Seakan tidak ada habisnya, Toraja selalu menawarkan berbagai macam keunikan-keunikan yang membuat seseorang semakin cinta terhadap daerah ini, salah satunya adalah kesejukan dan keindahan hutan pinus yang seolah-olah ditata dengan rapi. Nah kali ini saya akan berbagi kepada anda sekalian mengenai 5 spot selfir keren di Toraja dengan latar hutan pinus, dijamin instagramable banget dan sangat cocok untuk bersantai dikala stres dengan kehidupan keseharian.

Namun sebelumnya itu, perlu saya ingatkan kembali ketika mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Toraja, jangan lupa untuk tetap menjaga dan merawat kelestariannya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. kalau bukan kita yang merawatnya siapa lagi? Iya kan? Langsung saja berikut ini 5 spot selfir keren di Toraja dengan latar hutan pinus

Pango-Pango

pango-pango

Objek wisata dengan spot selfie hutan pinus yang pertama yakni pango-pango. Siapa sih yang gak kenal dengan pango-pango? Objek wisata yang terletak di kabupaten Tana Toraja ini dikenal dengan keindahan dan kesejukan hutan pinusnya yang berselimut dengan awan dan tertata dengan rapi sehingga sangat cocok bagi anda untuk bersantai ataupun selfie-selfie. Instagramable banget ya.

Obyek wisata ini berada di ketinggian 1700 meter dari permukaan laut (mdpl) dan dapat anda tempuh kurang lebih satu stengah jam dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota makale. Masalah akses jalan ke tempat ini, dijamin mulus.

Bukan hanya kesejukan hutan pinus yang dapat anda nikmati ketika berada di pango-pango, namun ada juga tanaman pertanian yang dapat anda jumpai seperti kopi, tamarillo, coklat, enau, kacang tanah, jagung dan lain-lain yang dikelola masyarakat secara tradisional.

Hutan Pinus Buntu Datu

Hutan Pinus Buntu Datu

Akhir-akhir ini, medsos digegerkan dengan penampakan-penampakan hutan pinus di Lembang Buntu Datu yang tertata dengan rapi dan sangat sejuk. Hutan pinus ini diperkenalkan awal tahun 2017 oleh sejumlah pengguna sosial media yang secara tidak sengaja melintas di jalan poros Buntu Datu – Uluway dan seketika itu juga menjadi viral di media sosial.

Untuk akses jalan ke tempat ini, anda tidak perlu kawatir dan dari Kota Makale, ibukota kabupaten Tana Toraja, lokasi ini bisa ditempuh dengan waktu 45 menit. Lokasi ini juga cukup mudah dijumpai karena hanya berjarak 5 kilometer dari Salubarani, perbatasan Toraja Enrekang. Penasaran dengan tempatnya? silahkan langsung meluncur yah. Gratis kok. hehehe

Wisata Seribu Pohon di Lembang Burasia

Hutan Pinus Lembang Burasia

Wisata Seribu Pohon “To’ Pinus “  kira-kira begitulah masyarakat setempat menamai lokasi ini, hutan pinus ini berada di lembang Burasia, Se’seng, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. Untuk bisa sampai ke lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda 2 dan 4, dengan jarak tempuh 1-2 jam dari Kota Makale ke arah barat Tana Toraja.

Ketika anda sampai ke tempat ini, anda akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang begitu sejuk sehingga sangat cocok untuk anda bersantai bersama dengan kerabat ataupun keluarga tercinta. Anda juga tidak perlu merogoh dompet untuk bisa menikmati sejuknya hutan pinus ini karena semuanya gratistististis. Hanya saja tetap perhatikan dan jaga kelestariannya yah jangan sampai ketika anda berkunjung ke tempat ini ada noda yang anda tinggalkan sehingga dapat merusak keindahan alamnya.

Pesona Alam Uluway Barat

Panorama Alam Uluway Barat

Jika anda berkunjung ke hutan pinus Buntu Datu, jangan juga anda lewatkan pesona alam Uluway Barat yang berjarak kurang lebih 5 km dari hutan pinus Buntu Datu. Untuk sampai di tempat ini dapat anda tempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda empat dengan perkiraan waktu kira-kira 1 jam dari Buntu Datu.

Sesampainya anda di tempat ini, anda akan disuguhkan indahnya pemandangan alam berupa keindahan pegunungan yang menjulang tinggi dan juga hutan pinus yang asri sehingga sangat cocok untuk anda yang hendak bersantai dan lepas dari padat dan sumpeknya di perkotaan. Tempat ini juga sangat pas dan recommended banget buat anda untuk foto prawedding. Untuk anda yang jones yah selfie-silfie aja karena tempat ini sangat instagramable banget. hehehe

Hutan Mapongka

Hutan Mapongka

Mau buang kenangan “mantan”?, tempat ini bisa jadi pilihan, Tapi kalau mau buang sampah jangan di sini, bawah pulang aja yah. Buntu Mapongka, Mengkendek merupakan salah satu tempat yang cocok buat kamu melepas kejenuhan, menikmati udara segar dan tentunya lebih asyik kalau bawa gitar sambil test vokal, karena di sini anda bisa kolaborasi dengan suara alam yang sejuk.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan bermotor atau mobil dari pasar Ge’tengan. Untuk akses jalan sendiri yah agak ekstrim sih tapi aman kok. Nah untuk waktu yang paling tepat berkunjung ke tempat ini adalah di pagi hari sembari menikmati kesegaran udaranya yang berselimut kabut dan di sore hari.

Nah demikianlah 5 spot selfie keren di Toraja dengan latar hutan pinus. Mau buang jauh kegalauan ataupun kenangan bersama mantan? silahkan kunjungi tempat-tempat diatas yah guys tapi ingat tetap jaga kelestariannya yah agar orang lain ataupun anak cucu juga dapat menikmatinya kelak. Jangan egois dan bermasa bodoh. Sekian dan terima kasih.



Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).