Khasiat dan Manfaat Bunga Kertas (Bunga Bougenville)

Tidak jarang orang yang tau khasiat Tanaman ini disekeliling kita. Ada berbagai macam tumbuhan disekeliling kita yang ternyata memiliki khasiat dan manfaat untuk tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit salah satunya bunga kertas. Bunga kertas atau yang populer juga dengan nama bunga bouganville merupakan tanaman hias yang populer dan sangat mudah dijumpai bahkan sangat mudah tumbuh di pekarangan rumah.

Khasiat dan Manfaat Bunga Kertas (Bunga Bougenville)

Selain tanaman hias, ternyata bunga ini memiliki manfaat dan khasiat yang unik, yaitu sebagai bahan alami untuk pengobatan dan kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa khasiat dan manfaat bunga kertas untuk kesehatan yang penting untuk anda ketahui:

  • Mengobati Penyakit Hepatitis.
    Ternyata bunga kertas sangat ampuh digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis merupakan peradangan pada hati akibat virus hepatitis. Ada 5 jenis virus hepatitis yang dikenal sampai saat ini yakni A,B,C,D dan E dan virus tersebut mempunyai karakteristik tersendiri. Untuk mengobati penyakit hepatitis menggunakan bunga kertas, caranya adalah sebagai berikut: Ambi|15 gram bunga kertas, Ialu direbus dengan 400 ml air hingga tersisa 200 ml, air disaring Ialu diminum hangat-hangat.
  • Menogabti kencing nanah.
  • Mengobati penyakit bisul
    Penyakit bisul merupakan penyakit  yang ditandai dengan benjolan yang muncul pada kulit dan terasa sakit serta biasanya berisi nanah.  Bagian tubuh yang paling sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Cara mengobati bisul menggunakan bunga kertas yakni: Ambil bunga kertas dan daun cocor bebek secukupnya kemudian Haluskan kedua bahan tersebut dan tempelkan pada bisul.
  • Mengobati penyakit keputihan
    Keputihan biasanya disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Parasit ini membuat keputihan biasanya berwarna kuning atau kehijauan, berbusa serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cara penggunaan tanaman ini untuk mengobati keputihan adalah: Sediakan 15 gram bunga kertas, lalu direbus dengan 400 ml air hingga tersisa 200 ml, saring dan minum.
  • Mengatasi haid tidak teratur
    Ada banyak faktor yang menyebabkan haid tidak teratur pada seorang perempuan. Cara mengatasi haid yang tidak teratur menggunakan bunga kertas adalah: ambil 9-15 gram bunga kertas den 15 gram umbi rumput teki, kemudian direbus dengan 400 ml hingga menjadi 200 ml, disaring dan minum airnya selagi hangat.
  • Sebagai penyegar badan
    Tumbuhan ini juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa sebagai bahan penyegar badan setelah lelah beraktifitas. Caranya adalah ambi|10 gram bunga kertas, lalu direbus dengan 3 gelas air, direbus sampai mendidih selama 15 menit, kemudian airnya diminum pada pagi dan siang hari.
  • obat penyakit disentri.
  • Meringankan rasa sakit pada puting payudara.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat bunga kertas atau bouganville untuk kesehatan yang bisa anda coba. Semoga ulasan saya kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *