Seakan tidak ada habisnya, Toraja memang menyimpan berbagai macam potensi-potensi wisata baik itu wisata budaya maupun panorama alam. Hal tersebut terbukti dari beberapa wisata di Tana Toraja yang sudah mendunia dan banyak dikunjungi oleh turis-turis lokal maupun mancanegara. Nah kali ini, admin akan mengekspos salah satu air terjun yang ada di kabupaten Tana Toraja yang belum terekspos dan bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata untuk anda kunjungi. Jika di tempat lain, air terjun dengan ketinggian 20-30 meter banyak pengunjungnya, apalagi yang satu ini, lebih tinggi lagi guys.

Nah Jika anda menyukai tantangan dan juga eksotisme panorama alam, air terjun Sarambu Pong Toding bisa menjadi pilihan anda untuk menghabiskan akhir pekan ataupun masa liburan anda. Air terjun Sarambu Pong Toding ini berada di Desa Uluway Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja dan memiliki ketinggian yang diperkirakan mencapai 50 meter.

Untuk waktu tempuh menuju ke desa Uluway sendiri, dari pusat kota makale dapat anda tempuh kurang lebih 2-3 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kalau masalah akses jalan ke desa Uluway, anda tidak perlu kawatir karena sudah bagus dan mulus. Disamping itu juga, sebelum anda sampai di Uluway dan menikmati kesejukan air terjun Sarambu Pong Toding ini, disepanjang jalan menuju ke desa Uluway anda akan disejukkan dengan pemandangan alam berupa hamparan pohon pinus yang tersusun dengan rapi dan dapat menjadi spot selfie anda.

Jika anda sudah sampai di desa Uluway, untuk perlu sampai di air terjun Sarambu Pong Toding harus melalui jalan setapak yang cukup menantang dan tidak bisa di lalui oleh kendaraan. Satu-satunya jalan ya dengan berjalan kaki. tapi kalau anda menyukai tantangan saya rasa rute ini sangat pas untuk anda.

perjalanan ke air terjun sarambu pong toding

Jika anda sudah sampai di lokasi air terjun, rasa capek dan penat anda pasti akan terbayarkan kok dengan kesejukan dari air terjun ini. jika anda hendak menyegarkan diri dengan cara berenang di air terjun ini silahkan saja tapi ingat airnya sangat dingin loh. brrrrrrrrrr.

Tapi perlu anda perhatikan juga, jangan sampai ketika sampai di lokasi air terjun anda kemudian meninggalkan jejak berupa sampah yang dapat merusak alam. Marilah kita tetap menjaga kelestarian alam dan parawisata kita di Tana Toraja agar dapat dinikmati oleh orang lain terlebih anak cucu kita nantinya.

Nah berikut ini beberapa dokumentasi ketika berada di air terjun sarambu pong toding:

Mari sebarkan tulisan ini agar parawisata kita di Toraja bisa dikenal orang luar sehingga dapat meningkatkan pendapatan di daerah tercinta kita ini. Jika ada yang berasal dari Uluway dan hendak memberikan masukan terhadap tulisan ini, silahkan share di kolom komentar yah.


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).