Cara Menghapus Widget di Blog Yang Tidak Bisa di Hapus

Cara Menghapus Widget di Blog Yang Tidak Bisa di Hapus – Indonesia Terpercaya, Seringkali ketika hendak mengatur tampilan blog di blogspot seperti menambah atau mengurangi widget/ gadget kita mengalami kendala widget tersebut sulit dihapus terutama kalau anda mendapatkan template tersebut secara gratis di situs-situs download template blogger.

Pembuat template tersebut biasanya mengunci widget tersebut agar tidak dapat dihapus, ya mungkin saja si pembuat template mencoba mencari keuntungan melalui desain templatenya dan ketika anda menggunakan template tersebut dia akan mendapatkan keuntungan entah itu melalui iklan, promosi dan lain sebagainya melalui widget yang sulit dihapus tersebut.

Menghapus widget yang berlebihan dan tidak penting di blog juga merupakan sebuah keharusan guna untuk meningkatkan page speed di blog. Hal tersebut berguna agar pengunjung tidak merasa bosan menunggu loading blog ketika baru membuka blog tersebut.

Nah untuk anda yang mempunyai template blogspot dan di template tersebut ada widget yang tidak bisa dihapus, berikut ini saya akan memberikan Cara Menghapus Widget di Blog Yang Tidak Bisa di Hapus, jadi silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghapus Widget di Blog yang Sulit di Hapus

Untuk menghapus widget tersebut, pertama-tama anda harus mengetahui nama dan letak widget tersebut, bisa anda lihat langsung di blog anda ataupun melalui pengaturan Tata Letak di blog anda. Jika sudah mengetahuinya, maka langkah-langkah untuk menghapusnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama di dasbor blogger, silahkan pilih Tema kenudian Edit HTML
  • Nah jika sudah berada halaman yang berisi script HTML template anda, silahkan anda cari widget yang susah dihapus tersebut. Untuk memudahkan silahkan tekan CTRL + F di keyboard kemudian di kolom pencari tersebut ketik Widget kemudian Enter
  • Silanjutnya silahkan temukan letak widget tersebut di tab lompat ke widget dan silahkan cari letak widget tersebut. Semisal di template blog saya widget yang tidak dapat dihapus tersebut berada di popular post 3.
  • Secara otomatis anda akan dibawa menuju ke script widget yang tidak dapat dihapus tersebut. Silahkan anda perhatikan scripnya seperti di bawah ini
<b:widget id='PopularPosts1' locked='true' title='Entri Populer' type='PopularPosts'
  • Silahkan anda ganti locked= ‘true’ tersebut dengan locked= ‘false’, maksud dari locked= ‘true’ tersebut adalah widgetnya telah dikunci dan cara membuka kunci tersebut dengan mengubah kodenya menjadi locked= ‘false’
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Entri Populer' type='PopularPosts'
  • Jika anda sudah mengubahnya silahkan pilih dan klik Simpan Tema dan silahkan ke Tata Letak dan lihat apakah widgetnya sudah dapat dihapus.

Saya rasa cukup sekian ulasan saya mengenai Cara Menghapus Widget di Blog Yang Tidak Bisa di Hapus, jika anda mengalami kendala ketika mengubah script tersebut silahkan tuangkan di kolom komentar, semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *