Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Usaha

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Usaha – Indonesia Terpercaya, Mungkin sekarang ini anda sedang bingung bagaimana caranya membuat surat keterangan usaha, atau apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat surat keterangan usaha tersebut.

Mengingat surat keterangan usaha ini tergolong sangat penting untuk menjadi salah satu persyaratan pengajuan pinjaman kredit modal ke bank atau lembaga pembiayaan lainnya untuk keperluan pengembangan usaha yang sedang anda rintis.

Nah apa saja dokumen yang perlu anda siapkan untuk mengurus Surat Keterangan Usaha ini? Jadi hal-hal yang perlu anda persiapkan adalah:

  • Surat pengantar dari RT/RW setempat
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (Asli dan fotokopi)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat Pernyataan/ permohonan

Langkah Pembuatan Surat Keterangan Usaha

Adapun langkah-langkah pembuatan Surat Keterangan Usaha adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda Mendapatkan surat pengantar dari RT/RW setempat dengan cara mendatangi pengurus RT/RW dengan membawa KTP dan kartu keluarga. Anda tinggal menjelaskan kepada pihak yang membuat surat keterangan tersebut bahwa anda akan mengurus Surat Keterangan Usaha dan proses pembuatannyapun tidaklah terlalu lama.
  • Selanjutnya silahkan anda mendatangi kantor kelurahan dengan membawa surat pengantar tadi beserta dengan berkas yang telah disiapkan tadi. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan SKU, dan setelah anda selelsai mengisi formulir dan menyerahkannya kepada petugas di kantor kelurahan, tunggulah beberapa saat sampai SKUnya jadi.
  • Terakhir silahkan anda bawa berkas-berkas yang telah diurus tadi ke kantor kecamatan untuh di sahkan (Tanda tangan dan stempel)

Contoh Surat Keterangan Usaha

(Kop Surat Kepala Desa)

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor :______________

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa (Nama Desa), Kecamatan (Nama Kecamatan), Kabupaten (Nama Kabupaten), Menerangkan :                                                                                           

N a m a                      :

No KTP                      :

Jenis Kelamin          :

Tempat/Tgl Lahir    : 

Pekerjaan                  : 

Alamat                       :

Yang bersangkutan tersebut di atas adalah benar-benar penduduk Desa kami, dan mempunyai Usaha : Usaha (Nama Usaha) ’’,di RT (Nama RT), Dusun (Nama Dusun), Desa (Nama Desa), Kecamatan (Nama Kecamatan), Kabupaten (Nama Kabupaten) Sejak Tahun (Tahun Usaha) Hingga Sekarang.                       

Demikian Surat Keterangan Usaha ini, kami berikan kepada yang bersangkutan, agar dapat dipergunakan sebagaimana perlunya.

 

(Nama Desa), (Tanggal SKU diterbitkan)

 

Kepala Desa

(Nama Kepala Desa)

Biasanya pembuatan Surat Keterangan USaha ini tidak dipungut biaya namun anda tetap harus jaga-jaga siapa tau ada biaya tambahan yang anda perlukan ketika mengurut surat tersebut.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Usaha, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *