Seringkali anak mengalami gangguan kesehatan tanpa kita duga-duga dan membuat ibu-ibu bingung harus bagaimana. Kebanyakan ibu-ibu akan membawa anaknya ke dokter ataupun memberikan obat-obat dengan kandungan bahan kimia yang diperoleh dari apotik. Namun tanpa ibu-ibu sadari, tumbuh-tumbuhan/rempah-rempah yang ada di rumah andapun dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang dialami oleh anak.

Anak Sakit

Berikut ini 10 tips mengatasi gangguan kesehatan pada anak oleh Dr. Ryan Thamrin yang jarang diketahui orang terlebih ibu-ibu di rumah.

Demam

Untuk mengatasi demam pada anak cukup berikan baju tipis, kemudian kompres menggunakan air hangat, balur tubuh dengan bawang merah, berikan madu dan air kelapa muda. Dijamin demam pada anak anda perlahan akan membaik.

Pilek dan Hidung Tersumbat

Jika anak anda terkena pilek dan hidung tersumbat, cukup siapkan air hangat dan minyak telon. Hirup uap air panas yang ditetesi minyak telon/minyak kayu putih. jangan lupa untuk menJaga ruangan kamar agar tetap lembab dengan mematikan AC dan menyiapkan ember yang berisi air panas yang ditetesi minyak telon di sudut kamar. Nah Untuk bayi bisa ditempeli di pelipisnya pala bubuk yang ditetesi minyak telon, yakin dan percaya perlahan-lahan pilek dan hidung tersumbat pada anak akan perlahan-lahan membaik.

Batuk

Untuk mengatasi batuk pada anak, cukup berikan jeruk nipis dan madu, atau bunga belimbing ditambah madu, atau kencur yang diperas dan diberi madu dan perlahan-lahan batuk pada anak akan sembuh. lakukan hal diatas 3 kali sehari.

Sakit Tenggorokan

Ketika terjadi sakit tenggorokan pada anak, anak akan cenderung susah makan karena sakit pada tenggorokan untuk menelan makanan. Nah Untuk anak yang sudah besar bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam karena air garam mampu membunuh kuman dan mencegah peradangan pada tenggorokan. Meminum air hangat dengan perasan jeruk nipis dan madu mampu mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan.

Diare

Ketika menghadapi anak diare, yang harus anda lakukan adalah memberi minum sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang keluar sehingga tidak terjadi dehidrasi pada anak. Bisa diberikan oralit yang dicampurkan dengan air, garam dan gula. selain oralit, Daun jambu biji muda juga dipercaya mampu mengatasi diare.

Sariawan

Sariawan pada anak bisa disebabkan banyak hal termasuk kuman dan kurangnya kebersihan mulutt. Nah untuk mengatasi sariawan pada anak bisa menggunakan daun saga yang ditumbuk dan ditetesi madu lalu ditempelkan pada sariawan, Perlahan-lahan sarian pada akan pasti akan sembuh.

Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak, hal tersebut diakibatkan biasanya karena mengonsumsi makanan yang kurang higenis serta tidak bersih. untuk mengobatinya selain menggunakan obat cacing ternyata ada cara alami yang bisa anda gunakan untuk membunuh cacing dalam perut yaitu menggunakan petai, kandungan belerang dan tannin pada petai mampu membunuh cacing dalam perut dan mengeluarkannya melalui tinja pada anak.

Mengobati Luka Lecet

Luka lecet pada anak maupun orang dewasa dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. mulai dari yang tersayat pisau saat memotong bahan-bahan makanan di dapur atau lecet karena terjatuh itu semua bisa disembuhkan dengan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai desinfektan. Silahkan anda oleskan sedikit madu murni pada bagian tubuh yang luka, kemudian diamkan selama beberapa menit lalu ulangi mengoleskannya beberapa kali dalam sehari. Perlahan-lahan lukaa lecet pada kulit anda akan membaik.

Bisul

Untuk mengatasi bisul pada anak bisa menggunakan daun bayam duri yang digiling dan ditambahkan madu lalu tempelkan pada bisul tersebut. Setelah bisul kering silahkan anda oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekas bisul sehingga kulit mulus kembali.

Mengatasi Anak Susah Makan

Untuk mengatasi anak susah makan pada anak cukup berikan herbal berupa temulawak, sejak dulu temulawak dipercaya mampu merangsang nafsu makan pada anak sehingga anak menjadi lahap.

Nah demikianlah 10 tips mengatasi gangguan kesehatan anak oleh Dr. Ryan Thamrin dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu ketika anaknya sedang sakit.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).