Wajib Baca, Dampak Negatif Kecanduan Bermain Game Online

Dampak Negatif Kecanduan Bermain Game Online, Saat ini, game online merupakan salah satu hiburan yang paling digemari mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Ada berbagai macam game online yang sedang populer saat ini seperti mobile legend, AOV, free fire, PUBG dan berbagai macam game online lainnya dengan berbagai macam gendre.

Dampak game online

Tak jarang, karena memainkan game online tersebut membuat seseorang sampai lupa waktu sehingga membuat berbagai macam kegiatan dan tugas-tugas entah itu tugas di rumah, tugas sekolah, tugas kuliah, pekerjaan di kantor menjadi terbengkalai. Kecanduan bermain game online bisa termasuk dalam NERKOLEMA atau narkotika lewat mata dimana efek yang ditimbulkan dari bermain game adalah kecanduan sehingga dapat mempengaruhi tingkat fokus dan kemampuan berfikir pada otak,

Lebih buruknya lagi, game online ini kebanyakan dimainkan oleh anak-anak. pakar pendidikan lulusan Universitas Harvard dan Yale dari Amerika, yang juga menulis buku Digital Game-Based Learning, menyebutkan bahwa anak-anak berusia 14 tahun ke bawah sebagai ”digital natives” atau ”penduduk asli” yang menghuni dunia digital pada saat ini. Menurut penelitian yang dilakukan di Seattle Children’s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009) yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics menyebutkan bahwa kecanduan bermain game online pada anak dapat mengganggru proses perkembangan dan pertumbuhan pada anak (www.parenting.co.id).

Dampak Negatif Kecanduan Bermain Game Online

Secara umum, berikut ini beberapa penyakit yang ditimbulkan dari kebanyakan bermain game online:

  1. Gangguan pada otak (menurunnya konsentrasi belajar, daya ingat menurun, penyusutan pada otak, halusinasi secara berlebihan, Kelainan neurotransmitter dopamine, respon otak menjadi lambat, vertigo dan lain-lain.
  2. Gangguan psikologis (berperilaku aneh, frustasi berlebihan, mudah cemas, sangat sulit diatur, sulit mengontrol emosi, susah tidur, cenderung agresif, sulit dalam bersosialisasi, komunikasi dengan dunia luar menjadi terhambat, dan lain sebagainya.
  3. Gangguan pada tubuh (mata menjadi merah sehingga besar kemungkinan memicu kerusakan pada mata, gangguan pada telinga seperti telinga berdengung dan pendengaran terganggu akibat menggunakan headset saat bermain game, dan juga gangguan pada organ dalam tubuh

Untuk anda yang sudah ketagihan dan kecanduan dalam bermain game, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau melakukan terapi agar dampak dari kecanduan bermain game dapat diminimalisir. Saya rasa cukup sekian ulasan saya mengenai Dampak Negatif Kecanduan Bermain Game Online, semoga bermanfaat. sekian dan terima kasih

Loading...

3 Comments

Add a Comment
  1. Gua gak percaya

  2. Lalu kenapa anak sekolah sekarang seakan diajak main game…di free fire sekarang sudah terbuka pendaftaran untuk anak sekolah memperebutkan piala menpora?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *