Makna Clerical Collar Yang Biasa Di Pakai Pendeta

Mungkin anda sering melihat seorang Pelayan Tuhan dalam hal ini pendeta menggunakan sebuah lempengan plastik putih yang diselipkan didepan kerah busana jabatan mereka. Mungkin selama ini anda mengenal lempengan plastik putih tersebut dengan istilah collar atau clerical collar namun tahukah anda ternyata lempeng putih tersebut tidak sembarang digunakan karena memiliki makna yang sangat dalam dan juga dalam simbol tersebut mengandung tugas yang sangat luar biasa yang harus dipikul di pundak seorang pendeta.

Istilah collar dalam bahasa Inggris dan jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dapat bermakna: kb. 1 kerah. 2 ban leher (anjing dan kuda). -kkt. 1 Inf.: menahan. 2 menangkap. c. stud kancing leher.

Collar biasanya diandaikan dengan kalung leher pada binatang yang memiliki makna kepemilikan pada tuannya. Selain makna tersebut, terdapat juga makna lain yakni collar diandaikan sebagai “kuk”, yaitu kayu lengkung yang dipasang di tengkuk kerbau atau lembu yang berfungsi untuk menarik bajak atau pedati. Fungsi dari kuk ini membuat binatang menjadi patuh kepada perintah dan kendali tuannya (Matius 11:29).

Dengan demikian collar melambangkan kepemilikan juga kendali Kristus atas kehidupan para pekerjaNya dalam hal ini pendeta dan juga gerejaNya. Collar yang digunakan pendeta melambangkan ketaatan, kepatuhan dan penyerahan diri secara penuh seorang pendeta dan gereja kepada Kristus.

Oleh karena itu, seharusnya seorang pendeta yang notabene seorang yang taat, patuh dan sudah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Kristus harus menyuarakan kebenaran tanpa adanya kompromi, tanpa distorsi, apapun resiko yang hendak ditanggung dari pemberitaan tersebut. Pendeta haruslah menjadi hamba Kristus bukan hamba dunia terlebih hamba jemaat.

Baca Juga  Menikah Bukan Tentang Siapa Cepat Dia Dapat Melainkan Janji dan Kebersamaan Sampai Akhir Hayat

1 Comment

Add a Comment
  1. Penjelasan yg konkrit tentang collar pada baju seorang pendeta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *