Sekarang ini, perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia karena teknologi membuat segala pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan lebih praktis. Disatu sisi, perkembangan teknologi membawa dampak yang baik bagi manusia namun di sisi yang lain, banyak orang memanfaatkan teknologi secara tidak bertanggung jawab dan merugikan orang lain. Namun perlu disadari bahwa bukan teknologinya yang salah, melainkan manusia yang menggunakannyalah yang salah karena menggunakan teknologi secara tidak bertanggung jawab.

Salah satu kemudahan yang diperoleh dari perkembangan teknologi adalah anda dapat melakukan transaksi secara online dalam hal ini berbelanja tanpa harus bertemu dengan si penjual/pembeli. Namun kadang kala banyak yang memanfaatkan kemudahan ini untuk menipu sehingga merugikan orang lain entah itu si penjual ataupun pembeli. Namun jika anda merasa tertipu belanja online baik itu ketika anda menjual barang ataupun membeli barang, saya mempunyai sedikit tips bagaimana cara melaporkan si penipu tersebut dan membuatnya jera.

Ketika anda tertipu belanja online, pertama-tama jangan anda buang bukti transfer karena itu akan menjadi alat bukti anda untuk melaporkan si pelaku tersebut. Namun jika anda sudah terlanjur membuangnya ataupun hilang, anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa menggunakan histori pengiriman namun akan lebih mudah jika memakai struk bukti transfer tadi ke rekening si pelaku penipuan.

Jika bukti sudah ada berupa struk bukti pengiriman, silahkan anda datang ke bank sesuai dengan bank yang anda gunakan kemudian serahkan bukti transfer tadi ke costumer service bank (bisa struk ataupun SMS banking). Anda kemudian akan diminta untuk menceritakan kronologi masalah yang anda alami, silahkan anda ceritakan secara runtut dan jelas kepada petugas bank sehubungan dengan kasus penipuan balnja online yang anda alami.

Pihak bank akan menghubungi si penipu dengan cara melacak nomor rekening yang di gunakan oleh penipu tersebut dan jika terbukti, nomor rekening si penipu tersebut akan dibekukan sementara. Anda kemudian akan dihubungkan dan berbincang dengan si penipu tersebut perihal penyelesaian masalah yang anda alami.

Jika si penipu tak kunjung mengembalikan uang anda, pihak bank akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan si penipu tersebut akan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan segera mungkin akan dilakukan penangkapan terhadap si penipu tersebut. Si penipu kemudian akan diminta mengembalikan uang yang telah anda transfer dan pelaku penipuan tersebut akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

demikianlah sedikit tips dari saya dan cara diatas pernah saya lakukan ketika saya sedang berbelanja online (belanja HP), eh ujung-ujungnya saya kena tipu. Merasa dirugikan ya langsung aja di laporkan daripada ada orang lain selain saya yang kemudian di rugikan. Cara diatas berlaku untuk semua Bank, namun terkhusus untuk bank BCA dan Mandiri, prosesnya lebih cepat, biasanya 2-3 hari.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).