Jenis Jenis Pendeta Berdasarkan Kitab PL (Perjanjian Lama)

Berikut ini humor Jenis Jenis Pendeta Berdasarkan Kitab PL (Perjanjian Lama) seri pertama:

Pendeta Kejadian

Karena Kejadian tertentu (Bangkrut, Sakit, Artis afkir, Sepi Job, Ketabrak Becak, dll) akhirnya bertobat & jadi Pdt. Biasanya gak niat sekolah Teologi & suka bikin exposisi ngawur. Tapi cara bicaranya menarik. Biasanya isi kotbahnya dikit banget pembahasan teologisnya, malah lebih banyak tentang kesaksian kehidupan pribadinya. Orang berbondong-bondong datang ke gereja yang ngundang dia hanya untuk Selfie dengannya.

Pendeta Keluaran

Pendeta jenis Keluaran Sekolah Alkitab. Tujuan awalnya memang jadi Pendeta, walau kadang ada yang melenceng jadi pengusaha trus makin melenceng jadi dog trainer, dan lebih melenceng lagi malah jadi dokter, dan masih ingin melenceng jadi Psikolog dan Pengacara.┬áSaking nganggurnya jadi Gila Sekolah sehingga kadang agak Mabok & Sinting. Ngesok banget kalo ngadepin orang Bego. Gelar yg dibangga-banggakannya banyak banget kalo ditulis semua, saking banyaknya sampe dikira palsu. Misal : Pst. Ev. Dr. drh. Steven, SKH, S.Th, BBA, M.Th, MBA, MA.CL, D.Min. ini cuman contoh lho ya…

Pendeta Imamat

Berhubung dari keluarga imam/ pendeta, maka dia mau tak mau harus nerusin perusahaan, eh…gereja Bapaknya.

Pendeta Bilangan

Pendeta jenis ini yang dikotbahkan selalu berhubungan dengan Bilangan/ Angka-angka. Tema khotbahnya kreatif, tapi tak jauh dari Persembahan, Perpuluhan, dan sebagainya. It’s all about the money. It’s all about the dum dum duru dum dum…..

Pendeta Ulangan

Jenis Pendeta yang males bikin bahan kotbah. Nyontek kotbah Pendeta lain atau Ngambil dari Template dan kotbahnya itu2 aja diulang-ulang terus-terusan.

Pendeta Yosua

Ini jenis Pendeta yang “Ngenger” atau ikut mendampingi dan mengabdi pada seorang Pendeta Senior hampir sepanjang hidupnya & kemudian menggantikan gurunya saat sudah almarhum.

Pendeta Hakim Hakim

Jenis Pendeta ini suka menghakimi pengajaran pengajaran sesat, tapi sering kebablasan menghakimi Pendeta-pendeta lain, juga menghakimi jemaatnya, ini gak boleh, itu gak boleh, pokok apa2 gak boleh…. karena merasa dia sendiri yg paling bener. Tapi emang yg dia omongin sering bener juga sih…

Pendeta Ruth

Pendeta yang Murtad dari agama sebelumnya trus masuk Kristen dan jadi seorang Pendeta.

Pendeta Samuel

Jenis Pendeta yang sejak Balita udah dipersiapkan jadi Pendeta

Pendeta Raja-raja

Jenis Pendeta yang membangun kerajaan bisnis gerejanya dengan gedung-gedung megah mirip Disneyland dengan banyak cabang diseluruh negeri karena kerajaan2/gereja2 kecil lain tunduk padanya. Tak hanya kerajaan kecil, bait suci Nehemia yg megah aja berhasil ditaklukkannya.

Pendeta jenis ini dianggap Raja sama pengikut2nya. Naek Alphard kemana-mana dan Gak bisa salah. Kalo salah tinggal di klarifikasi walau makin salah.

Banyak lawan politiknya namun jawabannya selalu : Kamu udah Raja ato belom? Udah liat 500 kotbahnya? Udah baca ribuan halaman bukunya? Udah bisa ngalahin gelar Doktor palsu & beli nya? Kalo belum, kalian tidak layak mengkritik Sang Raja.

Pendeta Tawarikh

Tawarikh/ Chronicles adalah rincian sejarah. Jadi Pendeta jenis ini suka kotbah eksposisi runtut dari A sampe Z hingga berbulan-bulan tak habis-habis selama hayat masih dikandung badan. Mungkin dia pikir semua jemaatnya bercita-cita jadi Pendeta seperti dia juga.

Pendeta Ezra

Ezra adalah imam pemimpin orang-orang buangan. Jadi Pendeta jenis ini sukanya pelayanan ke Penjara, Kolong jembatan, ke pembuangan sampah, ke gorong2, dan lain-lain.

Pendeta Nehemia

Jenis Pendeta yang suka membangun gedung bait suci yang iconic. Mulai gedung bait suci di Manyar, Nginden, sampe Menara Jakarta. Trus ribut sendiri rebutan dengan anaknya yang durhaka & mantunya yg serakah. Ooopps…

Pendeta Ester

Pendeta Cewek yang lebih Populer dan lebih ngetop dari Suaminya.

Pendeta Ayub

Pendeta yang ngenes hidupnya. Ngeluh terus kerjaannya. Ngeliat wajahnya saja kita langsung merasa melas dan pengen nraktir.

Pendeta Mazmur

Pendeta yang dikit-dikit nyanyi…dikit-dikit nyanyi…dikit-dikit nyanyi….sampe-sampe kita gak inget dia kotbah apa, cuman inget enak lagunya aja. Trus kita download bajakannya di internet.

Pendeta Amsal

Pendeta yang mirip Motivator. Suka ngutip kata kata Bijak dari banyak tokoh. Tapi hidupnya sendiri kurang bijak.

Pendeta Pengkhotbah

Pendeta yang hidupnya dari amplop amplop hasil kotbahnya. Sering diperibahasakan ‘Ono Gajah Diblangkoni’ (Iso Kotbah, Ora iso ngelakoni)

Pendeta Kidung Agung

Pendeta specialist tema LOVE, SEX & DATING.

Pendeta Yunus

Pendeta yang menerapkan prinsip “Men Sana in Corpore Sano”…artinya : Disuruh Tuhan ke Sana, dia malah ke Sono.

Udah segitu dulu. Capek ngetiknya…

By : PST. Wenas

Updated: 6 Agustus 2019 — 9:27 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *