3 Cara Melihat Pengunjung Real (Visitor) di Blog

Cara Melihat Pengunjung Real (Visitor) di Blog – Indonesia Terpercaya, Melihat dan mengecek statistic pengunjung di blog merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh seorang blogger guna mengetahui pengunjug real maupun apakah blog tersebut mengalami peningkatan, penurunan ataupun stagnan alias tidak berkembang.

Untuk meningkatkan pengunjung di blog, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung di blog seperti optimasi SEO on Page maupun Off Page, rajin melakukan promosi, menyebarkan link baik itu di sosial media maupun forum-forum, menanam backlink di situs milik orang lain dan lain sebagainya.

Bagi seorang blogger pemul ataupun yang sudah lama terjun dalam dunia blogger biasanya masih dikacaukan dan tidak dapat membedakan antara visitor dengan page view padahal keduanya berbeda. Ada yang beranggapan bahwa page view adalah visitor itu sendiri sehingga ketika page view di blog besar maka dia menganggap bahwa itu sudah visitor blog.

Page view merupakan jumlah halaman yang tampil dan dilihat oleh pengunjung blog baik itu robot maupun manusia. Jika anda sering kali melihat tampilan blog anda maka itu sudah termasuk dalam page view dan biasanya platform seperti blogspot akan menampilkannya di statistic blog. Page view juga dilihat dari setiap orang yang mengunjungi blog anda kemudian membuka dan melihat beberapa artikel yang ada di blog anda, jadi visitor adalah orangnya dan visitor yang mengunjungi blog anda kemudian membuka artikel lain di blog anda akan dihitung sebagai page view.

Nah buat anda yang penasaran bagaimana Cara Melihat Pengunjung Real (Visitor) di Blog berikut ini saya akan papakarkan lengkap untuk anda.

Google Analytics

Untuk melihat pengunjung real atau visitor di blog yang anda kelola, anda bisa melihatnya melalui google analytics. Google analytics merupakan sebuah tools yang memang sudah disiapkan oleh google untuk melihat pengunjung real di blog kita. Google analytics akan selalu mengupdate datanya setiap saat sehingga anda dapat melihat pengunjung real dalam blog yang sementara anda kelola seperti mengetahui audiens, akusisi dan juga perilaku.

Saya rasa menghubungkan blog ke google analytics merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh seorang blogger baik itu blogger pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger. ketika blog sudah ditautkan dengan google analytics anda dimungkinkan untuk bisa mengecek pengunjung setiap waktu baik melalui aplikasi google analytics yang diinstal di android maupun melalui PC.

Nah buat anda yang belum menghubungkan blognya ke google analytics, berikut ini saya akan berikan panduan lengkapnya. Silahkan anda klik link di bawah ini:

Baca Juga: Cara Menghubungkan Blog ke Google Analytics

Histats

Histats hampir sama dengan google analytics dimana melalui widget ini anda juga dapat melihat pengunjung real dalam blog yang anda kelola setiap waktu. Histats memungkinkan anda melihat secara detail berapa user yang sementara online maupun ringkasan pengunjung dalam blog anda.

Untuk bisa menggunakan widget ini, pertama-tama anda perlu melakukan pendaftaran website Histats. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda kunjungi situsnya Histats
  • Selanjutnya silahkan anda daftarkan blog anda ke histats dengan syarat anda harus memiliki E-mail aktif.
  • Jika sudah mendaftar, silahkan buka email anda dan konfirmasi untuk mengaktifkan akun Histats anda.
  • Selanjutnya dapatkan kode tracking Histats untuk ditempelkan di blog anda.
  • Untuk anda pengguna blogspot, untuk menempelkan kode tersebut silahkan masuk ke Tata Letak kemudian klik Add Gadget. Di Gadget tersebut silahkan pilih HTML/ Javascript
  • Tempelkan kode yang telah anda dapatkan tadi di HTML/javascript tersebut kemudian simpan.

Google Adsense

Bagi anda publisher google adsense, anda juga dapat melihat visitor di dasbor google adsense anda. Yah walaupun anda tidak dapat melihat pengunjung real time tapi setidaknya melalui akun google adsense, anda dapat melihat ringkasan pengunjung seperti Negara, bahasa, dan lain sebagainya.

Nah demikianlah 3 Cara Melihat Pengunjung Real (Visitor) di Blog, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *