Wisata Religi Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Toraja

Spread the love

Buat anda yang berencana untuk berwisata di Toraja, kali ini admin akan memberikan beberapa rekomendasi wisata religi yang wajib kamu kunjungi ketika hendak berwisata ke Toraja ataupun sekedar menghabiskan waktu di akhir pekan. 

Wisata Religi Buntu Burake

Wisata religi buntu burake merupakan destinasi wisata religi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, pasalnya di puncak gunung tersebut terdapat patung Yesus Kristus tertinggi dan dikabarkan bahwa patung Yesus ini merupakan salah satu patung Yesus tertinggi di dunia. Patung itu memiliki tinggi 40 meter dan menghadapi Kota Makale. Ikon wisata Tana Toraja bahkan mengalahkan tinggi patung Kristus Penebus di Brasil kalau dihitung dari permukaan laut.

Wisata ini berjarak kira-kira 4 kilometer dari pusat kota makale dan dapat diakses dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Patung tersebut mulai dibangun pada Mei 2015 dan telah diresmikan pada Agustus 2015. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang digunakan pun mencapai Rp 22 miliar. Untuk masuk ke tempat wisata ini, para wisatawan diwajibkan membayar biaya masuk sebesar Rp 10 ribu per orang serta biaya parkir kendaraan. Selain Patung Yesus Kristus, wisatawan juga dapat mengunjungi Goa Maria yang berada di lokasi yang sama. Selain itu, di wisata religi ini juga terdapat jembatan kaca yang bisa kamu naiki sekalian juga untuk menguji adrenalin kamu guys

Disamping itu, pengunjung juga dapat membeli berbagai macam souvenir khas Toraja di sekitar wisata tersebut mulai dari sarung, baju, kain-kain toraja sampai kopi asli Torajapun bisa di dapatkan di tempat ini.

Wisata Ziarah Keluarga Kudus Nazaret Sa’pak Bayo-bayo

Pusat ziarah Sa’pak Bayo-bayo terletak di Lembang Lampio, Kecamatan Sangalla’ Kabupaten Tana Toraja, diklaim sebagai tempat ziarah Keluarga Kudus Nasareth pertama di dunia. Selain karena patung Yesus, Bunda Maria dan Santo Yusuf yang mengenakan pakaian adat Toraja sebagai ikon utama, tempat ziarah ini memiliki perpaduan dengan alam dan peninggalan budaya Toraja sehingga tempat ini merupakan salah satu rekomendasi wisata religi yang paling pas kamu kunjungi ketika berada di Toraja.

Baca Juga  Anda Tertipu Belanja Online? Begini Cara Mengatasinya

Wisata religi ini merupakan salah satu wisata religi yang tergolong unik loh. disebut unik karena di dalam kawasan seluas kurang lebih 5 hektar tersebut, terdapat batuan karts yang menjulang dengan gua-gua lengkap dengan stalaktik dan stalagmitnya. Juga terdapat beberapa gua alam (lo’ko), yang beberapa diantaranya masih digunakan warga setempat untuk sebagai makam keluarga. Di tempat ini juga masih banyak terdapat kuburan tua dengan tengkorak-tengkorak manusia, yang jumlahnya ratusan, tersebar di beberapa gua.

Di lokasi ini, juga terdapat kuburan tua yang sudah berusia ratusan tahun, gua-gua alam, sungai kecil, sungai bawah tanah, dan pepohonan yang rindang. Tidak jauh dari lokasi jalan salib ini terdapat tempat pemujaan agama suku, yang sampai sekarang masih (meski sudah jarang) digunakan oleh para penganut kepercayaan. Terdapat juga sumur tua yang dikenal warga setempat dengan sebutan “bubun Puang Sa’pak Bayo-bayo”. Tempat ini didesain menyatu dengan alam dan budaya setempat.

Masalah akses jalan ke tempat ini anda tidak perlu kawatir, wisata religi ini dapat di jangkau dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mudah.

Salib Singki’

Dibangun pada tahun 2012, Salib raksasa dengan tinggi 30 meter dan lebar 12 meter menjadi objek wisata religi untuk umat Kristiani sekaligus menyambut para wisatawan ketika memasuki wilayah Toraja Utara. Waktu terbaik untuk mengujungi puncak Bukit Singki antara pukul 08.00 atau sore hari sekitar pukul 16.00 dan lokasi ini sangat mudah diakses dari pusat kota Rantepao dan terdapat akses tangga beton yang aman.

Untuk menikmati wisata ini, anda harus membayar biaya registrasi sebesar Rp. 15.000, setelah menyelesaikan pembayaran registrasi anda bisa melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan ke puncak buntu singki, perjalanan menuju puncak ini akan sangat menguras fisik maklumlah jalannya menanjak trus menaiki satu persatu anak tangga. Perjalanan menuju puncak berkisar 20 atau 30 menit perjalanan tergantung kemampuan fisik anda meniti anak tangga. Sesampai di Puncak Bukit Singki anda akan mendapatkan sebuah bangunan yang diatasnya berdiri kokoh Salib Raksasa serta tulisan raksasa Toraja Utara yang bisa terlihat jelas pada saat kita memasuki wilayah Toraja Utara. Serta anda akan disuguhi keindahan bentang alam Toraja Utara. Jadi tunggu apa lagi ayo ke singki’.

Baca Juga  Warga Bonggakaradeng Resah Jaringan Telkomsel Sering Hilang

Demikianlah beberapa rekomendasi wisata dengan tema religi yang bisa anda kunjungi ketika berada di Toraja, dijamin anda tidak akan menyesal dan akan merasa puas karena disamping wisatanya yang bertemakan religi, suguhan alam juga akan turut menyapa anda di wisata-wisata tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *