Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Pada masa-masa kehamilan, wajib hukumnya bagi seorang ibu untuk tetap mengonsumsi makanan sehat penambah darah. Hal tersebut dikarenakan pada masa kehamilan tubuh ibu hamil akan memproduksi banyak sekali sel darah merah untuk kebutuhan sang ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan.

Apabila sang ibu hamil kekurangan nutrisi maka akan menyebabkan anemia dan hal tersebut sangat berdampak terhadap tubuh sang ibu dan juga bayi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut selain meminum suplemen penambah darah, Anda juga dapat menambah darah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki khasiat untuk penambah darah sebagai berikut :

Beberapa Makanan Penambah Darah Bagi Ibu Hamil

  1. Kacang Almond
    Sebenarnya secara umum, jenis kacang-kacangan sangat bagus bagi semua kalangan. Tapi bagi ibu hamil, zat besi pada kacang almond berfungsi sebagai penambah darah. Bukan hanya itu, kandungan potassiumnya juga dapat menstabilkan tekanan darah.
    Jadi setelah menghasilkan sel darah merah, almond juga menjaga tekanan darahnya. Selain itu, harga kacang almond di pasaran juga tidak terlalu mahal walaupun masih lebih mahal dari kacang lokal seperti mete/mede.
  2. Mangga
    Buah mangga adalah salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan zat besi. Nah, zat besi inilah yang baik bagi penambah darah. Ibu hamil juga akan memerlukan serat serta kalori dalam buah ini. Namun, tetaplah hati-hati untuk mengonsumsi mangga. Selalu pilih mangga yang masak di pohon, dan bukan karena diperam
  3. Daging Sapi
    Sudah diketahui secara umum bahwa daging sapi mengandung kalori dan kolesterol tinggi. Bagi ibu hamil, ada pula kandungan zat besi sebesar 2,6 gram dalam tiap 100 gram nya yang sangat bermanfaat.
    Zat ini sangat baik sebagai penambah darah. Namun jangan lupa, daging sapi harus dimasak sampai matang sebelum dimakan. Jangan sampai kuman-kuman yang ada di dalamnya belum benar-benar mati
  4. Kuning Telur
    Tak banyak orang yang tahu bahwa kandungan zat besi dalam kuning telur lebih tinggi daripada daging sapi. Ya, kandungannya mencapai 2,7 gram per 100 gram kuning telur.
    Karena itu, kuning telur tentu sangat baik bagi ibu hamil. Sebagai bahan makanan alami, kuning telur berfungsi sebagai penambah darah yang sangat aman dikonsumsi. Walaupun perlu hati-hati mengingat kadar kolesterolnya juga lumayan tinggi.
  5. Ubi
    Ubi juga mengandung zat besi bagi penambah darah. Selain itu, juga berfungsi menambah oksigen ke dalam darah. Bagi ibu hamil, pengonsumsiannya juga sangat aman.
    Apalagi ubi juga bisa menjadi pengganti nasi. Tak ketinggalan, sayur ubi atau daun singkong juga sangat tepat dikonsumsi sebagai penambah darah yang baik asalkan tetap ingat untuk merebusnya sampai matang. Dan juga mencucinya sampai bersih sebelum dimasak.

Demikianlah beberapa Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil. Sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan bagi seorang ibu hamil agar sepanjang masa-masa kehamilan tubuh sang ibu dan kondisi sang bayi dalam kandungan tetap sehat.

Orang-orang Juga Mencari:

makanan penambah darah untuk ibu hamil 8 bulan

minuman penambah darah untuk ibu hamil

susu penambah darah untuk ibu hamil

jus buah penambah darah

buah penambah hb untuk ibu hamil

makanan penambah darah untuk ibu menyusui

merk obat penambah darah untuk ibu hamil

obat penambah zat besi untuk ibu hamil

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *