Cara Mengatur Margin dan Ukuran Kertas di Microsoft Word

Mungkin saja saat ini ada sedang bingung Cara Mengatur Margin dan Ukuran Kertas di microsoft word. Ketika anda sedang mengerjakan tugas kuliah baik itu berupa makalah, jurnal ataupun tugas akhir yakni skripsi, tentu saja anda akan diminta untuk menggunakan metode penulisan karya ilmiah yang tepat. Nah salah satu unsur dalam penulisan karya ilmiah tersebut yakni harus menggunakan ukuran kertas yang yakni A4s dan margin dokumen 4433. Untuk Top: 4 cm, Left: 4 cm, Right: 3 cm dan bottom: 3 cm. (perhatikan gambar)

Nah bagaimana cara mengatur margin dan ukuran kertas tersebut sehingga bisa sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah yang telah ditentukan? silahkan anda simak uraiannya berikut ini.

Cara Mengatur Margin dan Ukuran Kertas

Untuk mengatur margin dan ukuran kertas agar sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah yakni menggunakan ukuran kertas A4s dan untuk margin 4433 yakni pertama-tama, silahkan anda masuk di lembar kerja baru microsoft word, entah itu microsoft word 2007, 2010, 2013 ataupun document yang hendak anda ubah margin dan ukuran kertasnya. Nah untuk memudahkan anda memahami penjelasannya, kita akan mengaturnya satu persatu.

Margin

  • Untuk mengatur margin, pada Menu Bar di Microsoft Word silahkan anda pilih Page Layout
  • Pada Page Layout tersebut, untuk mengubah margin suatu documen menjadi 4433 silahkan anda pilih dan klik margin kemudian costum margin
  • Pada Page Setup tersebut, silahkan anda ubah margin document sesuai dengan yang anda inginkan. nah untuk melihat hasilnya, silahkan anda lihat di bagian preview
  • Jika semua sudah di atur, silahkan anda pilih dan klik OK

Salah satu kendala yang biasa kita temui ketika hendak mengatur margin sebuah document adalah satuan ukuran margin dalam bentuk Inches bukan cm (perhatikan gambar).

Nah bagaimana cara mengubah satuan Inches tersebut menjadi cm? saya tidak akan membahasnya di tulisan saya ini, namun anda bisa mengetahui dan membacanya dengan mengklik link berikut: Cara Mengubah Satuan Inchi ke Cm di Microsoft Word

Ukuran Kertas (Paper)

Nah untuk mengubah ukuran kertas menjadi ukuran yang sesuai dengan metode penulusan karya ilmiah yakni A4s adalah sebagai berikut:

  • pertama-tama, silahkan anda masuk di Page Layout kemudian pilih Size => More Paper Sizes
  • selanjutnya, di Page Setup tersebut silahkan atur ukuran tertas menjadi A4s di Paper Size. Untuk melihat hasilnya, silahkan perhatikan preview.
  • Untuk menyimpan pengaturan tadi, silahkan klik OK

Nah dengan demikian anda telah mengatur margin dan ukuran kertas yang sesuai dengan metode penulisan karya ilmiah. Cukup mudah bukan?

Demikianlah uraian saya mengenai Cara Mengatur Margin dan Ukuran Kertas di Microsoft Word dan semoga uraian saya ini dapat membantu anda dalam menyusun tugas-tugas perkuliahan di kampus. sekian dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *