Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengolahnya – Indonesia Terpercaya, Siapa sih yang tidak kenal dengan tumbuhan pegagan? Tumbuhan yang hidup di berbagai macam tempat ini ternyata mempunyai sejuta manfaat untuk tubuh. Tumbuhan Pegagan atau nama latinnya Centella asiatica mampu hidup di berbagai macam situasi dan biasanya juga masih dapat tumbuh ketika dihimpit oleh berbagai macam rumput liar.

Sejak dahulu kala, tumbuhan ini sudah dikenal dan digunakan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh. Selain itu, Tumbuhan pegagan biasanya diolah sebagai sayur.

Adapun di berbagai daerah di Indonesia, ada yang menyebut tumbuhan ini lemek, julukap, gotu kola namun yang paling lasim adalah pegagan. Berikut ini beberapa Khasiat dan Manfaat Daun Pegagan serta Cara Mengolahnya menjadi ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh:

  • Infeksi Saluran Kencing
    Untuk mrngolah tumbuhan ini menjadi ramuan untuk mengobati infeksi saluran kencing adalah siapkan 30 gram daun pegagan yang masih segar kemudian direbus dengan air cucian beras. Ketika hendak merebus tumbuhan ini, usahakanlah menggunakan air cucian beras yang ke dua. Setelah direbus, silahkan minum rebusan tersebut.
  • Demam
    Daun pegagan ternyata mempunyai khasiat yang sangat mumpuni untuk meredahkan demam seseorang. Caranya adalah siapkan daun pegagan yang masih segar kemudian ditumbuk dan ditambahkan sedikit air dan garam. Sesudah itu silahkan peras dan tapis kemudian minum pagi-pagi sebelum sarapan.
  • Darah Tinggi
    Untuk anda yang terkena serangan darah tinggi, daun pegagan bisa menjadi salah satu ramuan yang patut anda coba untuk mencegah dan mengobati darah tinggi. Caranya adalah siapkan 20 helai daun pegagan yang masih segar kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih. Rebus sampai airnya menjadi 3/4 kemudian dinginkan dan minum rebusan tersebut. Dalam sehari bisa diminum 3×3/4 gelas.
  • Meredahkan Nyeri Haid
    Daun pegagan ternyata memiliki khasiat untuk meredahkan nyeri karena datang bulan dan ketika saya sedang haid, saya menggunakan tumbuhan ini untuk meredahkan nyeri karena datang bulan. Caranya siapkan 20 lembar daun pegagan kemudian rebus menggunakan 2 gelas air bersih. Rebus hingga menjadi 1 gelas kemudian minum selagi hangat.
  • Bisul
    Untuk anda yang terkena bisul, daun pegagan bisa menjadi ramuan untuk meredahkan bisul tersebut. Caranya siapkan 30-60 gram daun pegagan yang masih segar kemudian rebus dan minum hasil rebusan tersebut. Bisa juga ambil daun pegagan yang masih segar kemudian cuci bersih dan lumat kemudian tempelkan di bagian tubuh yang sakit.

Demikianlah beberapa Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengolahnya yang bisa anda coba di rumah untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh. Semoga ulasan saya ini dapat bermanfaat untuk anda dan jika memang dirasa bermanfaat silahkan bagikan kepada teman dan keluarga anda agar makin banyak yang merasakan khasiat dan manfaat tumbuhan ini. Sekian dan terima kasih.

1 Comment

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *