Macam-macam Seni

Gambar oleh Stefan Keller dai Pixabay

Macam-macam seni – Indonesia Terpercaya, Tanpa kita sadari bahwa seni merupakan bagian dari hidup kita yang sangat dekat sekali. Contohnya adalah baju yang kita gunakan, lagu yang sering kita nyanyikan, lukisan yang sering kita lihat, bahkan alat-alat yang ada di rumah yang biasa kita pakai ternyata juga termasuk ke dalam jenis seni.

Namu apa sih pengertian seni yang sebenarnya? Pengertian seni adalah suatu ekspresi dari manusia yang memiliki unsur estetika atau keindahan dan dapat diwujudkan menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati oleh siapapun.

Asal kata seni memiliki banyak teori seperti dari bahasa Melayu Riau “sonik” yang artinya adalah suatu yang halus rupa dan sifatnya. Dalam bahasa Sanskerta, kata seni diambil dari kata “sani” yang berarti persembahan atau pemberian yang tulus. Sedangkan dalam bahasa Belanda yaitu “genie” artinya suatu kemampuan luar biasa yang telah ada dari lahir.

Macam-Macam Seni

Secara singkat macam-macam seni terbagi menjadi 5, yaitu seni musik, seni rupa, seni sastra, seni tari, dan seni teater. Langsung saja berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai 5 macam seni.

1. Seni Musik

Siapa sih yang tidak tahu dengan musik, hampir tiap hari pasti Anda mendengarkan musik, pada saat apapun bahkan dimanapun, seperti di rumah, tempat kerja, atau yang lainnya. Seni musik merupakan sebuah karya seni yang unsur utamanya adalah bunyi dan didukung oleh unsur lainnya seperti harmoni, melodi, dan notasi.

Seni musik juga ada banyak jenisnya, yaitu musik tradisional, musik modern, dan musik kontemporer. Selain itu unsur-unsur seni musik ada 8, yaitu irama, melodi, harmoni, birama, tangga nada, tempo, dinamika, dan timbre. Seni musik memiliki banyak sekali genre, yang paling khas di Indonesia adalah dangdut yang merupakan genre musik asal Indonesia, namun ada juga genre musik lain seperti klasik, blues, jazz, funk, reggae, hip hop, pop, dan rock.

2. Seni Rupa

Seni rupa adalah seni yang bisa dinikmati oleh mata dan dapat disentuh oleh tangan. Seni rupa juga dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu ada seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan seni rupa yang hanya mengutamakan nilai estetika bukan nilai fungsinya, sedangkan seni rupa terapan adalah seni rupa yang mengutamakan nilai fungsinya dibanding nilai estetikanya. Contoh seni rupa murni adalah lukisan, patung, foto, kaligrafi, dan lainnya. Sedangkan contoh seni rupa terapan adalah pakaian, peralatan rumah tangga, barang elektronik, alat transportasi, dan lainnya.

Berdasarkan wujudnya seni rupa terbagi juga menjadi seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Contoh seni rupa 2 dimensi batik, lukisan, foto, poster, dll. Contoh seni rupa 3 dimensi adalah kerajinan tangan, patung, keramik, dan lainnya.Unsur yang dimiliki seni rupa ada 8 juga, yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

3. Seni Sastra

Seni sastra adalah seni tulisan yang berasal dari ungkapan perasaan yang memiliki nilai keindahan. Ada 3 macam jenis seni sastra, yaitu prosa, puisi, dan drama satu arah, yang ketiganya merupakan pengembangan dari sastra lisan dan sastra tulis. Seni sastra memiliki banyak fungsi seperti untuk menyampaikan kritik, membangkitkan rasa nasionalisme, menyampaikan pesan moral, melestarikan budaya, dan merupakan sarana pendidikan.

4. Seni Tari

Seni tari adalah sebuah seni yang berasal dari ungkapan perasaan yang dituangkan dalam gerakan-gerakan yang indah. Seni tari merupakan salah satu adat yang ada di Indonesia, terbukti dari semua suku di Indonesia pasti mempunyai tarian adatnya masing-masing.

Seni tari juga dibagi menjadi 5 sesuai dengan fungsinya, yaitu tari kesenian, tari hiburan, tari pertunjukan, tari upacara, dan tari pergaulan.

5. Seni Teater

Seni teater adalah pertunjukkan drama yang ditampilkan di atas panggung. Seni teater memiliki 7 unsur, yaitu skenario, staf produksi, pemain, sutradara, properti, desainer, dan crew. Contoh seni teater adalah drama musikal, teatrikalisasi puisi, teater boneka, teater dramatik, dan teater gerak.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai macam-macam seni, jangan lupa kunjungi juga Sudut Sekolah untuk membaca artikel tentang seni yang lainnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *