Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word

Footnote merupakan sebuah catatan kecil yang berada di bawah lembar kerja untuk menunjukkan referensi dari tulisan tersebut. Footnote biasanya digunakan pada penulisan karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, jurnal dan lain sebagainya di tingkat perguruan tinggi.

Footnote sangatlah penting karena dengan adanya catatan kaki tersebut, sebuah tulisan yang anda buat dapat diketahui dari mana sumbernya sehingga pembaca tidak beranggapan bahwa anda hanya melakukan copy paste dalam tulisan tersebut. Walaupun ada beberapa tulisan yang berasal dari fikiran anda sendiri, namun di beberapa bagian penulisan pasti akan menggunakan referensi baik itu dari buku, majalah, internet, kamus, jurnal dan berbagai macam referensi lainnya.

cara ini berlaku di semua jenis microsoft word baik itu 2007, 2010, 2013 dan lain sebagainya. Langsung saja, beginilah cara membuat Footnote di Microsoft Word

cara membuat Footnote di Microsoft Word

Gambar diatas merupakan sebuah catatan kaki dari skripsi yang pernah saya buat. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa motede penulisan karya ilmiah di beberapa kampus berbeda, tapi kita tidak akan membahas hal tersebut di sini. Cara membuat catatan kaki seperti diatas adalah:

  • pertama-tama, pada tulisan yang hendak anda beri catatan kaki, silahkan arahkan pointer anda ke akhir tulisan tersebut
  • Selanjutnya, silahkan arahkan pointer ke Menu Bar kemudian pilih References setelah itu klik pada Ab Insert Footnote
  • setelah anda mengklik Ab Insert Footnote, maka secara otomatis kursor akan ke Footer. Nah pada bagian tersebut, silahkan anda ketikkan sumber referensi dari tulisan anda. (perhatikan gambar)
  • Untuk cara alternatif membuat catatan kaki ini adalah menekan Alt + CTRL + F secara bersamaan pada keyboard anda. secara otomatis kursor akan langsung ke footer di lembar kerja anda.

Bagaimana? cukup mudah bukan? silahkan langsung di praktekkan yah guys. demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word dan semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk anda. sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *