Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa publiser google adsense akan menerima pemberitahuan untuk menambahkan alamat pembayaran ketika saldo di dalam akun adsense sudah mencapai 10$ atau setara dengan 130.000 rupiah. Anda akan diminta untuk menginput rekening bank sebagai salah satu cara untuk mencairkan isi saldo yang ada di akun anda.

Hampir semua bank dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari google adsense seperti BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, Syariah, Bukopin dan lain sebagainya. Bukan hanya pembayaran melalui rekening bank saja, ada alternatif lain yang dapat anda gunakan untuk menerima pembayaran dari google adsense, yakni bisa melalui cek dan juga western union.

Bagaimana Langka-langkah Mengatur Pembayaran Google Adsense?

Untuk mengatur pembayaran di google adsense bisa anda akses di dasbor google adsense anda. Silahkan anda pilih Garis tiga di sebelah kiri dasbor google adsense kemudian pilih Pembayaran => Kelola Pembayaran => Tambahkan Metode Pembayaran

Nah pada menu pembayaran ini ada akan diminta untuk menginput identitas bank yang anda gunakan seperti nama yang tertera pada rekening dan nomor rekening bank. Usahakan ketika menginpun data-data tersebut nama dan nomor rekening bank tidak salah agar ketika melakukan proses verifikasi dapat berjalan dengan lancar.

Jika anda telah menginput data bank yang anda gunakan, pihak google adsense akan mengirimkan setoran percobaan kedalam rekening bank anda dan nantinya dengan nominal kurang dari seribu rupiah. Nantinya setoran percobaan tersebut akan anda gunakan untuk memverifikasi alamat pembayaran google adsense anda.

Setoran percobaan ini biasanya dikirim dalam jangka waktu 1-5 hari kerja dan menurut pengalaman saya menggunakan bank BRI, setoran percobaannya dikirim dalam jangka waktu kurang dari 24 jam.

Bagaimana mengetahui setoran percobaan dari google adsense sedangkan anda tidak memiliki SMS Banking atau SMS pemberitahuan dari bank yang anda gunakan? Jangan panik, anda masih bisa mengetahui setoran percobaan yang dikirim tersebut melalui mutasi rekening bank dan bisa anda lakukan di mesin ATM. bagaimana cara melakukan mutasi rekening bank? silahkan anda searching di google sesuai dengan bank apa yang anda gunakan.

Biasanya ketika anda mengecek mutasi bank di mesin ATM, prosesnya kemudian menjadi eror seperti yang saya alami ketika mengecek setoran percobaan yang dikirimkan google adsense (nomor belum terkait ke SMS Banking). Cara yang saya lakukan kemudian adalah memprint out buku tabungan di costumer service bank dan setelah memprint out buku tabungan tersebut, disitu dapat dilihat nominal setoran percobaan yang dikirimkan oleh google adsense. Silahkan cek buku tabungan anda dan lihat di bagian kredit, disitu ada nominal yang masuk kurang dari 1000 rupiah.

Bagaimana Cara Menginput Setoran Percobaan Tersebut?

Cara untuk menginput kode yang dikirimkan dalam bentuk nominal setoran percobaan adalah dengan cara mengklik Action pada pemberitahuan yang muncul di akun google adsense anda

Setelah mengklik Action, anda akan menerima notifikasi kurang lebih sebagai berikut:

setelah itu anda akan diarahkan ke suatu halaman di google adsense untuk memasukkan nominal yang masuk di rekening anda tadi.

Setelah anda menginput nominal tersebut, silahkan pilih dan klik verifikasi pada bagian sebelah kanan bawah di halaman verifikasi setoran dari google di google adsense anda.

Jika anda telah mendambahkan alamat pembayaran, silahkan cukupkan saldo di dalam akun adsense anda untuk bisa gajian. Minimal saldo yang harus ada dalam akun adsense anda adalah 100$ atau setara dengan 1.300.000 rupiah dan dapat dicairkan setiap pertengahan bulan atau kira-kira per tanggal 21-25 setiap bulan.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).