Pengertian Survey lapangan merupakan salah satu metode penelitian lapangan dimana seorang surveyor terjun langsung ke sebuah daerah untuk mengamati, mewawancarai, mengobservasi sebuah keadaan masyarakat agar memperoleh data yang dibutuhkan untuk keperluan penelitian ataupun sekedar mengetahui problema sosial yang dihadapi masyarakat tersebut.

Sering kali, ketika seorang surveyor turun langsung ke lapangan untuk melakukan survey lapangan, banyak kendala yang dihadapi seperti surveyor tersebut di kira seorang penagih hutang, orang yang minta sumbangan, relawan kampanye, dan masih banyak lagi. Padahal kan tujuan utama seorang surveyor bukanlah hal yang demikian melainkan untuk meminta data ataupun opini masyarakat. Tak jarang juga seorang surveyor yang melakukan survey lapangan kemudian ditolak mentah-mentah ataupun diacuhkan sehingga tidak dapat melakukan penelitian di rumah atau wilayah tersebut.

Hal-hal diataspun pernah saya alami sebagai seorang surveyor ketika turun ke lapangan melakukan survey, entah itu survey pemilu, survey elektabilitas, survey kepuasan masyarakat tentang kinerja pemerintah dan masih banyak lagi. Saya kemudian ditolak atau bahkan diacuhkan. namun saya tidak gampang menyerah ketika menghadapi kendala yang demikian. nah berikut ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik survey lapangan agar tidak ditolak masyarakat

Siapkan Mental

Yang pertama-tama anda harus siapkan adalah mental anda. Anda harus siap sedia menerima segala resiko ketika hendak melakukan survey lapangan karena perspektif masyarakat berbeda-beda. Jangan sampai anda menjadi baper (bawa perasaan) ketika ditolak dan kemudian menyerah sehingga anda tidak memperoleh data di lapangan.

Kuasai Setiap Pertanyaan

Hal kedua yang harus anda lakukan adalah usahakan menguasai setiap pertanyaan yang akan anda sampaikan. Jangan sampai pertanyaan yang anda sampaikan tidak anda mengerti sehingga membuat kebingungan baik itu si responden maupun anda sendiri. Usahakanlah menyederhanakan pertanyaan tersebut karena yang akan anda hadapi ini adalah masyarakat awam bukan kaum akademisi.

Selain menguasai pertanyaan, usahakanlah sedapat mungkin membuat suasana yang menyenangkan ketika menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut sehingga responden tidak bosan ataupun melamun. Caranya adalah bisa anda selingi dengan lawakan, candaan sehingga menciptakan atmosfir yang baik dalam proses wawancara/ survey lapangan tersebut.

Gaya Berbicara

Usahakan ketika melakukan survey lapangan, sedapat mungkin jangan menyinggung sang responden karena responden tersebutlah sumber informasi yang berguna bagi anda. Usahakan juga anda memiliki komunikasi yang baik sehingga ketika mewawancarai responden, anda tidak terbata-bata dalam menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi.

Pemlihan Waktu Yang Tepat

Salah satu alasan kenapa banyak surveyor yang tidak diterima baik ketika melakukan penelitian lapangan karena sang surveyor tersebut mendatangi responden di waktu yang tidak tepat misalnya pada saat jam kerja. Secara otomatis, sang responden akan mengacuhkan anda karena dinilai mengganggu pekerjaan mereka. Datangilah responden di waktu yang tepat misalnya ketika responden sedang istirahat, bersantai ataupun ketika sang responden selesai dengan pekerjaannya.

Nah demikianlah sedikit tips dari saya, dan tips diatas yang sering saya lakukan sehingga saya tidak ditolak ketika hendak melakukan survey lapangan. Masih banyak sebenarnya yang dapat anda lakukan agar tidak ditolak oleh responden, namun hal yang diatas merupakan sebuah kewajiban yang harus anda terapkan. sekian dan terima kasih


Tofan

Prinsip Hidup: Cogito Ergo Sum (Aku Berfikir Maka Aku Ada), Namun berfikir saja tidak cukup, Apa yang harus saya lakukan agar " Menjadi Ada". Jawabannya adalah Berkarya (Aku Berkarya Maka Aku Ada).