Oleh Oleh Khas Toraja

Oleh Oleh Khas Toraja – Indonesia Terpercaya, Sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa Toraja merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan beragam hal unik yang bisa dinikmati mulai dari panorama alamnya, budayanya yang khas, berbagai macam peninggalan sejarah dan lain sebagainya.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Jangan Mati Sebelum Menginjakkan Kaki di Toraja”. Ungkapan tersebut mau menggambarkan bahwa memang Toraja merupakan salah satu rekomendasi tempat berwisata yang asik.

Disamping itu ketika anda memilih untuk berwisata ke Toraja, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Toraja yang bisa menjadi kenang-kenangan ataupun dihadiahkan kepada teman dan kerabat ketika kembali ke kota masing-masing. Nah berikut ini beberapa oleh oleh khas Toraja yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke Toraja.

Oleh Oleh Berupa Makanan

Toraja menyediakan berbagai macam jajanan khas yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh oleh untuk keluarga, diantaranya:

  • Deppa Tori’
    Deppa Tori’ merupakan kue khas Toraja yang dibuat dari campuran gula merah, tepung beras, dan berbagai macam bahan lainnya. Rasa kue ini sangat enak dan juga khas. Kue ini biasanya dihidangkan untuk menyambut tamu pada upacara-upacara adat dan keagamaan dalam masyarakat Toraja. Anda bisa mendapatkan kue khas Toraja ini di pusat oleh oleh yang tersedia di Tana Toraja maupun Toraja Utara.
  • Dendeng (pa’karing)
    Dendeng merupakan daging yang diawetkan melalui proses pengeringan ataupun pengasapan. Biasanya di Toraja yang dibuat dendeng adalah daging babi atapun daging kerbau. Ketika musim upacara adat dalam hal ini Rambu Solo’, daging babi dan daging kerbau akan melimpah ruah. Agar daging tersebut tidak busuk dan rusak biasanya dibuat menjadi dendeng. Untuk anda yang berminat menjadikan dendeng sebagai oleh oleh, biasanya dijual perkilo dan banyak ditemui di pusat oleh oleh ataupun di pasar-pasar tradisional yang ada di Tana Toraja maupun Toraja Utara.
  • Kopi Khas Toraja
    Siapa sih yang tidak mengenal kopi Toraja? Ketika ada wisatawan yang berkunjung ke Toraja pasti yang pertama dicari adalah kopi Toraja. Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi ini. Kopi arabika dengan cita rasa unik serta keasaman tinggi dan aroma yang khas membuat kopi toraja digemari penikmat kopi sampai ke mancanegara. Anda bisa mendapatkan kopi khas Toraja ini di seluruh daerah Tana Toraja maupun Toraja Utara karena banyak yang menyediakannya sebagai oleh oleh khas Toraja.

Sorvenir Khas Toraja

Selain jajanan khas yang bisa anda gunakan sebagai oleh oleh untuk keluarga, terdapat juga beberapa sourvenir khas Toraja yang bagus dijadikan oleh oleh yakni:

  • Tenun Khas Toraja
    Ma’ Tannun dalam bahasa Toraja berarti menenun. Sampai pada saat ini, ma’ tannun masih dilakukan masyarakat Toraja dan keberadaannya memang patut untuk dilestarikan. Coraknya tenun Torajapun unik, kaya dengan permainan garis berwarna merah, kuning, dan hitam. Jika anda berkunjung ke Toraja, bisa mengunjungi salah satu kampung tenun yang tedapat di Kecamatan Sangalla’ Utara, lebih tepatnya di Lempangan. Disitu anda dapat melihat proses pembuatan kain tenun khas Toraja dan juga membelinya jika anda berminat.
  • Sambu’ Lotong
    Sambu’ Lotong atau sarung hitam merupakan sarung yang biasa digunakan untuk menghadiri upacara kedukaan dalam hal ini Rambu Solo’. Anda bisa mendapatkan sarung hitam ini diseluruh wilayah Tana Toraja maupun Toraja Utara kerena memang banyak dijual dan harganyapun cukup terjangkau.
  • Aksesoris Khas Toraja
    Ketika berkunjung ke Toraja, jangan lupa juga untuk membeli berbagai macam aksesoris yang banyak tersedia di pusat sourvenir dan kerajinan tangan yang ada di Tana Toraja maupun Toraja Utara ataupun di pasar tradisional di Toraja. Ada berbagai macam aksesoris yang bisa anda dapatkan seperti kalung, jam tangan, gantungan kunci, tas, gelang, miniatur lumbung dan rumah tongkonan dan lain sebagainya.

Nah demikianlah beberapa Oleh Oleh Khas Toraja yang bisa anda bawa pulang sebagai hadiah untuk kerabat dan keluarga ketika berkunjung ke Toraja. Semoga Dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *