Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Spread the love

Tahukah kamu, bahwa blogger merupakan salah satu industri kreatif yang sedang marak-maraknya digandrungi saat ini di Indonesia mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai orang tuapun berlomba-lomba untuk membangun sebuah blog. Ada yang membuat blog hanya untuk curhat-curhatan namun tak sedikit juga yang membuat blog untuk keperluan komersil seperti berjualan online, promosi ataupun membuat artikel-artikel yang bermanfaat dan mendaftarkannya ke penyedia-penyedia situs iklan seperti google adsense atau MGID dan beberapa penyedia iklan lainnya untuk menghasilkan uang dan terbukti beberapa blog yang sudah mapan mampu menghasilkan puluhan juta rupiah perbulannya dari situs-situs penyedia iklan tersebut.

Memang kalau dipikir secara logika menggiurkan, namun membangun sebuah blog memanglah tidak mudah. dibutuhkan kerja keras dan ketekunan agar blog yang anda buat bisa menjadi besar dan berpenghasilan dan itu memakan waktu yang cukup lama belum lagi kita harus bersaing dengan blog-blog yang sudah besar dan mapan untuk berebut posisi di serps google. Namun jika anda konsisten, saya yakin dan percaya anda akan berhasil karena google sayang pada semua orang yang betul-betul niat untuk menggandrungi usaha ini.

Untuk menjadi seorang blogger, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti:

  1. Punya niat dan hobi untuk menulis, bukan hanya sekedar copy paste artikel orang lain karena perilaku tersebut sangatlah buruk dan google tidak menyukai hal tersebut.
  2. Konsentrasi blog yang akan anda bangun. Bangunlah blog yang sesuai dengan minat dan keahlian anda agar anda tidak kehilangan bahan dan inspirasi ketika menulis.
  3. Menjadi seorang blogger tidak harus ahli dalam IT karena google sudah memberikan banyak tutorial yang anda butuhkan jika anda mendapati kendala dalam membangun sebuah blog.
  4. Tetap bersandar kepada Yang Maha Kuasa agar usaha anda selalu di lancarkan

Nah jika anda sudah memantapkan keyakinan dan tekad untuk ngeblog, langsung saja begini cara membuat blog gratis dengan mudah:

Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot

Salah satu penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis adalah blogspot. Sebenarnya ada banyak penyedia layanan untuk membuat blog gratis yang dapat anda gunakan, namun buat anda yang baru terjun ke dunia blogger, blogspot.com merupakan salah satu rekomendasi karena tergolong simpel dan mudah digunakan. cara membuat blog di blogspot.com adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Mendapatkan Pengunjung Blog Dari Youtube

Silahkan anda kunjungi situs www.blogger.com kemudian pilih dan klik Create Your Blog di halaman utama blogspot.

Langkah selanjutnya adalah silahkan mendaftar menggunakan Email anda dengan memasukkan Email dan Password, Lakukan Tahap ini sampai selesai.

Setelah anda selesai memasukkan Email dan Juga pasword, silahkan atur profil akun blog anda. anda dapat menggunakan nama pribadi ataupun identitas lainnya.

Jika semuanya telah anda atur, anda akan diarahkan ke dasbor Blogger, nah disitu silahkan anda pilih dan klik Buat Blog Baru

Sesudah itu, anda akan diminta untuk mengisi:

  1. Judul: Silahkan anda isi dengan Judul atau tentang apa yang hendak anda bahas di blog anda
  2. Alamat: Silahkan anda isi dengan URL halaman blog anda. Usahakan alamat blog relevan dengan judul blog dan perhatikan juga ketersediaan URL tersebut jangan sampai URL yang telah anda pilih tidak tersedia karena sudah digunakan oleh orang lain. Anda bisa melihat ketersediaan URL tersebut di samping alamat blog anda jika tanda seru artinya URL blog tersebut tidak tersedia, namun jika tanda centang artinya URL tersebut tersedia
  3. Tema: Silahkan Tntukan tema apa yang hendak anda pakai. Pada pilihan ini, tema yang tersedia hanya ada 11 tema bawaan blogspot. Namun anda dapat memodifikasi atau mengganti tema tersebut nantinya dengan tema anda sendiri.

Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan domain untuk blog anda. Jika anda belum punya domain silahkan dilewati saja langkah ini namun jika anda sudah punya domain silahkan dimasukkan

Selamat blog anda telah dibuat.

Mengenal Menu di Dasbor Blog 

Langkah selanjutnya adalah anda harus mengenal dan mengetahui kegunaan dari Menu yang tertera di blog anda. Saya telah membaginya dalam poin agar lebih mudah dijelaskan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Pin Google Adsense yang Tidak Sampai Alamat
  1. Lihat Blog: untuk melihat tampilan di blog anda
  2. Postingan: Untuk melihat artikel-artikel yang telah anda buat dan juga untuk membuat dan mengedit artikel anda
  3. Statistik: Untuk melihat statistik pada blog anda seperti jumlah pengunjung, sumber lalu lintas dan juga pemirsa.
  4. Komentar: untuk melihat komentar-komentar pengunjung di artikel anda
  5. Halaman: Untuk membuat sebuah halaman statis pada blog anda 
  6. Tata Letak: Untuk mengatur tata letak pada blog anda seperti penempatan widget, iklan, logo dan semua yang akan memperindah tampilan blog anda
  7. Tema: untuk mengatur tema anda. nah disini anda bisa dengan leluasa mengedit tema sesuai dengan keinginan anda karena tersedia fitur edit HTML
  8. Setelan: untuk pengaturan lanjutan bagi blog anda seperti mengatur bahasa dan pemformatan, Email, setelan penggunaan dan lain sebagainya.

Cara Membuat dan Mempublikasikan Artikel

Selanjutnya, kita akan belajar bagaimana cara membuat dan mempublikasikan artikel yang telah dibuat sekalian untuk mengenal fitur-fitur yang tersedia pada lembar kerja blog.

Pertama-tama pada menu Postingan, silahkan anda pilih dan klik Entri Baru

Setelah anda mengklik entri baru, anda akan dibawa menuju lembar kerja baru blogspot untuk membuat dan mempublikasikan artikel. disini ada beberapa fitur yang perlu anda ketahui dan saya telah membaginya dalam 6 poin agar mudah untuk dimengerti

  1. Judul Postingan: Silahkan diisi dengan judul postingan yang anda buat dan usahakan judul postingan relevan dengan isi artikel yang anda buat
  2. Poin yang ke 2 berfungsi untuk mempublikasikan artikel, menyimpan artikel di draft, melihat/ pratinjau sebuah artikel sebelum di publikasihan dan juga menutup lembar kerja di blog anda.
  3. poin yang ke 3 berisi dua pilihan/metode dalam membuat sebuah tulisan di lembar kerja blog. Compose untuk lembar kerja normal dan HTML untuk lembar kerja dalam bentuk script HTML.
  4. poin yang ke 4 berfungsi untuk mengedit tulisan/ artikel yang anda buat. menu-menu di poin ke 4 hampir sama dengan menu-menu yang terdapat di microsoft word.
  5. Poin yang ke 5 merupakan lembar kerja di blog. Nah disinilah anda akan menuangkan segala isi otak anda dalam bentuk tulisan dan gambar sebelum dipublikasikan
  6. Poin yang ke 6 berfungsi untuk mengatur label artikel, penjadwalan suatu postingan, lokasi, tautan dan berbagai macam hal lainnya yang berhubungan dengan artikel anda
Baca Juga  Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer, TOS, About di Blog Terbaru

sangat penting juga untuk anda ketahui bahwa google sangat senang dengan konten yang bersifat original dan bermanfaat bagi orang lain. Saya yakin dan percaya jika anda membuat konten yang demikian makan anda bisa menduduki posisi pertama di serps.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog 

Setiap orang yang terjun ke dunia blogger pasti mendambakan  untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang telah dikelola. Namun pertama-tama yang harus anda perhatikan sebelum anda lebih jauh memikirkan masalah penghasilan adalah bagaimana membangun blog anda hingga besar dan menduduki posisi 1 di  mesin pencari google. Jangan memikirkan penghasilan terlebih dahulu karena hal tersebut akan membuat anda stres karena membangun blog hingga berpenghasilan jutaan rupiah perbulan tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Rutinlah membuat artikel di blog minimal 2 artikel perhari dan juga perkuat backlink blog dan terapkanlah teknik-teknik SEO di blog anda, niscaya blog yang anda kelola akan besar dan berpenghasilan.

Jika semuanya itu telah anda lakukan, ada beberapa layanan penyedia iklan yang bisa anda gunakan untuk meraup keuntungan dari blog seperti google adsense, MGID, short link dan lain-lain. Namun saya tidak akan membahasnya di sini karena saya telah menulis artikel tersebut. Silahkan anda mengunjungi link dibawah ini untuk membuat blog anda berpenghasilan.

Nah demikianlah ulasan saya mengenai panduan lengkap cara membuat blog bagi pemula dan semoga artikel ini dapat membantu anda untuk membangun sebuah blog yang besar dan profesional. jika ada kendala atau hal yang kurang anda mengerti silahkan di lontarkan di kolom komentar.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *