4 Kebiasaan Buruk Mahasiswa di Kampus

Jika kita berbicara mengenai mahasiswa, pertama-tama kita harus tau apa itu mahasiswa. Mahasiswa adalah seseorang yang menempuh pendidikan dan terdaftar di sebuah perguruan tinggi secara administratif. Namun lebih dari pada itu, mahasiswa sebenarnya memiliki pengertian yang lebih luas dan makna yang lebih mendalam karena mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat baik sebagai agen of change, social control, iron stock dan lain sebagainya.

Dari pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa merupakan harapan dalam masyarakat terlebih bagi bangsa Indonesia karena mahasiswa merupakan penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet yang akan memajukan negara tercinta Indonesia baik dalam sisi perekonomian, pengembangan sumber daya alam dan manusia, pelestarian budaya dan kearifan lokal dan lain sebagainya.

Walaupun mahasiswa dikatakan sebagai harapan dan penerus bangsa, namun tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini banyak penyakit atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang masih sering dipelihara oleh seorang mahasiswa. Banyak mahasiswa jaman now (istilah kerennya), lebih mementingkan hal-hal yang tidak bermanfaat ketimbang melakukan hal-hal yang dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Berikut ini saya akan mencoba memaparkan kebiasaan-kebiasaan buruk mahasiswa di kampus yang sangat perlu untuk di rubah.

Sistem Kebut Semalam

Mungkin anda sudah sangat sering mendengar istilah SKS atau sistem kebut semalam. Sistem kebut semalam merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan seorang mahasiswa yang sangat malas kerja tugas, hingga pada saat pengumpulan tugas tersebut barulah dikerja semalaman suntuk sehingga tugas yang dikerjakannya asal-asalan yang kurang berbobot karena dikejar waktu pengumpulan.

Sering Telat Bangun Pagi

Bukan mahasiswa namanya kalau tidak mempunyai banyak kesibukan seperti sibuk berorganisasi, kerja tugas, kuliah, diskusi, observasi dan penelitian sehingga jam tidurpun menjadi berkurang. Tidak hanya itu, banyak mahasiswa yang sering telat bangun pagi karena semalaman suntuk melakukan hal yang sangat tidak berguna seperti bermain game. Karena hal-hal itulah sehingga mahasiswa terkadang sering telat bangun pagi apalagi yang tinggal ngekos, akibatnya ya lambat masuk kuliah. Walaupun kesibukan yang padat namun jam tidur tetap harus diperhatikan karena tubuh juga membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaga agar kegiatan-kegiatan esok hari tidak terbengkalai.

Mahasiswa dan Organisasi

Mahasiswa jaman now banyak yang mengorbankan kuliahnya demi organisasi begitupun sebaliknya mengabaikan kegiatan-kegiatan organisasi demi kuliah. sekarang kalau ditanya, mana yang lebih prioritas kuliah atau organisasi? Kalau saya secara pribadi yang aktif di organisasi dan kuliah akan menjawab 100% organisasi 100% kuliah jadi kedua-duanya menjadi tidak terbengkalai.

Menjadi pertanyaan, bagaimana caranya? Ketika seseorang mahasiswa terlibat dalam suatu organisasi pasti akan mempelajari dan mendalami yang namanya manajemen (mengelolah, mengatur) bukan hanya sekedar mengeksekusi kegiatan. Mengatur diri sendiri, mengatur organisasi, mengatur waktu dan lain sebagainya sehingga ketika diperhadapkan pada suatu keputusan antara kuliah dan organisasi, seorang mahasiswa sekaligus organisatoris pasti dapat menentukan mana yang akan diikutinya. tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang dan juga menerapkan prinsip organisatoris (pendelegasian, manajemen dll).

Suka Menunda Pekerjaan

Hal yang paling sering dilakukan oleh seorang mahasiswa adalah sering menunda pekerjaan. menunda kerja tugas, menunda kerja skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir, menunda untuk tepat waktu ketika ada kegiatan dan masih banyak lagi. penyakit-penyakit seperti ini harusnya dibasmi sejak dini karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup seorang mahasiswa apalagi ketika meninggalkan dunia kampus kelak dan masuk ke dalam masyarakat sebagai pelayan masyarakat.

Nah demikianlah uraian saya mengenai 4 kebiasaan buruk mahasiswa di kampus. Sebagian dari uraian diatas merupakan pengalaman pribadi saya sebagai penulis dan sangat disadari. Jika ada kritikan atau yang perlu di tambahkan, silahkan tuangkan di kolom komentar.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *