Akhir-akhir ini marak penipuan melalui SMS dimana si penipu mengirimkan SMS ke korban dalam berbagai bentuk. ada SMS penipuan mama/papa minta pulsa, SMS penipuan dalam bentuk undian berhadiah, SMS penipuan orang minta tolong untuk dikirimi sejumlah uang karena sedang dalam masalah dan masih banyak lagi SMS-SMS penipuan. Tentu saja hal tersebut sangat meresahkan apalagi kalau kita tidak hati-hati bisa saja kita menjadi korban penipuan tersebut.

Saya secara pribadi sering mendapat SMS-SMS dengan modus penipuan tapi saya biarkan saja sampai akhirnya saya mendengar kabar bahwa tetangga saya tertipu dan mengirimkan sejumlah uang ke penipu tersebut. Setelah mengirimkan sejumlah uang akhirnya penipu tersebut memblokir nomor korbannya. Korbanpun sudah melapor ke kepolisian dengan harapan rekening si pelaku akan dibekukan.

Ada berbagai macam respon orang menghadapi SMS penipuan ini, ada sebagian orang yang tidak menghiraukan SMS-SMS penipuan yang masuk di HPnya tersebut, ada juga yang mngerjai si penipu namun untuk sebagian orang terutama orang yang sudah tua atau orang yang gaptek biasanya tertipu dengan SMS-SMS tersebut seperti kasus yang dialami oleh tetangga saya.

Untuk itu, sipelaku perlu diberi efek jera sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melaporkan SMS penipuan yang masuk ke Hp kamu.

Mengirim SMS Pengaduan

Cara Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengirim SMS pengaduan penipuan ke layanan operator. berikut ini cara mengirim SMS pengaduan dari 3 operator besar yang ada diindonesia:

Telkomsel

Format SMS : Penipuan#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan Lalu kirim ke 1166
Contohnya: Penipuan#081242387678#Selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin kemudian kirim ke 1166

Indosat

Format SMS : SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS Penipuan Lalu kirim ke 726
Contohnya: SMS 085612345678 Selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr Kopi kapal api kemudian kirim ke 728

XL

Format SMS : LAPOR#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 588
Contohnya: LAPOR#081789123456#Selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr Pt. Indofood kemudian kirim ke 588

Laporkan ke Layanan FCC OJK

Langkah berikut yang dapat kamu tempu untuk melaporkan SMS penipuan adalah melaporkannya ke layanan FCC OJK, caranya adalah:

  1. screenshot nomor rekening yang tertera dalam SMS penipuan
  2. Laporkan screenshot tersebut melalui e-mail layanan konsumen OJK (konsumen@ojk.go.id
  3. Selain e-mail, kamu bisa juga menghubungi 1-500-655
  4. Harus di ingat, harus ada bukti nomor rekening dan nama bank untuk dapat ditindaklanjuti oleh OJK. OJK melalui bank tersebut akan membekukan sementara rekening si penipu. Dengan demikian, membantu juga orang lain terhindari dari risiko penipuan di kemudian hari.
  5. OJK juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Keminfo) untuk memblokir nomor seluler yang digunakan sebagai alat operasi kejahatan.

Selain lewat layanan konsumen OJK, masyarakat bisa menyampaikan aduan SMS penipuan melalui surat elektronik yang disediakan Keminfo, yaitu aduankonten@mail.kominfo.go.id

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar bisa terhindar dari penipuan secara online yakni:

  1. Jangan pernah mengupload atau membagikan nomor handphone kamu ke media sosial manapun karena hal tersebut dapat digunakan si penipu untuk mengirimkan SMS penipuan ke nomor kamu setelah melihat data diri di media sosial kamu.
  2. Jangan pernah memberikan permintaan identitas diri kepada orang yang tidak dikenal karena bisa saja di salah gunakan baik untuk membuka rekening, menjadikannya sebagai identitas untuk menipu, dan lain-lain.
  3. Jangan pernah melakukan transaksi uang atau mengirimkan uang sepeserpun ke rekening orang yang tidak dikenal apa bila masuk dalam ponsel anda. konformasi terlebih dahulu ke kerabat, teman atau keluarga apabila ada yang orang yang mengaku-ngaku sebagai kerabat dan meminta tolong untuk mengirimkan sejumlah uang.
  4. konfirmasi kebenaran pesan yang masuk dalam ponsel anda misalnya untuk undian berhadiah dari bank atau dari produk tertentu dengan menghubungi call center.

Perlu kamu tahu bahwa melaporkan penipuan-penipuan tersebut sama halnya kamu membantu orang lain untuk terhindar dari penipuan di kemudian hari. Tidak tanggung-tanggung juga untuk si penipu akan 
dijerat dengan Pasal 28 ayat (1) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancamannya tidak main-main, hukuman penjara paling lama 6 tahun atau denda Rp1 miliar.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).