Berikut ini Ciri-ciri dan Alasan Guru Disebut Profesi

Alasan Guru Disebut Profesi, Profesi adalah pekerjaan namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Profesi mempunyai karakteriktik tersendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Daftar karakteristik ini tidak memuan semua karakteritik yang pernah diterapkan pada profesi, juga tidak semua ciri ini berlaku dalam setiap profesi. Karakteristik atau ciri-ciri itu adalah:

  1. Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoritis: profesional diasumsikan mempunyai pengetahuan teoritis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang bedasar pada pengetahuan tersebut dan bisa diterapkan dalam praktik.
  2. Asosiasi profesional: Profesi biasanyaa memiliki badan yang diorganisasi oleh para anggotanya, yang dimaksudkan untuk meningkatkan status para anggotanya. Organisasi profesi tersebut biasanya memiliki persyaratan khusus untuk menjadi anggotanya.
  3. Pendidikan yang ekstensif: profesi yang prestisius biasanya memerlukan ­pendidikan yang lama dalam jenjang pendidikan tinggi.
  4. Ujian kompetensi: sebelum memasuki organisasi profesional, biasanya ada persyaratan untuk lulus dari suatu tes yang menguji terutama pengetahuan teoritis.
  5. Pelatihan institutional: selain ujian, juga biasanya dipersyaratkan untuk mengikuti pelatihan institutional dimana calon profesional mendapatkan pengalaman praktis sebelum menjadi anggota penuh organisasi. Peningkatan keterampilan melalui pengembangan profesional juga dipersyaratkan.
  6. Lisensi: profesi menetapkan syarat pendaftaran dan proses sertivikasi sehingga hanya mereka yang memiliki lisensi dianggap bisa dipercaya.
  7. Otonomi kerja: profesional cenderung mengendalikan kerja dan pengetahuan teoritis mereka agar terhindar dari adanya investasi dari luar.
  8. Kode etik: organisasi profesi biasanya memiliki kode etik bagi para anggotanya dan prosedur pendisiplinan bagi mereka yang melanggar aturan.
  9. Mengatur diri: organisasi profesi harus bisa mengatur organisasinya sendiri tanpa campur tangan pemerintah. Profesional diatur oleh mereka yang lebih senior, praktisi yang dihormati, atau mereka yang berkualifikasi paling tinggi.
  10. Layanan publik dan altruisme: diperolehnya penghasilan dari kerja profesinya dapat dipertahankan selama berkaitan dengan kebutuhan publik, seperti layanan dokter berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat.
  11. Status dan imbalan yang tinggi: profesi yang paling sukses akan meraih status yang paling tinggi, prestise, dan imbalan yang layak bagi para anggotanya. Hal tersebut bisa dianggap sebagai pengakuan terhadap layanan yang mereka berikan bagi masyarakat.

Guru disebut sebagai sebuah profesi karena menjadi seorang guru dituntut suatu keahlian tertentu (mengajar, mengelola kelas, merancang pengajaran) dan dari pekerjaan ini seorang guru dapat memiliki nafkah bagi kehidupan selanjutnya. itulah Alasan Guru Disebut Profesi:

  • profesi itu memiliki fungsi dan signifikansi sosial bagi masyarakat. Guru memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak generasi muda bangsa;
  • profesi menuntut keterampilan tertentu yang diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan yang cukup yang dilakukan oleh lembaga pendidikan yang akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan;
  • profesi didukung oleh suatu disiplin ilmu tertentu (systematic body of knowladge);
  • ada kode etik yang dijadikan suatu pedoman perilaku anggota beserta sangsi yang jelas da tegas terhadap pelanggar kode etik tersebut. Pengawasan terhadap penegakan kode etik dilakukan oleh organisasi profesi yang bersangkutan;
  • sebagai konsekuensi dari layanan dan prestasi yang diberikan kepada masyarakat, maka anggota profesi secara perorangan/ kelompok memberikan imbalan finansial/ material.

Jika kelima ciri/ karakteristik profesi tersebut diterapkan kepada pekerjaan guru, maka tampak jelas bahwa guru memiliki kelima karakteristik tersebut dan merupakan Alasan Guru Disebut Profesi

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *