Cara Membuat Sitemap WordPress di Webmaster Tools

Indonesiaterpercaya, Sitemap adalah salah satu unsur yang paling penting dalam SEO. walaupun pada saat ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa ada banyak alat navigasi yang lebih canggih, tapi dari sudut pandang SEO sitemap masih mengambil peranan yang sangat penting. Adapun beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika membuat dan mengatur sitemap blog dengan baik adalah proses indexing bisa lebih cepat, blog akan lebih muda muncul di mesin pencari, membantu mencari halaman yang tidak terstruktur terutama untuk blog yang sudah sangat besar dan masih banyak lagi hal yang bisa anda dapatkan ketika mengatur sitemap.

Tapi sayangnya, banyak yang mengabaikan akan hal tersebut terutama bagi seseorang yang baru terjun ke dunia blogger. Ya ada banyak alasan sih, mungkin karena ketidak tahuan, rasa malas, tidak mau rempong dan lain-lain.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga, anda diantara kita yang sudah mencoba mengatur sitemap ini tapi selalu gagal. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara mengatur sitemap wordpress di webmaster tools dan tentunya cara ini 100% berhasil. Jadi silahkan anda simak langkah-langkahnya.

cara mengatur sitemap wordpress di webmaster tools

Untuk mengatur sitemap wordpress anda, pertama-tama anda sudah mendaftarkan blog anda di webmaster tools. Nah jika sudah, silahkan anda buka webmaster toolsnya kemudian pilih menu Site Map/ Peta Situs

webmaster

tampilan diatas merupakan beberapa peta situs yang telah berhasil di submit dari blog wordpress saya yang satunya. Selanjutnya, silahkan anda login ke wordpress anda untuk mengambil peta situsnya. Untuk bisa mengambil peta situs yang akan di submit ke webmaster, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya berikut.

Baca Juga  Cara Mengatasi Pin Google Adsense yang Tidak Sampai Alamat

  • Di dasbor wordpress, silahkan anda instal terlebih dahulu plugin yoast SEO kemudian Aktifkan plugin tersebut. Nah jika sudah aktif, silahkan anda pilih dan klik dan secara otomatis anda akan dibawa ke halaman pengaturan yoast SEO.

wordpress.org

  • Selanjutnya, di General Yoast SEO, silahkan anda pilih Features => XML Sitemaps

  • Aktifkan XML Sitemaps tersebut, setelah anda mengaktifkannya, silahkan anda klik tanda tanya di XML Sitemaps tersebut dan secara otomatis akan muncul link menuju sitemaps yang akan kita pasang di webmaster

  • Setelah anda mengklik link tersebut, maka secara otomatis, anda akan diarahkan ke XML Sitemap yang dapat di index dan di submit di webmaster anda.

  • Nah bagaimana caranya memasukkan sitemap tersebut kedalam webmaster? silahkan anda copy sitemap tersebut mulai dari simbol ( / ). Misalnya: /post-sitemap.xml kemudian buka webmaster dan tempelkan di Tambahkan Peta Situs Baru kemudian klik Kirim

  • tunggulah beberapa saat sampai sitemap tersebut sukses di kirim.

Nah demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Sitemap WordPress di Webmaster Tools dan semoga ulasan saya ini dapat bermanfaat untuk anda. sekian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *