Jenis-jenis Phobia dan Cara Mengatasinya

Apa itu Phobia (Fobia)?

Phobia merupakan sebuah gejala ketakutan secara berlebihan terhadap suatu benda, lokasi maupun situasi yang sebenarnya tidak berbahaya. Phobia dapat sangat berdampak buruk bagi psikologis seseorang karena dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bekerja, ataupun berinteraksi dalam suatu lingkungan karena adanya suatu objek yang ditakuti secara berlebihan.

Tanda-tanda seseorang mengalami phobia adalah jantung berdebar dengan sangat kencang, sesak, berkeringat dan bahkan dapat menyebabkan seseorang pingsan. Apabila anda mengalami gejala phobia sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter karena phobia akan sangat mengganggu aktifitas anda sehari-hari.

Jenis-jenis Phobia

Ada berbagai macam phobia atau ketakutan secara berlebihan yang dialami oleh seseorang, dan bahkan ketakutan-ketakutan tersebut dianggap tidak masuk akal karena sifatnya tidak membahayakan seperti takut pada khalayak ramai, takut terhadap badut, takut terhadap hewan tertentu dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa phobia yang sering dialami oleh seseorang:

  1. Enochlophobia. Enochlophobia merupakan sebuah ketakutan secara berlebihan terhadap khalayak ramai. Orang-orang yang mengalami phobia ini cenderung akan menghindari keramaian dan lebih memilih tempat yang sunyi karena menurutnya tempat yang sunyi merupakan tempat yang pas untuk dirinya. Jadi jika anda menemukan seseorang dengan ciri-ciri seperti ini bisa jadi orang tersebut mengidap phobia ini.
  2. Aerophobia. Aerophobia merupakan sebuah gejala ketakutan secara berlebihan ketika hendak menaiki pesawat terbang. Seseorang yang mengidap phobia ini akan menghindari untuk menggunakan transportasi udara karena dalam pikirannya sudah tertanam hal-hal negatif yang dapat terjadi ketika menaiki pesawat terbang.
  3. Pocrescophobia. Pocrescophobia merupakan sebuah gejala ketakutan secara berlebihan terhadap berat badan yang naik. Mungkin anda berfikir lucu ketika mengetahui phobia ini, tapi begai beberapa orang (khususnya perempuan) yang tetap menjaga keindahan tubuhnya, phobia ini sangatlah menakutkan.
  4. Bathophobia. Bathophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap air yang dalam. Seseorang yang mengalami phobia ini akan cenderung menghindari daerah-daerah dengan perairan yang dalam karena dalam fikirannya sudah terstigma bahwa ada sesuatu dalam air yang dalam tersebut entah itu monster, hewan buas dan lain sebagainya.
  5. Ophidiophobia. Ophidiophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap hewat melata terlebih ular. Seseorang yang mengalami phobia ini akan merasa jijik dan geli ketika melihat ular.
  6. Traumatophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap kulit yang luka.
  7. Nyctophobia Merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap sebuah ruangan atau suasana yang gelap gulita
  8. Astraphobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap suara kilat atau guruh
  9. Coulrophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap badut
  10. Acrophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap ketinggian
  11. Hemophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap darah
  12. Pediophobia merupakan ketakutan secara berlebihan terhadap Patung

Cara Mengatasi Phobia

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi phobia yang anda alami. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi phobia:

  1. Belajar menghadapi ketakutan. Cara ini cukup efektif untuk anda lakukan misalnya anda sangat takut dengan lintah entah karena jijik ataupun karena geli, usahakan anda memberanikan diri menyentuh lintah tersebut
  2. Menstimulus fikiran bahwa objek yang ditakuti sebenarnya tidak berbahaya
  3. Konsultasi dengan dokter

Demikianlah beberapa ketakutan secara berlebihan atau phobia yang dialami oleh seseorang. Mungkin menurut anda lucu namun bagi beberapa orang hal-hal diatas sangat ditakuti dan dianggap berbahaya entah karena adanya pengalaman masa lalu ataupun karena stimulus dari luar sehingga orang tersebut mengalami ketakutan secara berlebihan.

Orang-orang juga mencari:

cara menghilangkan phobia ulat

cara menghilangkan phobia trypophobia

cara menghilangkan phobia cicak

cara mengatasi phobia kamera

fobia adalah

cara menghilangkan phobia kecoa

cara mengatasi phobia petasan

cara menghilangkan phobia darah

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *