Cara Mencari Tag head dan body di Blogspot dan WordPress

Salah satu permasalahan yang cukup genting dan biasa menghampiri seseorang yang baru terjun ke dunia blogging yakni tidak mengerti akan kode-kode/ script HTML yang terdapat di sebuah platform blog baik itu blogspot maupun wordpress. Kendala seperti ini juga pernah saya alami sebagai seorang blogger pemula, apalagi basic saya bukan programmer yang mempelajari akan script HTML, CSS dan lain sebagainya. Hal tersebut memang sempat membuat saya pusing 7 keliling, terutama waktu masih menggunakan blogspot dan memasang iklan adsense secara manual di <head> dan </body> template.

Namun setelah mendalami dan mempelajari script-script tersebut kurang lebih 2 bulan, akhirnya bisa juga sedikit memahami tentang script-script tersebut. Namun sekarang, saya sudah beralih ke wordpress menggunakan WP-admin dan penggunaan WP Admin tergolong lebih mudah karena sudah tersedia berbagai macam plugin yang bisa kita gunakan baik untuk memasang iklan, memasang widget dan lain sebagainya tanpa harus mengeditnya secara manual di template/ tema blog.

Namun walaupun sudah menggunakan wordpress, tidak menutup kemungkinan di beberapa kasus juga anda masih perlu mengotak atik template untuk memasang sebuah script. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memaparkan bagaimana Cara Mencari Kode <head> dan </body> di Blogspot dan WordPress. perlu anda garis bawahi bahwa cara ini juga bisa digunakan untuk mencari kode-kode lainnya di script html template yang ingin anda edit atau tempelkan sesuatu, tapi kode inilah yang paling sering di cari.

Untuk Pengguna Blogspot

untuk anda pengguna platform blogspot, cara mencari tag <head> dan </body> adalah sebagai berikut:

  • pertama-tama, silahkan anda login ke platform blogspot anda dan pada menu tersebut silahkan anda pilih Tema/ Template => Edit HTML
Baca Juga  Tutorial Mendaftar Ke Google Adsense Menggunakan Blogspot dan Hasilkan Jutaan Rupiah Perbulan

  • Selanjutnya anda akan menuju ke sebuah halaman berisi script HTML yang membingungkan. Nah untuk mencari tag <head> atau </body> atau kode lainnya di script HTML ini silahkan anda tekan CTRL+F secara bersamaan di keyboard komputer anda, dan akan muncul secara otomatis sebuah kolom yang pencarian. Silahkan anda tuliskan script apa yang akan anda cari di halaman yang berisi script HTML tersebut dan tekan Enter

Demikianlah cara untuk mencari kode </body> di blogspot. cara diatas juga berlaku ketika anda mencari tag <head> ataupun tag-tag lainnya di platform blogspot.

Untuk Pengguna WordPress

untuk anda pengguna wordpress yang ingin mencari sebuah tag <head> ataupun tag lain di template blog, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan anda login ke dalam platform wordpress anda. Setelah berada di dasbor, pada Menu silahkan anda pilih Tampilan => Theme Editor/ Edit Tema

  • Selanjutnya pada halaman edit tema (style.CSS), di sebelah kanan terdapat berkas-berkas tema, silahkan cari theme header (header.php)

  • selanjutnya untuk mencari tag <head>, silahkan anda tekan CTRL+F di keyboard dan akan muncul sebuah kolom pencari. silahkan ketikkan kode tersebut dan tekan Enter

Nah bagaimana cukup mudah bukan? jika anda mengalami kendala seperti tag tersebut tidak ada di halaman edit HTML tersebut, bisa jadi itu karena templatenya yang tidak mencantumkan tag tersebut.

Demikianlah sedikit tips dari saya tentang Cara Mencari Tag head dan body di Blogspot dan WordPress dan semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat. sekian dan terima kasih.

Baca Juga  Tips Menghasilkan 10.000 Like Fanspage Dengan Cepat Tanpa Ngiklan

1 Comment

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *