Logo (Ikon) Tahun Gerejawi Gereja Toraja

Logo (Ikon) Tahun Gerejawi Gereja Toraja – Indonesia Terpercaya, Selain melalui rangkaian tata ibadah, simbolisasi karya Allah melalui kalender liturgi, dapat juga diekspresikan melalui ikon atau lambang tahun Gerejawi. Lambang tersebut dapat ditampilkan paling tidak melalui tiga media yakni: kain mimbar, template power point/LCD, atau melalui gambar poster.

Berikut ini adalah ikon-ikon tahun gerejawi yang digunakan di Gereja Toraja:

Masa Adven

Warna dasar: kuning
Lambang: salib jangkar kuning
Makna: Salib jangkar menyimbolkan pengharapan yang dimiliki orang percaya dalam penantian akan kedatangan Kristus kembali.

Masa Natal

Warna dasar: Kuning
Lambang: Palungan dan pelangi
Warna pelangi: Merah, kuning, hijau
Palungan: Kuning
Makna: Pelangi adalah simbol kesetiaan dan cinta kasih Allah bagi dunia. Setelah air bah, pelangi (busur Tuhan) menjadi tanda bahwa Allah berjanji tidak akan pernah lagi menghancurkan bumi ini.

Epifani

Warna dasar: Hijau
Gambar: Bintang bersegi lima
Warna bintang: Putih
Lingkaran: Kuning
Makna: Simbol manifestasikan kehadiran Yesus di dunia yang diawali munculnya bintng di Timur (Matius 2:1-2)

Masa Prapaskah

Warna dasar: Ungu tua
Gambar: Ikan bertuliskan “ICHTUS”
Warna ikan: Kuning
Tulisan: Yesus Kristus Anak Allah – Juru Selamat
Makna: Lambang ikan adalah sandi rahasia bagi orang Kristen mula-mula yang mengalami penganiayaan. ICHTUS= ikan, dalam bahasa Yunani merupakan singkatan dari Yesus Kristus Anak Allah, Juruselamat.

Jumat Agung

Warna dasar: Hitam
Lambang: Salib dan mahkota duri
Warna salib: Merah
Mahkota duri: Kuning
Makna: Salib dan mahkota duri mau mengatakan bahwa betapa kejamnya perlakuan yang Yesus terima sampai pada kematianNya pada kayu salib karena dosa manusia.

Hari Kebangkitan (Paskah)

Warna dasar: Kuning
Gambar: Bunga lily Putih
Makna: Bunga lily merupakan simbol Paskah dan kekekalan. Umbi-umbian bunga lily harus ditanam dan mati dahulu dalam tanah, baru kemudian darinya akan tumbuh satu kehidupan baru. Demikianlah dengan Yesus (Yoh. 12:34). Selain itu, karakter bunga lily yang menonjol adalah bahwa dalam konteks Eropa, bunga lily adalah bunga yang pertama berkemang dan mekar setelh musim gugur.

Hari Kenaikan

Warna dasar: Putih
Gambar: Salib dan mahkota kemuliaan
Warna mahkota: Kuning
Warna salib: Kuning
Makna: Mahkota duri diganti mahkota kemuliaan yang kini dinampakkan lewat peristiwa kenaikan. yang percaya dan setia sampai mati akan mendapat kemuliaan itu.

Hari Pentakosta

Warna dasar: Merah
Gambar: lidah-lidah api kuning dan burung merpati berwarna putih
Makna: Lidah api dan merpati yang menukik menunjuk pada peristiwa pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis. 2:2-3). Tujuh lidah api (Wahyu 4:5) = hari minggu ketujuh sedudah paskah.

Minggu Trinitas

Warna dasar: Putih
Gambar: Lingkaran segi tiga/ Triquetra
Warna lambang: Merah
Makna: Tiga lekukan yang tak terputus simbol Ketritunggalan

Minggu Biasa

Warna dasar: Putih, tulisan hitam
Gambar: Logo Gereja Toraja
Makna: Beginilah gereja yang walaupun terombang ambing dalam pergumulan tetapi selalu yakin akan pertolongan Tuhan berdasarkan janjiNya, serta tekun melaksanakan misinya (detai makna logo, dapat dilihat dalam Tata Gereja Toraja atau bisa mengunjungi situs di bawah ini:

Logo dan Makna logo Gereja Toraja

Demikianlah sedikit informasi mengenai Logo (Ikon) Tahun Gerejawi Gereja Toraja yang bersumber dari Buku Liturgi Gereja Toraja, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *