5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung – indonesia terpercayaKegiatan mendaki gunung menjadi hal yang banyak diminati oleh berbagai kalangan belakangan ini. Menikmati keindahan alam menjadikan kegiatan mendaki gunung menjadi salah satu hobi yang berkembang saat ini dan tidak tanggung-tanggung seseorang yang memiliki hobi mendaki gunung akan mendedikasikan hidupnya untuk mendaki dan menaklukkan setiap ketinggian puncak gunung yang ada.

Walaupun demikian, sebagai seorang pendaki tentu saja harus mengetahui dan mematuhi beberapa hal ketika mendaki gunung. Seorang pendaki mengibaratkan dirinya sebagai orang yang sedang bertamu ke rumah orang lain, ketika kita mendaki gunung berarti status kita menjadi tamu di gunung tersebut.

Saat kita bertamu pasti ada aturan-aturan yang sifatnya tidak tertulis namun harus kita lakukan sebagai seorang tamu.Aturan-aturan tidak tertulis tersebut dapat berupa tata krama dan berbagai macam pantangan-pantangan yang berkembang dalam masyarakat mengenai gunung tersebut. Konsekuensi jika kita tidak menuruti aturan yang ada dapat berupa sangsi sosial maupun sangsi alam.

Bagi seseorang yang sudah banyak kali mendaki gunung, tentu saja beberapa hal ini sudah diketahui dan bukan menjadi rahasia lagi, tetapi untuk seseorang yang baru menginjakkan kakinya di gunung, Berikut ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung yang penting untuk kamu ketahui:

  •  Menantang Alam
    Salah satu kesalahan yang paling fatal bagi seorang pendaki adalah ketika dia bersikap sombong dan merasa bisa menaklukkan alam dan tidak menutup kemungkinan meremehkannya. Hal ini merupakan perilaku yang buruk dan konon katanya jika kita meremehkan alam maka ada banyak hambatan yang terjadi dalam perjalanan kita menuju ke puncak gunung begitupun sebaliknya seperti tersesat dan fisik menjadi drop.
  • Merusak Alam Yang Ada
    Hal selanjutnya yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pendaki adalah merusak alam yang ada. Pantangan ini juga harus dipatuhi demi keselamatan pendaki dan juga keselamatan alam. Kebanyakan pendaki masih saja tidak peduli dengan alam yang ada digunung seperti membuang sampah sembarangan, memetik bunga, menebang pohon, melakukan tindakan vandalisme hingga membunuh hewan yang ada di gunung tersebut.
  • Jangan Meninggalkan Teman Jauh di Belakang
    Ketika mendaki gunung, salah satu hal yang harus diperhatikan seorang pendaki adalah tidak terpisah dari rombongan atau meninggalkan teman satu rombongan mengingat setiap orang memiliki stamina yang berbeda. Beberapa laporan orang meninggal dan hilang digunung dikarenakan terpisah dari rombongan karena teman sependakiannya tidak solid dan kompak.
  • Jangan Mencoba Membuat Jalur Baru dan Mengubah Tanda Jalur Pendakian
    Hal yang paling sembrono yang biasa dilakukan seorang pendaki adalah mencoba-coba mencari jalan pintas dan membuat jalur baru yang bisa saja membatnya tersesat dan membahayakan nyawanya. Selain itu jangan pernah berbuat bodoh dan iseng dengan mengubah tanda jalur pendakian yang dapat membahayakan pendaki lainnya dan membuat pendaki lainnya tersesat. Jika ada orang yang hendak berbuat iseng seperti itu lebih baik diingatkan dan ditegur.
  • Bercerita Hal-hal Aneh di Gunung
    Jika kamu mengalami hal-hal yang aneh digunung yang sifatnya diluar logika maka jangan ceritakan digunung, simpan saja cerita tersebut dan ceritakan ketika kamu sudah turun dari gunung. Jangan sampai melalui cerita tersebut teman-teman sependakian kamu menjadi takut dan panik sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
    DIsamping itu, beberapa gunung memiliki berbagai macam kisah mistis yang berkembang dalam masyarakat, usahakanlah ketika melakukan proses pendakian untuk tetap mematuhi tata krama yang berkembang tersebut seperti jangan mengucapkan kata kotor, jangan kencing sembarangan, jangan sembarangan memetik bunga dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung yang perlu anda perhatikan ketika mendaki gunung. Semoga ulasan saya kali ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Updated: 17 Juli 2019 — 12:02 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *