Pengalaman Ngeblog Dari Nol Sampai Menghasilkan 1000 Visitor Perhari

rbtmdn

Halo mas bro dan mbak sis, semoga anda semua dalam keadaan sehat. Kali ini saya akan membagikan pengalaman ngeblog mulai dari nol sampai bisa menghasilkan 1000 visitor perhari dan juga pengalaman pribadi sebagai publisher google adsense. Tentunya semua itu melalui proses yang sangat panjang dan tidak mudah. Ada banyak tantangan yang saya hadapi mulai dari tantangan dari diri sendiri, kerabat, keluarga dan juga tantangan-tantangan seputar memahami platform blog dan juga media periklanan untuk blog.

Awal Mula Mengenal Dunia Blogger

Awal mula saya mengenal dunia blogger yakni pada saat masih kuliah semester akhir kira-kira awal bulan Desember tahun 2018. Waktu itu kampus mengadakan sebuah pelatihan editing dan pembuatan website pribadi yang bertujuan untuk bisnis, jualan online, menuangkan hobi menulis dan lain-lain. Mulai dari situ saya kemudian membuat sebuah blog pribadi menggunakan platform blogspot dan mengisi blog tersebut dengan tulisan-tulisan saya seputar teologi dan juga kajian-kajian saya tentang adat dan budaya.

Saat itu saya belum mengenal dunia periklanan seperti adsense sehingga blog pribadi yang saya kelola hanya untuk menuangkan hobi dalam hal menulis. Tapi selang beberapa waktu, saya bercerita dengan teman sekampus yang sudah sukses menjadi blogger dan bahkan membuka jasa SEO. Tidak tanggung-tanggung penghasilannya mencapai 40 juta satu bulan dari jasa SEO yang dikerjakannya juga mengelola beberapa website.

Dari situ saya kemudian mulai bersemangat untuk mengenal dan mendalami seputar dunia blogger dan juga SEO. Saya juga dituntun bagaimana menghasilkan uang dari tulsisan-tulisan saya di blog melalui google adsense dan juga mengikuti kontes-kontes SEO yang diselenggarakan. alhasil beberapa kali kami menang dari kontes SEO tersebut dan uangnya digunakan untuk membeli kebutuhan untuk ngeblog.

Baca Juga  Berapa lama Blog Bisa Menghasilkan Uang? | Berbagi Pengalaman

Saya juga pernah dipekerjakan oleh teman tadi untuk menulis di website pribadinya dan dibayar 1 juta perbulannya. Disitu saya tambah semangat karena ternyata dari ngeblog bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karena kegigihan tersebut, teman saya kemudian memberikan satu blognya yang tidak dikelola yakni indonesiaterpercaya.net yang sementara saya gunakan sekarang beserta dengan hostingnya. Akhirnya saya kemudian melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress WP-Admin.

Tantangan-tantangan dalam Ngeblog

Sebagai seorang pemula yang baru terjun ke dunia blogger tentu mengalami banyak kendala apalagi rana keilmuan atau basic saya adalah teologi bukannya programer. Saya kemudian diharuskan untuk memahami hal-hal seputar blogger mulai dari membaca dan memahami script HTML, CSS sampai belajar SEO secara autodidak. Hal tersebut tidaklah.

Namun memang dasarnya saya tidak mudah menyerah, setiap ada waktu luang saya belajar hal tersebut dari mbah google maupun video-video tutorial yang disediakan mbah youtube. Kurang lebih 4 bulan saya belajar dan puji Tuhan sekarang sudah sedikit memahami hal-hal tersebut dan bisa diimplementasikan dalam pengoptimasian blog pribadi.

Bukan hanya tantangan-tantangan itu yang saya hadapi, ada juga tantangan dari keluarga dan juga teman. Saya yang notabenenya anak pertama memiliki tanggung jawab di pundak sebagai tulang punggung keluarga. Setelah lulus kuliah saya mau fokus di duni blogger namun keluarga menuntut untuk mencari pekerjaan guna membiayai kebutuhan keluarga. Akhirnya disamping ngeblog, saya juga bekerja sebagai honorer di kementrian agama. Yah walaupun hasilnya hanya satu juta perbulan namun sangat saya syukuri untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun kebutuhan keluarga.

Baca Juga  Berapa lama Blog Bisa Menghasilkan Uang? | Berbagi Pengalaman

Disamping itu ada juga penghasilan dari kontes-kontes seo yang pernah saya ikuti untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tantangan yang paling berat adalah ketika teman ataupun keluarga menganggap remeh apa yang sedang dikerjakan. Saya beberapa kali mendapatkan penyataan-pernyataan yang sifatnya meremehkan karena fokus pada tujuan ini. Namun saya abaikan saja selama hal yang saya lakukan yakni ngeblog masih bersifat positif dan tidak merugikan orang lain.

Sebenarnya masih banyak tantangan yang saya hadapi namun tidak dapat saya paparkan satu persatu dan mungkin teman-teman yang membaca tulisan saya ini mungkin pernah mengalami apa yang pernah saya alami diatas. jadi kita senasib kalau bgtu. hehehe

Hal-hal yang Dilakukan Untuk Mendapatkan Visitor

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan visitor baik itu trafik organik, trafik sosial dan lain sebagainya. Saya secara pribadi untuk mendapatkan trafik organik, saya melakukan beberapa riset dan juga optimasi pada website dan artikel yang saya tulis seperti membuat tulisan SEO, memasang backlink dan lain sebagainya. Untuk mendapat visitor saya juga share ke media sosial seperti fanpage yang saya kelola yang sudah mendapat 40k like karena saya pelajari bagus juga trafik sosial. Situs-situs besar seperti tribun dan juga flimela dapat kejar trafik dari facebook dan memang cara tersebut sangat ampuh meningkankan trafik blog.

Dalam 4 bulan terakhir ngeblog akhirnya saya mendapatkan kurang lebih 1000 trafik murni dari google ditambah lagi trafik dari facebook, tentu saja akan membuat adsense menjadi gendut. heheh.

Bukan hanya dari situ kita bisa mendapatkan visitor. Dari media sosial lainnyapun bisa seperti instagram, youtube, twitter dan juga forum-forum seperti kaskus. Berkat semua usaha yang saya lakukan akhirnya blog yang saya kelola mulai dari nol sampai sekarang semakin ramping posisinya di google. Silahkan anda cek di alexa rank.

Baca Juga  Berapa lama Blog Bisa Menghasilkan Uang? | Berbagi Pengalaman

Berapa Penghasilan Dari Adsense Perhari?

Yah kalo berbicara masalah penghasilan sih gak menentu. Untuk saya seorang blogger pemula, dalam jangka 4 bulan mengelola blog pribadi puji Tuhan satu hari bisa dapat 30.000 rupiah dari google. Yah maklum lah CPC indonesia tergolong rendah apalagi untuk blog gado-gado seperti yang saya kelola sekarang. Yah palingan CPCnya main di 500-1000 rupiah. Tapi tetap harus disyukuri.

Nah mungkin cukup sekian pengalaman ngeblog dari saya kurang lebih 4 bulan. Sebagai seorang pemula saya masih harus terus belajar. Buat teman-teman yang sementara berjuang kayak saya, jangan pernah menyerah apapun tantangan yang di hadapi. Yakin pasti kita semua dapat menikmati jerih payah yang kita lakukan. hehe gass terussss dan jangan lupa ketika kurang inspirasi kopinya di seruput dulu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *