Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah (Makalah dan Skripsi)

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah (Makalah dan Skripsi) – Indonesia Terpercaya, Ketika kita hendak membuat sebuah tugas baik itu makalah maupun tugas akhir yakni skripsi, salah satu unsur yang paling penting yang harus kita buat untuk melengkapi karya tulis ilmiah tersebut adalah kata pengantar.

Kata pengantar adalah sebuah uraian mengenai ucapan syukur, ucapan terima kasih, harapan penulis, maupun meminta kritikan dan saran dalam karya tulis tersebut. Disamping itu sekaligus menguraikan sedikit tentang apa yang kita bahas dalam karya tulis ilmiah tersebut, sehingga ketika seseorang membaca kata pengantar tersebut mereka sudah dibawa untuk memahami garis besar dari apa yang telah kita buat.

Dalam penulisan kata pengantar, setidaknya ada beberapa hal penting yang wajib anda perhatikan dan harus terkandung dalam kata pengantar tersebut seperti:

  • Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena karya tersebut telah selesai
  • Ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian karya tulis tersebut
  • Gambaran umum atas karya tulis yang anda telah buat (semacam pengantar untuk memahami apa yang telah ditulis)
  • Manfaat dan harapan penulis terhadap karya tulis tersebut.
  • Kesediaan penulis menerima segala masukan dan kritikan atas karya tulis yang telah dibuatnya.
  • Untuk menutup kata pengantar biasanya dicantumkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, nama pengarang dan juga tanda tangan dari pengarang karya tulis tersebut.

Berikut ini Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah dalam hal ini makalah dan juga skripsi:

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kasih dan kurnia-Nyalah sehingga skripsi dengan judul “Hermeneutik Yohanes 6:1-15 Tentang Yesus Memberi Makan 5000 Orang dan Relevansinya Terhadap Peran Gereja Mengatasi Kemiskinan di Tana Toraja” bisa diselesaikan dengan baik oleh penulis.

Selama penulis menimba ilmu kurang lebih 5 tahun di Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja, sungguh banyak pergumulan dan tantangan yang dihadapi penulis. Pergumulan-pergumulan itulah yang kemudian membentuk karakter dan kepribadian penulis menjadi lebih dewasa dalam iman kepada Yesus Kristus. Tidak hanya dibentuk secara spiritual, penulis juga telah dibentuk secara intelektual sehingga dapat berfikir dan bertindak secara kritis dalam menghadapi berbagai macam situasi hidup. Penulis meyakini bahwa semuanya itu terjadi karena pertolongan Tuhan semata dan juga dukungan baik secara moril dan materil dari berbagai pihak dan lembaga.

Tuhan menghadirkan orang-orang yang berperan penting dalam penulisan skripsi ini, penulis tidak akan bisa menyelesaikan skripsi ini tanpa dorongan dan motivasi dari berbagai pihak yang Tuhan telah kirimkan dan kurniakan dalam hidup penulis. Maka pada kesempatan yang baik ini, penulis mengungkapkan rasa terima kasih kepada:

  1. Orang tua ayah terkasih Yacob Cali’ dan ibu terkasih Martha Ada’ Sura’ yang telah membesarkan, mendidik dan memberikan motivasi serta setia mendoakan dan mendukung penulis selama menuntut ilmu dan selama penyusunan skripsi ini.
  2. Ketua STAKN Toraja sekaligus sebagai Dosen Wali dan orang tua kedua penulis di kampus ini yakni bapak Pdt. Dr. Joni Tapingku, M.Th yang senantiasa mendukung, memotivasi dan membantu segala yang penulis butuhkan selama di kampus STAKN Toraja baik secara moril maupun membantu secara administratif.
  3. Kedua dosen pembimbing skripsi yakni bapak Andarias T. Sitammu, M.Th sebagai pembimbing 1 sekaligus juga sebagai orang tua yang membantu penulis secara materi dan bapak Petrus Tiranda, M.Th sebagai pembimbing 2 sekaligus sebagai bapak rohani penulis selama di kampus STAKN Toraja.
  4. Kedua dosen penguji proposal dan skripsi yakni Yohanes Krismatio, M.Th dan Budin Krisna, M.Th yang telah mengarahkan penulis selama seminar proposal dan ujian skripsi.
  5. Dosen supervisor KKL yakni ibu Naomi Sampe, M.Th yang telah membantu penulis selama melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan Jemaat Ararat Santan Ulu.
  6. Seluruh dosen di kampus STAKN Toraja yang telah membantu dan mendidik pola pikir penulis baik di dalam ruang perkuliahan maupun diskusi di warung kopi sehingga penulis dapat berfikir secara kritis dan memperoleh banyak pengetahuan.
  7. Seluruh staf dan pegawai di STAKN Toraja yang telah membantu penulis secara administratif.
  8. Adek-adek terkasih Gito Ada’ Sura’, Fricilia Nia Ada’ Sura’, dan Santo Ada’ Sura’ yang tetap memberikan dukungan sehingga proses pendidikan di perguruan tinggi dapat penulis selesaikan dengan baik.
  9. Novita Rura, S.Pd sebagai kekasih dan orang special bagi penulis yang telah banyak membantu dalam proses pendidikan di kampus baik secara moril, materil dan terlebih dukungan kasih sayang  sebagai seorang kekasih yang penulis dapatkan.
  10. Segenap Warga jemaat yang telah bersedia menerima penulis melakukan praktek baik Peljem, SPPD dan KKL, yakni jemaat Betesda Towuti, Jemaat Dumbia, dan jemaat Ararat Santan Ulu.
  11. Segenap pendeta dan warga jemaat Lampio yang telah memberikan dukungan kepada penulis untuk menyelesaikan studi di kampus.
  12. Sahabat-sahabat seperjuanganku di angkatan 2013 sebagai angkatan tergokil dan angkatan yang terkompak di kampus STAKN Toraja.
  13. Sahabat-sahabat karibku di kampus STAKN Toraja yakni Tessar Jesman Moromba, S.Th, Randa Bunga Tana, S.Th, Admadi Balloara Dase, S.Th, Yoram Longi, S.Th, Hendi Renaldi, S.Th dan Akil Julisman Pasengo sebagai rekan diskusi sekaligus teman se kosan selama di kampus.
  14. Rekan-rekan Persekutuan Doa Mahasiswa, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, grup Biblika, Ikatan Mahasiswa Sangalla’, dan Himpunan Mahasiswa Sangalla’.
  15. Sahabat-sahabat sekaligus saudara di jemaat Ararat Santan Ulu yakni Pendi, Rawi, Richard, Fina, Kombong, Saman, Jefri, Ana, Tisa, Sarni, Dharma, dan rekan-rekan pemuda yang lain yang tidak sempat saya sebutkan namanya.
  16. Ricdwan Abbas sebagai teman baik dan rekan seperjuangan.

Mengkendek, 12 Juli 2017

        Tofan Ada’

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Sgala ungkapan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala pertolongan dan perkenaanNya sehingga penulis telah menyelesaikan makalah tentang “Peran Perempuan di Era Milenial”.

Tugas ini disusun sebagai salah satu persyaratan untuk bisa melulusi matakuliah Gender yang diampuh oleh Dr. Selvianti, M.Th kurang kebih 15 pertemuan dalam kurun waktu 6 bulan masa perkuliahan. Ada banyak diskusi yang berkembang dalam mata kuliah tersebut dan sebagian opini tersebut telah penulis saring dan tuangkan dalam makalah ini beserta beberapa referensi yang lain.

Ungkapan terima kasih juga penulis ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat dan membantu dalam penyusunan makalah ini. Ibu Selvianti sebagai dosen pengampu mata kuliah, teman-teman kelas, teman-teman diskusi warung kopi dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Harapan penulis melalui makalah ini pembaca dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai peran perempuan di era sekarang ini yang akan semakin memperkaya wawasan dan sudut pandang pembaca melalui makalah yang telah penulis buat.

Ada banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini entah itu dari bahasa, struktur maupun isi makalah oleh karenanya penulis mengharapkan masukan dan kritikan yang sifatnya membangun untuk semakin memperkaya makalah ini. Sekian dan terima kasih

Makale, 07 Agustus 2019

Tofan Ada’

Demikianlah Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah (Makalah dan Skripsi) yang bisa anda ikuti untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *