Cara Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Plugin

Cara Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Plugin – Indonesia Terpercaya, Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tabel di blog yang anda kelola terutama untuk anda yang menggunakan platform wordpress. Anda bisa membuat tabel tersebut tanpa menggunakan plugin ataupun menggunakan plugin pembuat tabel.

Tabel biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu informasi dengan lebih singkat tanpa harus menggunakan kata-kata yang bertele-tele. Membuat tabel dalam blog akan membantu anda untuk menjelaskan kepada pembaca maksud yang hendak disampaikan entah itu nama ataupun bilangan yang dibuat dan tersusun rapi dalam bentuk kolom dan baris. Disamping itu, penggunaan kolom akan semakin memperindah tulisan anda sendiri.

Namun di beberapa kasus seperti yang saya alami, Ketika halaman untuk menulis artikel bukan dalam bentuk clasik, icon tabel masih muncul di menu tempat kita membuat artikel, tetapi ketika halaman untuk menulis artikel dalam bentuk clasik maka icon tabel tersebut kemudian hilang. Jika anda menggunakan plugin Yoast SEO maka anda bisa langsung membuat tabel melalui icon tersebut namun jika tidak ada icon tersebut, cara lain yang bisa anda lakukan adalah membuat tabel menggunakan plugin.

Cara Membuat Tabel di WordPress

Berikut ini saya akan mencoba menguraikan bagaimana Cara Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Plugin dengan mudah. Jadi silahkan ikuti langkah-langkahnya sampai tuntas yah guys.

  • Pertama-tama silahkan anda instal dan aktifkan terlebih dahulu plugin yang akan digunakan untuk membuat tabel. Sebenarnya ada banyak plugin untuk membuat tabel salah satunya adalah TablePress. Keunggulan dari tabel ini adalah responsive di blog kita dan juga sangat mudah digunakan.

  • Jika sudah mengaktifkan plugin tersebut, di menu samping kiri dasbor wordpress anda, silahkan pilih TablePress untuk membuat tabel di postingan anda nantinya.

  • Jika anda perhatikan, di TablePress tersebut ada 4 sub menu yakni
    • All Tables digunakan untuk melihat keseluruhan tabel yang telah anda buat
    • Add New digunakan untuk membuat tabel
    • Import digunakan untuk mengimpor tabel ke dalam TablePress
    • Export digunakan untuk mengekspor tabel yang telah dibuat di dalam TablePress

  • Karena kita akan membuat tabel maka silahkan pilih Add New di submenu tersebut dan atur berapa kolom dan ruas tabel yang hendak anda buat. Jangan lupa isi nama tabel dan juga deskripsi tabel tersebut. Jika sudah silahkan Add Table

  • selanjutnya silahkan isi tabel tersebut sesuai dengan keinginan dan apa yang hendak anda buatkan tabel di Table Content. Jika selesai mengisi semuanya silahlan pilih dan klik Preview untuk melihat hasilnya atau Save Change untuk menyimpan pengaturan tersebut

  • Untuk memasukkan tabel yang telah dibuat tadi kedalam artikel yang sedang anda buat, silahkan buka artikel yang sementara anda tulis kemudian klik icon Insert a Table from TablePress

  • Selanjutnya silahkan anda pilih tabel yang telah anda buat tadi kemudian klik Insert Shortcode

  • Kemudian lihat hasilnya di preview. Tabel anda telah berhasil dibuat.

Bagaimana cukup mudah bukan? Silahkan anda praktekkan langsung yah guys. Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Plugin dan semoga ulasan saya kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *