Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Spread the love

Sejak dahulu kunyit dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia. Ramuan tradisional tersebut telah diturunkan secara turun temurun bahkan sampai sekarang, kunyit masih di percaya mampu mengobati berbagai macam penyakit hal tersebut dibuktikan dengan berbagai macam penelitian yang dilakukan oleh para pakar di bidang medis. Nah pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan beberpa khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan

Khasiat kunyit dan madu

  • Kanker payudara
  • Kanker leher rahim
  • Kanker otak
  • Tumor
  • Amandel
  • Radang tenggorokan dll

Meski dianggap sepele, namun kenyataannya penyakit maag dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang dialami oleh penderita maag biasanya adalah nyeri di ulu hati, perut yang terasa perih dan kembung, hingga muntah. Biasanya saat maag kambuh, penderita akan mengonsumsi obat pereda rasa sakit berdasarkan resep dokter. Padahal, untuk mengobati penyakit tersebut,

ada bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengurangi sakit maag, salah satunya adalah kunyit putih. Menurut Dr. Nurfida di kutip dari jitunews, ahli tanaman kunyit dari Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada, kunyit putih mengandung zat antiinflamasi atau zat antiradang sehingga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit maag.

Sebenarnya bukan hanya kunyit putih saja yang bisa menyembuhkan penyakit maag, tetapi kunyit biasa atau kunyit kuning pun bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag. hal tersebut dikarenakan “Zat dalam kunyit putih maupun kunyit kuning sama-sama memiliki zat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri pada perut ketika maag,” tutur Dr. Nurfida.

Beberapa senyawa yang terkandung dalam kunyit memiliki efek protektif (perlindungan) terhadap saluran pencernaan. Sudah ada penelitian dengan tikus dan kelinci sebagai hewan percobaan yang digunakan untuk menunjukkan bahwa kunyit dapat menghambat pembentukan luka pada lambung

Baca Juga  Manfaat Daun Kemangi Mampu Meredakan Gatal Pada Kulit

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3% pada kelinci dan 24,4% pada tikus. Menurut dr. Zizi Tamara, M.Si, herbalis, rimpang kunyit putih memiliki rasa yang agak pahit, sedikit pedas, dan bersifat menghangatkan. Kunyit putih aman untuk dijadikan sebagai obat karena sama sekali tidak mengandung racun.

Kandungan utama dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid, berupa campuran kurkumin, desmetoksikurkumin, dan bidesmetoksikurkumin. Simplisia rimpang kunyit juga mengandung minyak atsiri (sekitar 3-5%), berupa seskuiterpen keton (sekitar 60%) seperti artumeron, zingiberen, ß-atlanton, felandren, eugenol, dan borneol. Kandungan lainnya adalah polisakarida seperti glikan.

Cara membuat minuman madu & bubuk kunyit :

Tuangkan Air hangat 300cc ke sebuah gelas , beri bubuk kunyit / kunir 3 sendok teh lalu kasih madu 3 sdm aduk rata. Rasa kunyit putih agak pahit, dapat dinetralisir dengan mencampurkan dengan 1-2 sendok makan madu murni. Madu murni dapat bekerja untuk menenangkan lapisan lambung dan juga memiliki sifat anti bakteri. Tidak hanya itu, madu murni juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi lambung dan saluran cerna dari berbagai kuman berbahaya.

Sebaiknya, minum air rebusan kunyit setiap dua kali sehari yaitu pada saat makan pagi dan sebelum tidur malam hari. Minumlah ramuan herbal kunyit dan madu murni ini sampai penyakit maag hilang. Bubuk kunyit dan madu ini pun aman untuk dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa.

Selain mengobati maag, beberapa penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan kunyit insya Allah seperti :

  • Mengobati segala Kanker 
  • Mengobati sendi kronis
  • Mengobati Leukimia
  • Mencegah Alzaimer
  • Mencegah Depresi
  • Mnegobati Diabetes 
  • Mengobati Keputihan 
  • Memperlancar haid
  • Mengobati amandel 
  • Memperlancar ASI
  • Mengobati sembelit

Banyak sekali bukan khasiat dan manfaat dari kunyit. Untuk itulah demi tetap menjaga kesehatan, tetap rutinlah mengonsumsi kunyit untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya di dalam tubuh maupun mengobati segala bentuk penyakit.

Baca Juga  Panduan Budidaya Tanaman Stroberi di Halaman Rumah

Demikianlah ulasan saya mengenai khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan. semoga bisa membantu, sekian dan terima kasih.

Sumber: Perbanyaklah Berzikir

Orang Juga mencari:

  1. manfaat kunyit secara umum
  2. 15 manfaat kunyit
  3. kegunaan kunyit
  4. manfaat minum kunyit untuk kecantikan
  5. manfaat kunyit putih
  6. khasiat kunyit dan madu
  7. manfaat kunyit merah
  8. manfaat kunyit untuk kesehatan rahim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *