Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli – Indonesia Terpercaya, Pengertian karakter menurut adalah, “Bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”.

Orang yang berkarakter adalah orang yang memiliki karakter, mempunyai kepribadian atau berwatak. Bila dilihat dari asal katanya, “istilah ‘karakter’ berasal dari bahasa Yunani karasso, yang berarti ‘cetak biru’ format dasar atau ‘sidik’ seperti dalam sidik jari” (Koesoema, 2010:90).

Pendapat lain menyatakan bahwa, “Istilah ‘karakter’ berasal dari bahasa Yunani charassein, yang berarti membuat tajam atau membuat dalam.” (Bagus,1996:392). Rutland mengemukakan bahwa , “Karakter berasal dari akar kata bahasa latin yang berarti ‘dipahat’. (Rutland, 2009:1). Hal ini berarti bahwa karakter adalah gabungan dari kebajikan dan nilai-nilai yang dipahat di dalam batu hidup, akan menyatakan nilai yang sebenarnya.

Secara harfiah karakter berarti, “Kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi.” (Hornby dan Parnwell, 1972):49). Dalam Dorlands Pocket Medical Dictionary dinyatakan bahwa “Karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu; sejumlah atribut yang dapat diamati pada individu.” 

Menurut Aristoteles sebagaimana yang dikutip oleh Masnur Muslich, bahwa “Karakter itu erat kaitannya dengan habit atau kebiasaan yang terus menerus dilakukan” (Muslich, 2011:36). Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan mempertanggungjawabkan setiap akibat dari keputusan yang ia buat.

Tentang karakter, Zainal Aqib dan Sujak mengatakan: Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus, dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan karakter mulia.

Dari pandangan diatas, dapat disimpulkan bahwa karakter adalah sebuah sifat atau bawaan yang dimiliki oleh setiap orang yang erat kaitannya dengan habit atau kebiasaan yang terus menerus dilakukan. 

Adapun beberapa pengertian karakter menurut beberapa para ahli yaitu: 

  1. Tadkiroatun Musfiro berpendapat bahwa karakter itu mengacu pada serangkaian sikap, perilaku, motivasi dan keterampilan.
  2. Igrea Siswanto berpendapat bahwa karakter adalah sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Karakter membantu anak dalam belajar untuk mengatasi dan memperbaiki kelemahannya serta memunculkan kebiasaan baik yang baru.
  3. Agoes Dariyo, mendefenisikan karakter sebagai organisme psikososial fisik dan lingkungan sosial yang meliputi bakat, minat, sikap, kecerdasan, emosi, kemampuan berpikir, berimajinasi dan memori.

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa karakter adalah sebuah sifat batin yang dimiliki manusia yang dapat mempengaruhi pikiran, tingkah laku, kecerdasan emosi serta kemampuan berfikir.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *