Cara Optimasi SEO Youtube Terbaru|100% Berhasil

seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa SEO sangatlah penting untuk mendongkrak sebuah konten baik itu di blog maupun youtube untuk bisa muncul di mesin pencari dan kalau perlu menduduki peringkat pertama.

Ternyata dalam mengoptimasi SEO youtube, tidaklah terlalu jauh berbeda dengan mengoptimasi SEO blog, dan bahkan mengoptimasi SEO youtube tergolong lebih mudah dibandingan dengan mengoptimasi SEO blog. Nah menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara mengoptimasi SEO youtube?

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memaparkan bagaimana cara optimasi SEO youtube terbaru dan dijamin dengan langkah-langkah tersebut, video yang anda upload di youtube akan kebanjiran penonton sehingga pundi-pundi yang mengalir ke adsense anda juga akan semakin besar. Silahkan simak ulasannya.

Langkah-langkah optimasi SEO youtube

Dalam mengoptimasi SEO youtube, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan seperti:

Membuat Konten Yang Menarik

Hal pertama yang perlu anda lakukan agar konten anda dapat di tonton oleh banyak orang adalah membuat konten yang menarik. Tentu saja konten yang menarik akan membuat orang berbondong-bondong mencari dan menonton video anda entah itu karena lucu, menginspirasi dan lain sebagainya. Usahakanlah mengedit video sebaik dan sebagus mungkin dan kalau bisa sertakan greenscreen dan backsound agar konten yang anda buat menarik, tetapi jika konten yang sifatnya natural tidak usah menyertakan greenscreen ini.

Riset Kata Kunci (Keyword)

Selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengoptimasi SEO youtube adalah dengan melakukan riset kata kunci atau keyword. Untuk channel youtube yang tergolong masih kecil dan tidak terlalu populer, meriset kata kunci merupakan hal yang sangat wajib.

Baca Juga  Cara Mengetahui Status Monetisasi Facebook Ad Breaks

Ada dua cara riset kata kunci yang dapat anda gunakan yakni:

  1. Riset Kata Kunci Secara Manual
    Untuk riset kata kunci secara manual, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    • silahkan anda buka dasbor youtube anda
    • pada pencarian video, silahkan anda ketikkan kata kunci yang ingin anda bidik. Semisal konten anda adalah “prank toraja” maka silahkan anda ketik kata kunci tentang prank tersebut dan akan muncul kata kunci yang populer dan paling sering di cari sama pengguna youtube (perhatikan gambar di bawah)
    • Silahkan anda menggunakan kata kunci tersebut, semisal anda telah membuat konten prank tentang prank gombal, untuk judulnya bisa seperti ini “Lucu Banget Prank Gombal Toraja Bikin Baper”

2. Riset kata kunci menggunakan tools

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk meriset kata kunci adalah dengan menggunakan tools. Salah satu tools yang bisa anda gunakan untuk riset kata kunci adalah tubebuddy

Penting untuk anda ketahui bahwa ketika sudah mendapatkan kata kunci yang ideal untuk sebuah konten, anda boleh menambahkan embel-embel kata baik di awal maupun di akhir kata kunci tersebut. Hindari menambahkan ember-embel di tengah kata kunci karna akan mempengaruhi kualitas pencarian anda nantinya di pencarian youtube.

Maksimalkan Penggunaan Deskripsi dan Tag

Jangan pernah sepelehkan deskripsi dan tag ketika anda mengupload konten anda ke youtube karena deskripsi dan tag akan membantu konten anda naik ke posisi yang strategis di pencarian youtube.

  • Deskripsi
    Untuk deskripsi konten, selain memberikan penjelasan tentang substansi dari video yang anda upload, anda juga dapat menambahkan link konten anda yang lainnya di deskripsi ini. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan pengunjung anda di konten yang lainnya. Semisal konten anda tentang “prank gombal toraja“, mungkin saja di dalam akun youtube anda juga ada konten prank yang lain. Anda dapat menambahkan link dari konten prank tersebut di deskripsi video dan jangan lupa buat kalimat semenarik mungkin agar orang lain penasaran menonton konten anda.
Baca Juga  Cara Terbaru Agar Artikel Blog Cepat Terindeks di Google 100% Berhasil

  • Tag
    penggunaan tag cukup penting untuk mendobrak posisi konten anda di pencarian youtube. Beberapa konten yang di upload di youtube kalau diperhatikan menyertakan tag di setiap kontennya.

Buat Thumbnail Menarik

Selain hal-hal yang sudah saya paparkan diatas, thumbnail juga mengambil peranan yang sangat penting, Usahakanlah sebelum mengupload video ke youtube, buatlah thumbnailnya agar orang tertarik untuk mengunjungi konten anda. Bayangkan saja, ketika thumbnailnya menarik orang akan tertarik menonton video anda.

Sangat tidak disarankan untuk membuat thumbnail yang sifatnya “click bait” atau thumbnail tidak relevan dengan video karena hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat pengunjung anda menjadi kecewa. Bukannya menonton video anda tapi malah akan meninggalkan chanennel anda karena merasa di tipu oleh sampul. hehehe

Promosikan Channel/ Konten

Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung anda di youtube adalah dengan cara mempromosikan channel atau konten anda di media sosial (Grup, fanpage, WA, dll) maupun kolom komentar. Perlu anda ingat bahwa ketika mempromosikan konten anda, buatlah secara berkala dan tidak terus menerus agar tidak dianggap spam. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung dan juga subscribe ke channel anda.

Nah Demikianlah beberapa Cara Optimasi SEO Youtube Terbaru yang bisa anda lakukan agar channel youtube kebanjiran pengunjung. Perlu anda ingat bahwa selain cara diatas, masih banyak hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung, namun hal diatas sangat direkomendasikan untuk di lakukan.

Untuk beberapa channel besar, sudah tidak perlu menggunakan langkah-langkah diatas karena memang mereka telah memiliki visitor yang tertarget dan pengunjung tetap. beberapa channel yang sudah memiliki subscribe jutaan ketika saya perhatikan walaupun menggunakan judul yang amburadur tapi tetap kelimpahan penonton. Hal tersebut karena memang channel tersebut sudah populer dan juga memiliki pengunjung tetap.

Baca Juga  Sistem Pembayaran Facebook Ad Break Tidak Perlu Adsense

Orang-orang juga mencari:

cara seo youtube 2018

aplikasi seo youtube

cara riset keyword youtube

belajar seo youtube pdf

cara mencari tag youtube

strategi seo youtube

cara memaksimalkan channel youtube

cara optimasi channel youtube 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *