Pengertian dan Cara Cek DA, PA di Blog

Pengertian dan Cara Cek DA, PA di Blog – Indonesia Terpercaya, Salah satu cara mengukur kualitas sebuah blog adalah melihat Domain Authority dan Page Authority melalui berbagai macam tools yang telah tersedia di google. Semakin tinggi domain Authority dan Page Authority maka dapat dipastikan blog tersebut mampu bersaing di mesin pencari.

Domain Authority dan Page Authority biasanya dikenal dengan DA dan PA dan merupakan pengganti page rank. Page rank tidak lagi menjadi penentu kualitas sebuah blog dan menjadi alternatif lain adalah DA dan PA. Jika sebelumnya page rank menggunakan skor 1 sampai 10 untuk mengukur kualitas blog, maka berbeda dengan page authority dan domain authority yang mematok angka 1 sampai 100 dalam mengukur kualitas sebuah blog.

Pengertian Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority adalah kekuatan nama domain sebuah blog di mesin pencari baik itu google, bing, yandex dan lain sebagainya yang diukur dengan angka 1 sampai 100. Semakin tinggi domain authority sebuah blog maka semakin besar pula potensi blog tersebut bersaing di mesin pencari.

Ada banyak hal yang mempengaruhi tingginya domain authority pada sebuah blog termasuk umur domain, konsistensi pengelola blog terhadap domain tersebut dalam hal ini pengelolahan dan optimasi, dan juga popularitas domain tersebut, internal link, backlink pada konten, konten berkualitas dan lain sebagainya.

Page authority adalah sebuah gambaran ranking atau peringkat pada sebuah situs/ website yang dapat di temukan di mesin pencari. Sama seperti Domain Authority, nilai untuk mengukur page authority pada sebuah blog berada di kisaran angka 1 sampai 100.

Cara untuk meningkatkan page authority beda-beda tipis dengan domain authority karena kedua hal tersebut sangat sulit untuk dipisahkan dan bahkan bisa menjadi satu kesatuan untuk memperkuat posisi blog di mesin pencari. Salah satu hal yang perlu dihindari agar DA dan PA blog anda tidak surut dan stagnan adalah hindari perilaku copy paste artikel, rutin menghapus komentar spam pada blog terutama yang berbau negatif dan segala hal yang dapat membahayakan domain maupun situs anda.

Cara Cek Domain Authority dan Page Authority Blog

Sebenarnya ada banyak tools yang bisa anda gunakan untuk mengecek kekuatan domain authority dan page authority anda dan salah satu tools tersebut adalah small seo tools. Saya rasa anda sudah tidak asing lagi dengan tools sejuta manfaat ini karena memang banyak kegunaannya untuk blog seperti melihat tingkat plagiat pada artikel, mengecek backlink blog, mengecek kosa kata pada artikel, termasuk juga mengecek tingkat DA dan PA pada sebuah blog dan lain sebagainya.

Cara untuk mengecek DA dan PA tersebut melalui tools ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda kunjungi Small SEO Tools Domain Authority Checker
  • Jika sudah berada di situsnya, silahkan anda isi kolom yang telah disediakan dengan URL anda secara lengkap, sesudah itu klik Check Authority
  • Tunggulah beberapa saat kemudian domain authority dan page authority blog anda akan dimunculkan di bawah.

Seperti yang telah anda lihat diatas, itu merupakan DA dan PA dari blog yang saya kelola kurang lebih 7 bulan lamanya. Yah walaupun masih tergolong sangat kecil tapi jika rutin dioptimasi maka DA dan PAnya pasti akan meningkat. DA PA segitu juga sudah mampu bersaing di halaman 1 google dan terbukti banyak artikel yang saya buat nyantol di halaman 1 google.

Demikianlah ulasan saya mengenai Pengertian dan Cara Cek DA, PA di Blog, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *