masyarakat termasuk mengubah minat anak dalam memilih jenis permainan. Jika anda lahir dan besar di era 90an, maka ada berbagai macam permainan-permainan tradisional yang anda mainkan dan tentu saja menambah jiwa sosial anda karena interaksi dengan orang lain dapat terjalin dalam permainan tersebut.

Berbeda dengan jaman sekarang dimana minat anak-anak tidak lagi terhadap permainan-permainan tradisional melainkan pada gadged dan teknologi terkini yang membuatnya menjadi antisosial dan juga mengurangi interaksi-interaksi dengan orang lain. Inilah salah satu dampak negaitf dari kemajuan teknologi, anak-anak lebih memilih mengurung diri di kamar bermain gadged ketimbang bermain bersama teman-temannya di luar rumah.

Berikut ini admin akan memaparkan beberapa permainan-permainan tradisional yang akan membuat kamu yang lahir dan besar di era 90an yang tentu saja akan membuat kamu kangen akan masa kecilmu:

  • Pistol Bambu

Senjata mainan ini dikenal dengan pistol bambu, kalau dalam bahasa toraja balili’. mainan ini terbuat dari bambu (tangkai parrin, pattung, tallang) yang dibuat sedemikian rupa dengan bentuk seperti pada gambar di bawah. adapun amunisi/peluru yang digunakan agar mainan ini bisa  digunakan yakni kertas. Yang membuat mainan ini unik apabila kita bermain bersama dengan teman serasa kita sedang berperang sungguhan, apalagi kalau badan kita terkena tembakan dari mainan ini, sakitnya luar biasa. Namun kerap kali yang memainkan permainan ini kadang mendapat omelan dari orang tua karena buku tulis diubah dan dijadikan sebagai amunisi.

  • Karet Gelang

Siapa disini yang pernah memainkan permainan menggunakan gelang tangan ini? menyenangkan bukan? Selain digunakan untuk mengikat nasi bungkus, karet gelang ini menjadi mainan favorit anak 90an.

  • Layang-layang

Bermain layangan memanglah sangat menyenangkan, apalagi sehabis melakukan pekerjaan-pekerjaan di rumah kemudian ke tanah lapang atau ke pematang sawah bermain layangan bersama teman-teman, pastilah sangat menyenangkan. Sekarang ini hanya beberapa anak-anak saja yang masih gemar bermain layangan tapi anak-anak jaman 90an bisa dipastikan setiap sore pasti sudah berkumpul di lapngan atau di pematang sawah bermain layangan.

  • Permainan Kasti

Permainan bola kasti merupakan permainan yang bisa dikatakan permainan favorit anak 90an baik laki-laki maupun perempuan. Jika memainkan permainan ini bersama teman bisa dipastikan anda akan lupa untuk pulang ke rumah. 

  • Petak Umpet (sikambunni’/ Sipaelus)

Masih ingat permainan ini beserta keseruannya?? permainan tradisional ini merupakan permainan yang paling melekat dan selalu di ingat anak 90an apalagi sensasinya ketika kita sementara menjaga terus ditinggal pulang ke rumah oleh teman. Marah, jengkel, capek bercampur semua. Sudah capek-capek mencari teman yang bersembunyi eh taunya sudah pada balik ke rumah. ada yang pernah mengalami??

Demikianlah permainan-permainan masa kecil yang buat kamu bernostalgia dan rindu masa kecilmu. ada yang mau tambahin? share di kolom komentar ya guys.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).